Apa Itu Organisasi Usaha Sederhana, Tujuan Dan Sasaran Usaha

Apa Itu Organisasi Usaha Sederhana, Tujuan Dan Sasaran Usaha - Mario Bd

1. Organisasi Usaha Sederhana

A. Pengertian Organisasi Usaha Sederhana
Organisasi Usaha sederhana adalah suatu organisasi usaha yang dimana kegiatan usahanya masihlah berskala kecil, dikerjakan oleh masyarakat dengan modal yang relatif kecil dan juga dikelola dengan sebuah manajemen yang sederhana, biasanya bergerak dalam lapangan bisnis, baik itu perdagangan jasa dan barang ataupun juga industri.

Organisasi usaha sederhana ini juga sering disebut dengan unit usaha kecil, yang dimana biasanya dimiliiki oleh perorangan ataupun sejumlah kelompok orang yang tidak berbentuk dengan badan hukum. Didalam UU Nomor 9 Tahun 1995 sendiri dijelaskan bahwa usaha kecil adalah suatu kegitan ekonomi yang berskala kecil dan juga memenuhi kriteria sebagai berikut.
  • Milik warga indonesia
  • Berdiri sendiri, yang artinya usaha tersebut bukan merupakan anak dari salah satu perusahaan, baik itu dikuasai sendiri maupun berafiliasi, baik itu secara langsung atau juga secara tidak langsung mulai dari usaha menengah sampai dengan usaha kecil.
  • Memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak setidaknya Rp.1.000.000.000 (1 milyar)
  • Kekayan bersih paling banyak Rp.200.000.000 belum termasuk tanah dan juga bangunan
  • Berbentuk usaha perseorangan, badan usaha yang tentunya tidak berbadan hukum ataupun juga usaha yang berbadan hukum, termasuk koperasi

Usaha kecil, seperti halnya yang dimaksud dalam undang-undang usaha kecil yang saudah saya sebutkan diatas juga sudah meliputi usah kecil yang dikelompokkan menjadi usaha kecil tradisional dan juga usaha kecil informal.

Usaha kecil yang di kelompokkan kedalam usaha kecil infromal adalah sebuah usaha kecil yang belum tercatat ataupun juga belum berbadan hukum. Diantaranya, industri rumah tangga, pedagang asongan, pedanag kaki lima, petani, dan juga pemulung.

Sedangkan yang termasuk ke dalam sebuah usaha tradisional antara lain, usaha kecil yang memakai alat produksi sederhana yang juga telah digunakan secara turun-menurun serta usaha kecil yang juga bergerak di bidang seni dan budaya.


B. Peranan Organisasi
Organisasi sederhana yang dimana merupakan usaha kecil yang juga ikut serta memiliki peranan penting dalam kegiatan perekonomian di karenakan ikut memberikan sumbangan berupa suatu upaya memproduksi ataupun juga mendekatkan jasa atau barang kepada masyarakat.

Usaha Kecil juga merupakan sebuah bagian dari keseluruhan unit ekonomi yang telah melakukan berbagai macam kegiatan dalam perekonomian, yang dalam kenyataannya juga merupakan suatu bagian terbesar dari fasilitas unit usaha yang ada, dan keberadaan Usaha Kecil ini juga sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat itu sendiri.

Dan karena itu jugalah pemerintah merasa di haruskan untuk meningkatkan kontribusi usaha kecil, yang diantaranya meliputi berikut ini:
  • Peningkatan Ekspor
Apabila usaha kecil mampu memproduksi banyak barang dengan kualitas yang baik untuk bisa ditawarkan ke luar negeri, maka itu akan membuka peluang besar untuk bisa meningkatkan Ekspor.

  • Pembentukan dan Juga Peningkatan Produk Nasional
Apabila Usaha Kecil yang digerakkan oleh para masyarakat jumlahnya besar. Maka, besaran produk jasa dan barag yang tercipta oleh Unit Usaha Kecil tersebut bisa memberikan hasil yang positif kepada peningkatan produk nasional.

  • Perluasan Kesempatan Kerja dan Berusaha
Usaha Kecil yang dibuat oleh masyarakat merupakan sebuah lahan kerja yang bisa menyerap tenaga kerja. Jadi, apabila Usaha Kecil bisa terus dijalankan dengan baik dan terarah. Maka, Usaha Kecil tersebut bisa dipastikan membuat masyarakat lebih sejahtera dan Usaha Kecil akan berkembang dengan baik.

  • Pemerataan Pendapatan dan Peningkatan Taraf Hidup Masyarakat
Apabila diselenggarakannya usaha kecil, maka akan tercipta pula sebuah peluang kerja. Dan apabila sebuah peluang kerja sudah tercipta maka akan memberikan kesempatan kepada masyarakat yang sebelumnya tidak bekerja bisa mendapatkan pendapatan. Dan dari Unit Usaha Kecil ini akan bisa memberikan kemungkinan peningkatan taraf hidup masyarakat lainnya.

  • Produk Barang dan Jasa Daerah
Dengan terciptanya sebuah peluang ekspor produk maka diharapkan dapat memacu semangat para pengelola Usaha Kecil didaerah tersebut untuk lebih dapat menaikkan kuantitas serta kualitas Produk, dan dengan begitu nantinya juga akan memberikan nilai tambah bagi daerah tersebut.


2. Tujuan Dan Sasaran Usaha
Ketika sebuah organisasi sudah didirikan tentu harus memiliki suatu tujuan yang jelas yaitu hal-hal apa yang ingin diraih, baik itu secara materi ataupun non-materi. Tujuannya dibentuk yaitu untuk dijadikan sebuah pedoman arah organisasi yang akan dijalankan, landasan bagi penentuan sebuah program kerja dari organisasi tersebut.

A. Tujuan Perusahaan
Tujuan dari perusahaan adalah merupakan hasil dari penjabaran antara visi dan juga misi perusahaan tersebut. Tujuan dari suatu perusahaan ini berisikan sesuatu yang akan hendak dicapai ataupun dihasilkan oleh perusahaan yang bersangkutan. Tujuan dari perusahaan tidak lain adalah target yang bersifat kuantitatif dan juga pencapaian target tersebut merupakan sebuah ukuran keberhasilan dari kinerja perusahaan.

Tujuan dari perusahaan sendiri sangatlah sulit untuk dicapai, karena tujuan perusahaan bersifat tidak realistis. Atau bahkan bisa saja tujuan dari perusahaan itu tidak bisa tercapai. Adapun penetapan dari tujuan perusahaan adalah sebagai berikut:
  • Untuk melakukan merger dengan banyak perusahaan lainnya
  • Untuk mencapai keberhasilan usaha tersebut
  • Membentuk dan juga mengatur kerja sama dengan perusahaan lain
  • Menjamin dengan adanya suatu fokus tujuan dari berbagai personal yang ada di dalam suatu perusahaan tersebut
  • Mengundang banyak orang yang mempunyai keahlian untuk bisa bekerja sama
Bagi seorang wirausahawan di dalam kegiatan usahanya haruslah dapat mewujudkan tujuan dari perusahaannnya perlahan lahan dan untuk bisa tetap fokus kepada tujuan utama dari perusahaan tersebut.


B. Sasaran Perusahaan
Sasaran Perusahaan merupakan tujuan utama dari perusahaan secara rinci atau yang dipecahkan menjadi banyak tujuan yang lebih kecil. Jadi, bisa dikatakan bahwa sasaran perusahaan adalah suatu penjabaran dari tujuan perusahaan tersebut, yaitu suatu hal yang akan dicapai oleh perusahaan tersebut dalam jangka waktu tertentu.

Agar sasaran perusahaan tersebut dapat dicapai dengan cara yang efektif dan efisien, maka sasaran perusahaan haruslah dibuat secara spesifik, jelas kriterianya, terukur, dan juga disertai dengan indikator yang sangat rinci. Untuk bisa memudahkan perusahaan dalam menentukan sasaran usaha, maka berikut hal-hal yang harus dimiliki.

1. Sarana kerja
Sarana kerja yang sudah lama dimiliki dan dipakai bisa diganti atau hanya diperbaiki.

2. Pengembangan usaha
Wirausahawan tersebut harus bisa mengelola dan meningkatkan penjualan, laba, unit usaha, aset, dan juga organisasi kerja.

3. Tanggung jawab rasional
Seorang wirausahawan juga harus bisa menjawab apakah usaha yang sedang dijalani semata-mata hanya untuk mencari keuntungan saja atau juga memiliki tanggung jawab sehingga usaha yang dijalani oleh wirausahawan tersebut mampu diterima oleh masyarakat.

4. Sumber daya manusia
Perusahaan tersebut haruslah mampu menentukan apakah keterampilan dan juga pengetahuan wirausahawan itu akan ditingkatkan sesuai dengan perubahan dan tuntutan zaman atau tidak.

5. Sumber daya keuangan
Perusahaan tersebut haruslah mampu melakukan hal-hal berikut:
  • Berapa besarnya laba yang diinginkan
  • Berapa dana yang di butuh untuk melakukan investasi
  • Besarnya tingkat efisien manakah yang kiranya akan dicapai
6. Kemampuan menghasilkan laba
Laba bersih yang akan di raih diharapkan bisa meningkat melewati indeks dari biaya hidup. Jika tidak bisa, maka wirausahawan tersebut akan ketinggalan dalam usahanya tersebut.


3. Visi Perusahaan
Yang merupakan Visi dari perusahaan tidak lain dan tidak bukan adalah pandangan yang jauh kedepan kemana perusahaan tersebut akan dibawa. Tujuan dari penetapan Visi itu sendiri adalah:
  • Menimbulkan sebuah komitmen yang tinggi dari seluruh lingkungan dan jajaran perusahaan
  • Memberikan arah dan juga fokus perusahaan yang jelas
  • Menjamin akan kesinambungan kepemimpinan organisasi perusahaan tersebut
  • Mencerminkan sesuatu yang hendak dicapai oleh perusahaan
  • Mempunyai orientasi pada masa depan perusahaan tersebut

Dan pada umumnya, sebuah perusahaan yang memiliki Visi tersendiri dan jelas akan membawa dan mengarahkan segala potensi yang dimilikinya untuk mencapai kesuksesan.


4. Misi Perusahaan
Misi dari suatu perusahaan adalah menyatakan suatu tindakan untuk mencapai dan mewujudkan visi dari perusahaan. Dan perlu kita ketahui setiap organisasi atau perusahaan haruslah memiiki Misi yang jelas arah tujuannya. Isi dari sebuah misi perusahaan sendiri akan menjelaskan tentang mengapa perusahaan atau organisasi tersebut ada, apa yang akan dilakukan nantinya, dan juga bagaimana mereka akan melakukannya.

Berikut ada beberapa hal yang harus lah diperhatikan dalam merumuskan Misi perusahaan, antara lain:
  • Layanan jasa atau produk yang dibutuhkan oleh masyarakat
  • Masyarakatlah yang akan dilayani
  • Produk atau jasa apakah yang akan dihasilkan dan juga akan ditawarkan kepada konsumen
  • Kualitas produk dan juga pelayanan jasa tersebut dikehendaki oleh masyarakat
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Itu Organisasi Usaha Sederhana, Tujuan Dan Sasaran Usaha"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel