Pengertian Kas, Budget Kas Dan Faktor Yang Memengaruhi Besar Kas Minimal

Pengertian Kas, Budget Kas Dan Faktor Yang Memengaruhi Besar Kas Minimal - Mario Bd

A. Pengertian Kas
Kas adalah suatu aktiva yang paling likuid, artinya bahwa apabila semakin besar jumlah kas yang dimiliki oleh salah satu perusahaan, maka dengan begitu akan semakin tinggi pula tingkat likuiditasnya. Akan tetapi, suatu perusahaan yang dimana memiliki likuiditas yang berada pada tingkat tinggi karena adanya kas dalam jumlah yang sangat besar, maka dari itu tingkat perputaran kas tersebut bisa dibilang rendah dan mencerminkan akan adanya over investment di dalam kas dan bisa berarti juga bahwa perusahaan kurang bisa efektif untuk mengelola kas.

Dengan jumlah kas yang kecil, maka akan diperoleh perputaran kas yang tinggi dan keuntungan yang diperolah juga akan bisa lebih besar. Tetapi perlu diperhatikan, apabila perusahaan hanya untuk mengejar keuntungan saja tanpa memperhatikan likuiditas, pada akhirnya perusahaan tersebut akan ada dalam keadaan likuid apabila sewaktu-waktu adanya tagihan.

Oleh karena itu, pengeluaran dan juga penerimaan kas ada yang bersifat insidental atau tidak terus menerus, dan ada juga yang bersifat rutin yaitu secara terus-menerus. Dan berikut adalah beberapa hal yang menjadi dasar penerimaan kas pada suatu perusahaan.
  • Adanya penurunan aktiva lancar selain dari kas yang diimbangi dengan adanya penerimaan kas, misalnya dengan penurunan piutang itu sendiri yang sebabkan karena adanya penerimaan pembayaran, serta berkurangnya persediaan barang dagangan yang disebabkan karena adanya penjualan secara tunai.
  • adanya penerimaan kas yang disebabkan sewa, sumbangan, pengembalian, kelebihan pembayaran pada pajak periode sebelumnya, bunga/dividen, dan juga sebagainya.
  • Hasil penjualan investasi jangka panjang/tetap.
  • Penjualan atau adanya emisi saham ataupun adanya penambahan modal oleh sipemilik perusahaan dalam bentuk kas.
  • Pengeluaran surat tanda bukti utang, baik untuk itu jangka panjang ataupun jangka pendek serta bertambahnya utang yang diimbangi dengan penerimaan kas.

B. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Besarnya Kas Minimal
Sama halnya seperti barang dagangan dan juga piutang, maka dari itu kas juga erlu untuk mempunyai persediaan minimal ataupun juga persediaan besi kas. Dan yang dimaksud dengan persediaan besi kas sendiri adalah jumlah minimal dari kas yang dimana harus dipertahankan oleh perusahaan supaya bisa untuk memenuhi kebutuhan finansialnya sewaktu-waktu.

Dan tentu saja persediaan kas minimal ini berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lainnya. Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi hal tersebut.

1. Penyimpangan terhadap aliran kas yang diperkirakan
Untuk tetap bisa menjaga likuiditas, maka dari itu perusahaan perlu untuk membuat perkiraan aliran kas. Apabila aliran kas bisa berjalan dengan baik dan sesuai perkiraan, maka perusahaan tersebut tidak akan menghadapi kesulitan likuiditas dan tidak perlu menyediakan kas yang besar.

2. Memiliki Hubungan Yang Baik Dengan Bank
Untuk perusahan yang dimana telah memiliki hubungan yang baik dengan bank maka akan jauh lebih mudah untuk bisa mendapatkan kredit untuk menghadapi kesuakaran finansial.

3. Pertimbangan Antara Aliran Kas Dan Aliran Kas Keluar
Dengan melakukan pertimbangan yang baik antara waktu dan juga jumlah kas antara kas keluar dengan kas masuk akan membuat perusahaan tidak perlu untuk mempunyai persediaan kas yang besar, karena setiap pengeluaran kas akan bisa ditutupi dengan penerimaan kas.

C. Budget Kas
Budget kas? Mungkin sebagian dari kita masih juga belum mengetahui apa itu arti budget kas, budget kas adalah suatu perkiraan posisi kas pada suatu periode tertentu yang akan datang. Dan dengan menyusun budget kas, bisa diketahui kapan suatu perusahaan akan mengalami keadaan defisit kas atau juga surplus kas, sehingga perusahaan bisa untuk merencanakan penentuan sumber dana yang nantinya akan digunakan untuk bisa menutupi defisit yang dialami tersebut.

Dan pada dasarnya budget kas sendiri dibagi menjadi dua bagian, yaitu:
  • Perkiraan Perngeluaran Kas
  • Perkiraan Penerimaan Kas

Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Kas, Budget Kas Dan Faktor Yang Memengaruhi Besar Kas Minimal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel