Macam-Macam Kebijakan Penetapan Harga Yang Dapat Dilakukan Wirausahawan

Macam-Macam Kebijakan Penetapan Harga Yang Dapat Dilakukan Wirausahawan - Mario Bd

Suatu kebijakan penetapan harga pada produk akan menentukan keberhasilan dalam bidang pemasaran produk tersebut. Dan dalam penetapan harga produk tidak harus murah, dan juga tidak harus mahal melainkan, harus sesuai dengan daya beli konsumen itu sendiri.

Dan supaya bisa menetapkan harga suatu produk dengan sangat tepat, maka wirausahawan haruslah mempertimbangkan beberapa faktor seperti konsumen yang dituju, kualitas produk, daya beli konsumen, keadaan pesaing, dan lainnya. Dan berikut adalah beberapa kebijakan dalam penetapan harga yang bisa dilakukan oleh wirausahawan.

A. Kebijakan Harga Grosir
Grosir berhak membuat kebijakan harga suatu produk yaitu dengan cara potongan harga, baik itu pembelian yang dilakukan karena jumlah yang besar atau dikarenakan karena membeli secara tunai.

B. Kebijakan Harga Retailer
Berikut adalah beberapa kebijakan dalam penetapan harga yang ditetapkan oleh pengecer/retailer.
1. Judgement Price
Menetapkan harga produk dengan cara perkiraan, contohnya dalam menjual satu lusin produk diberikan potongan harga satu atau dua potongan produk yang bagus.

2. Customary Price
Dalam jangka waktu yang panjang, harga dari suatu produk tetaplah stabil dan tidak mengalami adanya perubahan. Dan apabila ditemukan harga baku meningkat, maka harga pokok dari produknya tersebut juga akan meningkat.

3. Odd Price
Penepatan harga dengan angka ganjil, yang dimana biasanya akan meningkatkan daya tarik konsumen. Contohnya harga suatu produk 19.999.000 atau juga 17.995.000

4. Combination Price
Pemberian harga yang dimana cara penawarannya dilakukan dengan mengkombinasikan dua produk atau lebih, misalnya penawaran sepatu dengan kaos kaki, sabun mandi dengan piring, dan sebagainya.

5. Margin Price
Kebijakan Margin Price ini biasanya dilakukan oleh pedagang kaki lima, yang dimana jika produk yang dijual sudah bisa mendapatkan keuntungan, maka langsung saja dijual. Dan hanya memanfaatkan perkiraan saja.

6. Lining Price
Kebijakan penetapan harga ini biasanya dilakukan oeh toko-toko yang menjual sepatu, baju kaos dan juga sandal. Contohnya baju dari berbagai merk ditumpuk dalam satu kotak yang sama dan diberi daftar harga yang sama juga.

Kebijakan yang diman memberikan harga produk murah untuk bisa mendapatkan julukan sebagai toko dengan harga termurah.

C. Kebijakan Harga Produsen
1. Penetration Price (Harga Serendah Mungkin)
Kebijakan pemberian harga yang dimana bertujuan untuk bisa menerobos produk milik perusahaan lain masuk kedalam pasar

2. Skimming Price (Harga Setinggi Mungkin)
Kebijakan penetapan harga yang dimana memberikan harga produk setinggi mungkin karena perusahaan tersebut belum memiliki saingan dan barang yang dijual juga dipasarkan untuk orang-orang menengah keatas.

Supaya tujuan pasar tersebut dapat tercapai maka, wirausahawan haruslah bisa bijaksana dalam hal menetapkan harga. Dikarenakan pentapan harga suatu produk mempunyai tujuan sebagai berikut.
  • Memanfaatkan keuntungan
  • Mencapai keuntungan
  • Mencapai hasil penerimaan penjualan maksimum
  • Memperoleh share kepasar
  • Memperoleh harga maksimum
  • Mempromosikan sebuah produk

Serta dalam menetapkan harga suatu produk, kita juga perlu mengenal masalah strategi dalam penetapan harga. Dan berikut adalah strategi dalam penetapan harga suatu produk yang dilaksanakan oleh seorang wirausahawan.

A. Slow Skimming
Strategi ini dilakukan dengan cara memberikan harga suatu produk setinggi-tingginya dengan tujuan untuk bisa mendapatkan laba penjualan yang tinggi sebelum pesaing memasuki pasar.

B. Slow Penetration
Strategi ini dilakukan dengan cara menetapkan harga jual suatu produk dengan jumlah yang rendah dan juga dengan kegiatan produksi yang rendah. Tujuan dilakukannya strategi ini adalah supaya bisa merangsang pasar untuk menyerap produk dengan cepat dan juga kegiatan produksi yang rendah ditujukan supaya laba bersih bisa meningkat.

C. Rapid Skimming
Strategi ini dilakukan dengan cara memberikan harga penjualan suatu produk dengan harga yang tinggi dan dengan kegiatan promosi yang tingi juga. Tujuan dilakukannya strategi rapid skimming ini adalah untuk bisa mendapatkan keuntungan perunit dengan jumlah maksimum sebelum pesaing mulai memasuki pasar.

D. Rapid Penetration
Strategi ini dilakukan dengan cara memberikan harga rendah pada suatu produk, tetapi kegiatan promosi yang dilakukan tinggi. Dan tujuan dilakukannya strategi ini adalah agar perusahaan tersebut bisa memasuki pasar secapat mungkin.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Macam-Macam Kebijakan Penetapan Harga Yang Dapat Dilakukan Wirausahawan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel