Analisis Peluang Dan Resiko Usaha Beserta Penjelasan


Analisis Dan Peluang Resiko Usaha Dengan Penjelasan - Mario Bd



Seperti yang kita ketahui sekarang ini, sangatlah sulit untuk bisa bekerja kantoran. Ya, jangankan bekerja kantoran, bahkan mencari pekerjaanpun sekarang sudah sangatlah sulit. Dan dengan alasan tersebut, sekarang kita dituntut untuk bisa berpikir menciptakan sebuah peluang usaha yang profitabel.


Dan sebagai salah satu wirausahawan, kita juga harus jeli dalam menganalisis sebuah peluang usaha yang ada. Tentu saja diiringi dengan kerja keras, percaya diri pada kemampuan masing-masing, gigih, inovatif, kreatif, dan bisa berpikir positif. Dengan begitu, kamu bisa menciptakan lapangan kerja untuk diri sendiri, maupun bagi orang lain tentunya.

Peluang Usaha Dan Juga Resiko Usaha
Sebagai seorang pemula dalam dunia usaha, tentunya untuk pertama kali kamu harus bisa melakukan observasi lapangan dan jangan malu bertanya tentang bagaimana dunia bisnis tersebut. Sebagai seorang calon wirausahawan yang kreatif dan gigih, anda harus bisa meihat banyak peluang usaha yang bisa diciptakan.

Dan di indonesia sendiri, ada sebanyak 5 jenis lapangan usaha yang bisa kamu tekuni. Diantaranya, jasa, pertambangan, perdagangan, industri dan juga agraris. Nah, apabila sudah berhasil menekuni 5 jenis lapangan usaha diatas kamu akan bisa menemukan berbagai macam peluang usaha lainnya.

1. Peluang Usaha
Peluang Usaha - Mario Bd

Apa itu peluang usaha? Peluang usaha adalah sebuah peluang yang dapat di manfaatkan oleh seorang wirausahawan untuk menjalankan suatu kegiatan usaha. Dan tanpa disadari, sebenarnya banyak sekali peluang usaha yang tersedia. Dan tentunya apabila sang wirausaha atau calon wirausaha tersebut mau bekerja keras, gigih, dan percaya pada kemampuan yang dimilikinya maka peluang usaha yang sangat besar bisa didapatkan.

Masing-masing wirausahawan sesungguhnya sudah memiliki peluang atau opportunity untuk bisa melangkah maju, dan terkadang memang semuanya tidak berjalan sesuai dengan harapan. Dan apa yang menyebabkan hasil usaha tersebut tidak sesuai dengan harapan? Ya tentu saja karena peluang usaha yang tersedia tidak bisa dimanfaatkan dengan baik.

Untuk bisa memanfaatkan sebuah peluang usaha dengan baik, seorang wirausaha harus bisa berpikir secara kreatif dan secara positif, diantaranya:
  • Harus mempunyai semangat kerja yang tinggi
  • Lihai berkomunikasi
  • Harus bisa bertanya kepada diri sendiri
  • Bisa mendengar dan menerima saran dari orang lain
  • Harus bisa yakin dan percaya bahwa usaha yang dijalani bisa terlaksana
  • Mampu menerima gagasan baru dalam dunia usaha

Sebuah Peluang Usaha tidaklah layak lagi disebut sebagai PELUANG apabila kamu tidak bisa menemukan tindakan yang tepat dan layak untu bisa mewujudkannya. Dengan mendekatkan diri kepada masyarakat dan memperlajari dinamika dalam masyarakat, wirausaha haruslah bisa menciptakan bisnis atau kesempatan usaha apa yang dinilai tepat.

Dengan mendapatkan dan tersedianya informasi Extern serta Intern, maka wirausaha mampu mengetahui:
  • Apa itu kekuatan yang bisa mendukung usaha hingga menacapai sasaran
  • Apa itu kelemahan yang bisa menghambat mencapai sasaran
  • Apa saja yang bisa mengancam usaha
  • Dimana ada peluang

Dan dalam memanfaatkan peluang usaha, Paul Charlap sempat mengemukakan sebuah rumusan yang berisi 4 unsur yang wajib dimiliki seorang wirausahawan apabila ingin sukses dalam pekerjaannya, yaitu:
  • Service (Pelayanan)
  • Work Hard (Kerja Keras)
  • Enthusiasm (Antusias)
  • Work Smart (Kerja Pintar)

Oleh seorang wirausahawan, pengenalan diri adalah modal awal untuk bisa mengenali lingkungan sekitarnya. Mencari peluang usaha, dan mengumpulkan sumber daya, untuk bisa mencapai peluang usaha tersebut. Seorang Wirausahawan juga harus memiliki pengetahuan yang tinggi untuk bisa mencari peluang usaha, menjalankan usaha, merencanakan apabila sudah masuk pasar, dan banyak hal lainnya.


2. Resiko Usaha
Resiko usaha - Mario Bd

Apabila sudah mengetahui Peluang Usaha, maka selanjutnya adalah Resiko Usaha. Apa itu Resiko Usaha? Resiko Usaha adalah sebuah tindakan yang dihubungkan dengan suatu kemungkinan atas terjadinya kerugian tidak terduga dan tidak diharapkan.

Tentu saja, setiap usaha yang sedang dijalani pasti mempunyai tujuan agar bisa mencapai keuntungan. Dan dari keuntungan yang telah didapatkan tersebut ingin digunakan untuk mensejahterakan diri sendiri atau juga bahkan orang lain yang ikut dalam usaha tersebut, dan dengan begitu banyak juga Resiko yang harus dihadapi, diantaranya:

A. Persaingan
Ini tentunya sudah menjadi Resiko yang pertama, dimana kita ketahui sekarang bahwa tingkat persaingan di dunia usaha sudah sangat tinggi. Pesaing secara garis besar adalah seseorang yang menjalani usaha sejenis dengan usaha kita. Dan tentu saja itu bisa membuat usaha kita mengalami, penurunan, hambatan, kerugian, bahkan bisa mengakibatkan kebangkrutan.

Dan oleh karena itu, kita haru bisa bersaing dalam memberikan produk terbaik, kualitas terbaik, dan juga pelayanan terbaik.

B. Perubahan Permintaan
Perbuahan ekonomi masyarakat, dan juga perubahan selera konsumen bisa mengakibatkan terjadinya penurunan dalam permintaan. Dan apabila hal ini terjadi tentunya bisa menyebabkan kerugian pada usaha yang kita jalani.

C. Perubahan Konjungtur
Perubahan konjungtur adalah perubahan pada kondisi ekonomi yang sangat tidak menentu. Dan dengan begitu bisa mempengaruhi usaha yang kita jalani

D. Faktor-Faktor Lainnya
Faktor lainnya yang bisa menjadi sebuah Resiko bagi usaha kita adalah perubahan peraturan, perubahan sistem teknologi, sebuah bencana alam, dan masih banyak yang lainnya.

Dan perlu diperhatikan bahwa sebenarnya Resiko Usaha itu ada bukan untuk kita takuti, melainkan Resiko Usaha perlu kita kenali dengan baik agar selanjutnya bisa di antisipasi dengan baik pula. Jadi, apabila ada Resiko dalam usaha yang kita jalan, kita bisa membuat persiapan dan juga bisa melakukan pergitungan yang matang agar mengurangi kerugian.


3. Analisis Peluang Usaha
analisis Peluang Usaha - Mario Bd

Sekarang ini sangat banyak sekali usaha yang bisa kita raih. Dan jenis usaha yang dipilih tergantung pada banyak hal, diantaranya.

A. Analisis Peluang Usaha Berdasarkan Kepada Jenis Produk/Jasa
Ada beberapa hal yang perlu untuk dipertimbangkan diantaranya:

  • Adanya kemampuan untuk bisa bertahan dan memenangkan tingkat persaingan
  • Minat seseorang, contohnya dalam bidang jasa, perdagangan atau yang lainnya
  • Banyak atau sedikitnya persaingan
  • Modal, apakah sudah tersedia atau tidak
  • Tingkat kecocokan antara kebutuhan dalam masyarakat dengan usaha tertentu
  • Relasi, apakah ada saudara atau teman yang terlebih dahulu menjalani usaha yang sama
  • Pengaruh lingkungan sekitar

Dan apabila dianalisis, sebenarnya banyak sekali orang yang bekerja dengan sangat sibuk, baik dikantor maupun Home Industri. Sehingga, mulai tidak sempat melakukan hal yang dianggap tidak penting sedangkan itu merupakan suatu yang penting. Dan dalam kejadian ini apabila kita memperhatikan secara jeli, akan banyak sekali muncul kesempatan ataupun peluang usaha, terutama dalam hal pelayanan ataupun jasa.

Contoh dari peluang usaha dalam bidang jasa yang sampai sekarang masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat:

1. Jasa Hiburan
Untuk bisa menurangi rasa letih dalam bekerja, hiburan sangat dibutuhkan untuk bisa menenangkan pikiran. Contoh usaha: Cafe, Bioskop, Layar tancap, Diskotik, dan masih banyak lagi.

2. Jasa Servis
Dikarenakan sibuknya dalam dunia pekerjaan, masyarakat sering sekali membiarkan teknologi canggih mereka rusak seperti Komputer, Printer, VCD/DVD, mesin cuci, AC, sepeda motor, dan juga mobil. Dan dsini jasa servis akan dibutuhkan.

3. Jasa Perantara
Untuk jasa perantara contohnya seperti membantu masyarakat membuat surat-surat, membantu jual beli yang berlangsung seperti rumah, tanah, lahan, mobil, dan juga kendaraan bermotor.

4. Jasa Transportasi
Untuk jasa Transportasi Contohnya seperti rental mobil, rental motor, menyadiakan antar jemput dan lain sebagainya.

5. Jasa Kesehatan
Untuk jasa Kesehatan Contohnya seperti meyediakan tempat kebugaran, kecantikan, SPA, GYM, Pijat Reflektif, pengobatan alternatif, dan masih banyak lagi.

6. Jasa Lainnya
Dan untuk jasa lainnya seperti penitipan anak, tenaga untuk kebersihan, catering, jasa penulisan, dan masih banyak jasa lain yang tersedia.

Dan dalam hal pemilihan produk, berupa suatu barang yang dapat menciptakan peluang usaha adalah dengan mempertimbangkan produk yang efisien dalam hal penggunaan, kualitas terjamin, hemat dalam pemakaian, mudah dalam pemakaian, dan juga adanya jaminan keaman saat sedang menggunakannya.

Contoh produk yang dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat yang sedang di hadapi dengan kesibukan adalah sebagai berikut:

1. Produk yang mampu mempermudah pekerjaan di luar rumah
Contohnya tas multifungsi yang bisa mempermudah masyarakat menyimpan banyak barang didalam, bisa dibawa sambil bekerja, dan bisa di modifikai oleh sipengguna dengan mudah.

2. Produk yang mampu mempermudah pekerjaan di dalam rumah
Contohnya alat yang bisa memasak banyak jenis makanan sekaligus, sapu yang bisa di gunakan untuk menyapu dan pel lantai, pisau yang bisa memotong dan mengupas kulit bawang serta sayuran lainnya.

3. Produk lainnya yang di butuhkan di dalam dan luar rumah
Contohnya mie instan, mie gelas, air kemasan, dan lainnya.


B. Analisis Peluang Usaha Yang Berdasarkan Kepada Minat Dan Juga Daya Beli Konsumen
Dalam membuka sebuah usaha, terutama dalam penciptaan suatu produk ataupun jasa kita tidak bisa menganggap sebelah mata besar/kecilnya minat mereka serta kuat-lemahnya daya beli mereka.

Dan untuk bisa mengethui besar atau kecilnya minat masyarakat kepada usaha yang sedang kita jalani, kita bisa melakukan yang namanya observasi. Observasi bisa di lakukan dengan cara sebagai berikut:
  • Melakukan wawancara langsung
  • Memberikan kuesioner untuk bisa di isi oleh si calon konsumen
  • Mengadakan pengamatan secara langsung kepasar
Dan dengan begitu kita bisa mengetahui sebesapa besar tingkat daya beli masyarakat. Selain itu kita juga perlu untuk waspada dalam memberikan harga, kita harus tahu siapa konsumen yang akan menggunakan produk kita nantinya. Apakah kalangan bawah, menengah, atau atas? Remaja, anak-anak, atau orang tua? Berpenghasilan tinggi, menengah, atau rendah? Tinggal di kota, perkampungan, atau daera lainnya?

Analisis mengenai minat dan tingkat daya beli konsumen ini tidaklah bisa dianggap rendah oleh calon ataupun sang Wirausahawan. Karena, minat dan tingkat daya beli ini akan mempengaruhi secara langsung kehidupan usaha. Dan hubungan miant, kelangsungan usaha, serta tingkat daya beli bisa diartikan sebagai berikut:

  • Minat besar, tingkat daya beli rendah, kelangsungan usaha bisa terhambat
  • Minat besar, tingkat daya beli tinggi, Kelangsungan Usaha Terjamin
  • Minat rendah, tingkat daya beli rendah, usaha dipastikan tidak dapat berlangsung
Dan dengan landasan pemikiran tersebut, kita bisa langsung mengartikan bahwa, supaya produk atau jasa yang kita buat bisa menarik minat daripada konsumen dan terjangkau oleh mereka, kita harus melakukan:
  • Membuat desain baru dengan harga terjangkau
  • Membuat produk lebih cepat dan murah
  • Memilih dan membuat produk yang berkualitas, bermanfaat dan laku dijual
  • Menentukan wilayah yang cocok dengan usaha kita
  • Meningkatkan pelayanan menjadi semakin baik
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Analisis Peluang Dan Resiko Usaha Beserta Penjelasan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel