Bentuk-Bentuk Badan Usaha Dan Struktur Organisasi Sederhana

Bentuk-Bentuk Badan Usaha Dan Struktur Organisasi Sederhana - Mario Bd

Ada bermacam-macam bentuk badan usaha di indonesia. Dan sebagai seorang wirausahawan haruslah mempertimbangkan banyak hal sebelum memilih salah satu bentuk badan usaha. Dan pertimbangan itu adalah: berapa banyak modal yang tersedia, bagaimana rencana pertambahan modal, jenis usaha apakah yang akan dipilih, bagaimana cara menentukan tanggung jawab perusahaan, berapa lama waktu berdirinya perusahaan tersebut, dan juga bagaimana cara dalam pembagian laba.

1. Pengertian Badan Usaha
Badan usaha adalah suatu kesatuan yuridis ekonomi yang memiliki tujuan untuk mencari keuntungan, sedangakan perusahaan merupakan satuan teknis yang memiliki fungsi untuk bisa menghasilkan barang dan juga jasa. Jadi, badan usaha memiliki fungsi sebagai salah satu badan tertinggi yang mengurus perusahaan. Tetapi perusahaan, merupakan alat bagi badan usaha untuk mendapatkan keuntungan.

Jadi dengan begitu bisa kita simpulkan bahwa perusahaan merupakan bagian dari badan usaha. Dan oleh karena itu jugalah, salah satu badan usaha bisa mempunyai lebih dari satu perusahaan.

 
3. Bentuk-Bentuk Badan Usaha

A. Badan Usaha Menurut Lapangan Usahanya
1. Badan Usaha Agraris
Badan usaha agraris merupakan badan usaha yang menghasilkan barang-barang dengan bantuan faktor dari alam, contohnya seperti tingkat kesuburan pada tanah dan iklim. Dan dari situ juga dapat kita ketahui bahwa pada setiap daerah pastinya memiliki hasil yang berbeda-beda. Contoh: Perkebunan

2. Badan Usaha Ekstraktif
Badan usaha Ekstraktif ini adalah salah satu badan usaha yang kegiatannya hanya untuk mengambil, menggali, dan juga mengolah kekayaan alam yang sudah tersedia sebelumny tanpa mengubah ataupun juga membuat barang tersebut. Contoh: pertambangan

3. Badan Usaha Industri
Badan Usaha Industri merupakan badan usaha yang tugasnya mengubah ataupun mengolah bahan dasar menjadi sebuah barang jadi dan juga setengah jadi. Contoh: perusahaan tekstil

4. Badan Usaha Perdagangan
Badan Usaha Perdagangan merupakan suatu badan usaha yang membeli suatu barang dan disimpan untuk beberapa lamanya lalu kemudian dikeluarkan lagi dengan cara pertukaran atau penjualan.

5. Badan Usaha Jasa
Badan Usaha Jasa merupakan suatu badan usaha yang menyediakan (menyewa atau memberi) jasa kepada masyarakat atau juga badan lain. Contoh: bengkel, salon, spa, rental motor atau mobil, dll


B. Badan Usaha Menurut Kepemilikan Modal
1. Badan Usaha Milik Negara
Badan Usaha Milik Negara merupakan perusahan yang dimana seluruh modalnya merupakan kekayaan negara, terkecuali apabila ada ketentuan-ketentuan lain. Contoh kegiatan badan usaha miliki negara adalah pada bidang produksi, jasa yang menguasai hajat hidup dari orang banyak.

Sifat dari Badan Usaha Miliki Negara public serve, yang dimana artinya selalu mengutamakan pelayanan masyarakat umum. Berikut beberapa contoh badan usaha miliki negara:
  • Perusahaan Perseroan
  • Badan Usaha Jawata
  • Perusahaan Umum

2. Badan Usaha Milik Swasta
Badan Usaha Milik Swasta adalah badan usaha yang dimana modalnya berasal dari perseorangan maupun dari suatu kelompok orang yang memiliki tujuan untuk mendapatkan untung sebanyak-banyaknya. Badan usaha swasta dibedakan dalam:
  • Badan Usaha Swasta Nasional: yaitu salah satu badan usaha yang dimana seluruh modal dan juga manajemennya dikuasai atau dijalankan oleh warga negara indonesia itu sendiri.
  • Badan Usaha Swasta Asing: yaitu salah satu badan usaha yang dimana seluruh modal dan juga manajemennya dikuasai atau dijalankan oleh warga negara asing.
  • Badan Usaha Campuran
3. Badan Usaha Campuran 
Badan usaha campuran adalah badan usaha yang dimana modal dibagi dua antara Badan usaha swasta dan juga badan usaha milik negara.


C. Badan Usaha Berdasarkan Dari Bentuk Hukumnya
1. Perusahaan Perorangan
Badan usaha perorangan adalah badan usaha yang didirikan dan dijalankan hanya oleh satu orang saja dan bertanggung jawab penuh atas resiko yang terjadi dan juga jalannya perusahaan tersebut. Ciri-Ciri dari perusahaan perorangan yaitu:
  • Pendirian relatif murah
  • Laba ataupun rugi ditanggun sendiri
  • Modal sendiri dan juga dikelola sendiri
  • Modal yang dimiliki relatif terbatas

2. Perusahaan Persekutuan
A. Firma (Fa)
Firma merupakan persekutuan dari dua orang atau lebih yang menyatukan modal serta tenaga yang dimiliki yang memiliki tujuan untuk berusaha di bawah satu nama dan bermaksud membagi keuntungan yang didapat berdasarkan dari modal yang telah disetorkan. Ciri-Ciri dari Firma adalah:
Tanggung Jawab yang tidak terbatas dari segala resiko yang akan terjadi
Usaha akan berakhir apabila salah satu dari anggota mengundurkan diri ataupun masa usahanya telah habis pada saat yang teah ditentukan sebelumnya dalam akta pendirian
Para anggota dan juga sekutu aktif dalam mengelola perusahaan

B. Persekutuan Komanditer (CV)
Persekutuan Komanditer atau juga biasa disebut dengan CV adalah salah satu persekutuan yang terdiri dari beberapa orang yang dimana sebagian memasukkan modal, mengelola dan juga memiliki tanggung jawab yang tidak terbatas atas resiko dari perusahaan sedangkan sebagian hanya memasukkan modal saja dan juga bertanggung jawab dengan terbatas sesuai dengan modal yang disertakan saja. Ciri-Ciri dari persekutuan komanditer adalah sebagai berikut:
  • Terdiri dari anggota atau sekutu yang aktif dan juga pasif
  • Modal perusahaan bisa ditambah dengan mudah
  • Merupakan lanjutan dari Firma (Fa)
  • Sebagian dari anggota memiliki tanggung jawab tidak terbatas dan sebagian memiliki tanggung jawab terbatas

C. Perseroan Terbatas (PT)
Perseroan Terbatas adalah persekutuan antara dua orang atau lebih yang dimana modal usahanya berasal dari pengeluaran saham. Setiap persero tersebut hanyalah bisa memiliki satu atau lebih saham dan juga bertanggung jawab hanya pada modal yang telah ditanamkan kepada perseroan.
Ciri-Ciri dari Perseroan Terbatas atau PT:
  • Tanggung jawab dari seluruh anggota perseroan adalah terbatas
  • Perseroan atas saham yang telah ditanamkan sebelumnya
  • Kedudukannya adalah sebagai badan hukum
  • Karena saham-saham dari perseroan terbatas ini bisa dengan mudah diperjual belikan kembali, maka perseroan terbatas bisa menjual kembali sahamnya apabila membutuhkan uang tunai


3. Struktur Organisasi Sederhana

A. Pengertian Organisasi
Kata organisasi sendiri berasal dari bahasa yunani, yaitu “organon” yang artinya adalah alat, bagian, badan ataupun, anggota. Pengorganisasian ini dibuat dengan tujuan untuk mempermudah dalam melaksanakan ataupun menjalankan tugas, yaitu dengan cara membagi perkerjaan besar menjadi perkerjaan yang kecil-kecil, dan dengan begitu juga pemimpin akan dengan mudah melakukan pengawasan.

B. Struktur Organisasi
Dengan berdasarkan kepada pola bentuk hubungan kerja dan juga aktivitas, wewenang dan juga tanggung jawab, maka dari itu bentuk-bentuk dari organisasi sendiri dapat dibedakan sebagai berikut:

1. Struktur Organisasi Garis/Lini
Organisasi dengan bentuk garis atau lini ini diciptakan oleh Henri Frayol. Dan pada struktur organisasi ini wewenang daripada atasan itu sendiri dapat disalurkan secara vertikal kepada para bawahan. Dan begitu juga sebaliknya, tanggung jawab daripada bawahan dengan langsung dapat ditujukan kepada atasan yang sebelumnya memberkan perintah.

Dari bentuk strukturnya, organisasi yang masih memakai struktur ini adalah organsasi yang kecil, jumlah karyawan yang masih sedikit dan juga spesialis kerja dari masing-masing karyawan yang masih terbilang sederhana. Seperti pada gambar berikut ini.

struktur organisasi garis atau line

Ciri-Ciri Struktur dari Organisasi garis atau lini adalah sebagai berikut:
  • Pembagian kerja bisa sangat jelas dan juga mudah dilaksanakan
  • Organisasi bergantung kepada satu pimpinan
  • Kesatuan daripada perintah terjamin

2. Struktur Organisasi Fungsional
Struktur ini diciptakan oleh F.W Taylor yang berawal dari sebuah konsep yang dimana adanya beberapa pimpinan yang masih juga tidak mempunyai bawahan yang jelas maka setiap atasan tersebut mempunyai wewenang untuk bisa memberikan perintah kepada setiap bawahan yang ada, asalkan atasan tersebut masihlah mempunyai hubungan yang sesuai dengan atasan tersebut.

Pada struktur ini setiap bawahan memiliki pengawas yang berbeda beda dan bisa lebih dari satu orang. Seperti pada gambar berikut ini.

struktur organisasi fungsonal

Ciri-Ciri Struktur Organisasi Fungsional adalah sebagai berikut:
  • Keahlian daripada pengawas dan juga pegawai akan berkembang menuju spesialisasi
  • Waktu bisa menjadi hemat karena pekerjaan dapat dilakukan bersama-sama
  • Tidak dapat menjamin akan adanya kesatuan perintah

3. Struktur Organisasi Garis dan Staf
Struktur organisasi garis dan staf merupakan sebuah struktur organisasi gabungan yang diciptakan oleh Harrington dan juga Emerson. Struktur organisasi ini pada umumnya digunakan pada suatu organisasi yang besar, bidang tugas yang beraneka ragam, daerah kerja yang luas, dan juga bawah yang sangat banyak yang membuat pimpinan tidak bisa bergerak sendiri, akan tetapi membutuh bantuan beberapa staff.

Yang dimaksud dengan staff adalah salah seorang yang memiliki tugas untuk memberikan nasihat, masukan dan juga saran kepada pimpinan di dalam organisasi tersebut. Seperti pada gambar di bawah ini.

struktur organisasi garis dan staf


4. Struktur Organisasi Fungsional Dan Staf
Struktur Organisasi Fungsional Dan Staf merupakan salah satu Struktur Organisasi yang digabungkan menjadi satu dari bermacam-macam organisasi. dengan memakai struktur organisasi fungsional dan staf ini bisa dimungkinkan untuk memilih yang menguntungkan dipakai dan yang merugikan bisa ditinggalkan. Seperti pada gambar.

struktur organisasi fungsional dan staf


5. Tujuan Struktur Organisasi
Struktur pada suatu organisasi di buat dengan tujuan sebagai berikut:
Membuat setiap anggota dalam suatu organisasi mengerti dengan tugas masing-masing, hak, tanggung jawab, dan juga termasuk kewajiban.
Memperlihatkan suatu pola hubungan antara organisasi dan juga sarana yang dimiliki.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bentuk-Bentuk Badan Usaha Dan Struktur Organisasi Sederhana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel