Beberapa Masalah Dalam Menentukan Harga Jual Yang Perlu diperhatikan

Beberapa Masalah Dalam Menentukan Harga Jual Yang Perlu diperhatikan - Mario Bd

Nilai tukar adalah suatu kemampuan barang untuk bisa ditukar dengan sejumlah uang. Dan nilai yang telah dinyatakan dengan sejumlah uang itulah yang disebut juga dengan harga. Perlu kita ketahui bahwa harga memiliki peranan yang dimana sangat penting apabila dibandingkan dengan kegiatan pemasaran lainnya.

Harga ini juga merupakan satu-satunya unsur dari marketing mix yang bisa menghasilkan penerimaan, sedangkan unsur yang ada lainnya hanyalah sebuah biaya harga juga bisa memperngaruhi tingkat keuntungan, share, dan juga tingkat penjualan pasar yang tengah dituju. Dengan begitu harga bisa mempengaruhi posisi persaingan dan juga bisa memengaruhi konsumen kepada produk yang mau dibelanjakan.

Oleh sebab itu perusahaan perlu untuk bisa memperhatikan kebijakan-kebijakan pemerintah, tenaga kerja, siapa konsumen akhir dan juga besarnya pesaing. Dan berikut adalah beberapa masalah yang perlu untuk diperhatikan dalam menentukan harga jual. Beberapa masalahnya adalah sebagai berikut.

A. Masalah Persaingan
Harga jual produk ditentukan dan juga dipengaruhi oleh keadaan pesaing yang ada. Serta juga masing-masing dari jenis produk yang ada dalam suatu jajaran produk mengalami persaingan yang tentu berlainan tingkatnya.

Setidaknya terdapat sebanyak dua jenis penetapan harga yang berdasarkan persaingan.
1. Dengan Berdasarkan Harga Tender ataupun juga Pelelangan (Seaded-Bid Pricing)
Dalam penentuan ini dimana harga ditujukan dalam sampul yang tertutup, dan disini pembeli juga dapat menentukan penjual manakah yang sekiranya memberikan harga paling rendah.

2. Tingkat Harga Rata-Rata Industri (Going Rate Pricing)
Dalam mentapkan harga jual suatu produk dilakukan sebab perusahaan mengalami kesulitan dalam menentukan harga suatu produk, saingan dalam penetapan harga di pasar, dan juga kesulitan untuk bisa mengetahui reaksi pembeli.

B. Masalah Pasar
Perusahaan yang biasanya menetapkan harga dengan berdasarkan kepada orientasi pasar kini harus bisa lebih berhati-hati dalam menentukan laba dan juga biaya yang diinginkan. Perusahaan kini haruslah bisa memperhatikan reaksi para pesaing, biaya promosi, permintaan terhadap produk dan juga bauran pemasaran. Dan berikut adalah beberapa hal yang yang dapat digunakan dalam penetapan harga.

Harga Didasarkan Kepada Keseimbangan Permintaan Permintaan Dengan Suplai
Untuk menetapkan harga dengan melalui keseimbangan antara biaya dan juga permintaan pasar merupakan hal yang sebenarnya sangat baik terhadap perusahaan yang dimana ingin untuk menaikkan harga.

Penetapan Harga Dengan Berdasarkan Biaya Tambah
Yang dimaksud dengan menetapkan harga berdasarkan biaya tambah adalah harga perunit produksi senilai dengan biaya total unit produksi ditambahkan dengan berapa laba yang diinginkan.

C. Masalah Biaya
Yang merupakan dasar dalam menetapkan harga disebut juga dengan biaya, hal itu disebabkan karena biaya berupa suatu pengeluaran yang dikeluarkan oleh perusahaan, sehinggan produk telah siap dibuat dan siap juga untuk bisa dipasarkan. Oleh karena itu harga yang hendak ditentukan haruslah bisa menutupi biaya yang telah dikeluarkan.

Berikut adalah beberapa cara untuk menetapkan harga jual berdasarkan kepada pendekatan biaya.
1. Metode Penetapan harga Mark Up (Mark Up Pricing)
Dengan metode ini Perusahaan bisa menetapkan harga jual dengan cara menambahkan harga beli barang itu sendiri itu sendiri dari seorang pedagang dengan presentase tertentu.
Harga Beli + Mark Up = Harga jual

Biasanya Mark Up adalah keseluruhan dari biaya operasi dan juga keuntungan yang diinginkan.
Contohnya:
Beberapa Masalah Dalam Menentukan Harga Jual Yang Perlu diperhatikan - www.mariobd.com

2. Metode Penetapan Harga Biaya Plus (Cost Plus Pricing)
Contohnya:
Beberapa Masalah Dalam Menentukan Harga Jual Yang Perlu diperhatikan - www.mariobd.com

D. Masalah Permintaan
Yang mempengaruhi penentuan harga dan juga volume penjualan adalah sifat permintaan itu sendiri. Dan untuk beberapa produk sendiri, antara volume dan juga harga suatu produk penjualan berbanding berbalik. Yang artinya, apabila harga naik akan membuat volume penjualan turun, dan begitu juga sebaliknya.

Dan berikut adalah 2 strategi harga yang berorientasikan kepada permintaan.
  • Diskriminasi Harga (Demand Differebtial Pricing)
  • Persepsi konsumen terhadap suatu produk (perceive value pricing)

Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Beberapa Masalah Dalam Menentukan Harga Jual Yang Perlu diperhatikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel