Pembiayaan Usaha Serta Penjelasan Rencana Anggaran Biaya

Pembiayaan Usaha Serta Penjelasan Rencana Anggaran Biaya - Mario Bd

A. Pengertian Pembiayan Usaha
Apakah yang dimaksud dengan pembiayaan usaha? Pembiayaan usaha adalah penyediaan dana oleh pemerintah, dunia usaha dan juga masyarakat melalui suatu lembaga keuangan bukan bank, lembaga keuangan bank, ataupun melalui lembaga lainnya dalam rangka untuk memperkuat permodalan.

Dan sebenarnya sudah tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa untuk bisa menjalankan suatu usaha, pemilikan dana atau modal oleh suatu unit usaha merupakan hal yang sangat mutlak, dan oleh sebab itu semua aktivitas usaha memerlukan adanya biaya, contohnya untuk membiayai gaji pegawai, membeli bahan baku, dan juga lain sebagainya.

Di luar modal sendiri yang telah digunakan untuk membiayai kegiatan usahanya, dan apabila suatu saat ternyata masih memerlukan sedikit modal tambahan, serta tambahan dari modal sendiri ternyata tidaklah cukup, maka dari itu bisa mendapatkan pinjaman dari pihak ketiga. Selain itu, mungkin saja suatu usaha bisa mendapatkan dana lain yang sifat tidak termasuk pinjaman.

Dan Berhubungan dengan penyediaan pembiayaan untuk usaha tersebut, ada beberapa sumber dana yang telah disediakan oleh pemerintah, masyarakat melalui lembaga usaha lainnya, dan juga dunia usaha adalah seperti berikut ini.
  • Pinjaman dana penyisihan sebagai keuntungan badan usaha milik negara atau BUMN yang dimana bertujuan untuk bisa mendorong kemitraan antara BUMN, usaha kecil dan juga koperasi.
  • Lembaga keuangan bukan bank. Berupa penyediaan dana oleh lembaga pembiayaan, diantaranya berupa modal ventura, anjak piutang, dan juga sewa guna.
  • Lembaga Keuangan Bank. Menyediakan pembiayaan usaha, berupa pemberian kredit yang dimana contohnya adalah kredit investasi atau juga kredit modal kerja.
  • Jenis Pembiayaan Lainnya, yang termasuk kedalam jenis pembiayaan lainnya adalah yang berasal dari usaha besar swasta dan lain sebagainya.

B. Rencana Anggaran Biaya
Sebagai wirausahawan tentunya ingin untuk mengelola usaha yang tengah dijalani dengan bersungguh-sungguh supaya dalam pelaksanaannya berjalan sesuai dengan rencana awal dari perusahaan. Dan untuk bisa melaksanakan rencana tersebut, diperlukan rencana anggaran biaya, yang dimana meliputi pemasaran, biaya administrasi, biaya anggaran produksi dan juga biaya umum lainnya.

Dan dengan begitu, yang dimaksud dengan Rencana anggaran biaya adalah segala bentuk perencanaan aktivitas-aktivitas perusahaan yang dimana dinyatakan dalam satuan uang. Dalam penyusunan anggaran biaya ini sendiri penting untuk bisa disusun dengan seteliti mungkin dan juga secermat mungkin supaya tidak terjadi pemborosan ataupun kekurangan.
Berdasarkan hubungannya dengan penghasilan yang diperoleh perusahaan dalam suatu periode tertentu, maka biaya dapat dibedakan menjadi seperti berikut ini.
  • Biaya yang dimana manfaatnya akan digunakan untuk memperoleh penghasilan pada masa periode yang akan datang ataupun juga biaya yang dimana manfaatnya belum juga dapat dinikmati.
  • Biaya yang dimana manfaatnya telah habis digunakan untuk dapat memperoleh penghasilan pada periode tepat saat waktu terjadinya. Dan biaya ini biasa juga disebut dengan istilah beban.
  • Sebab itu juga biaya merupakan perngorbanan sumber ekonomis yang secara tidak langsung ataupun langsung mempunyai suatu hubungan dengan usaha memperoleh penghasilan, maka dari itu biaya yang dimana telah menjadi beban dalam suatu periode tertentu dapat dihubungkan dengan jumlah penghasilan yang telah diperoleh dalam periode yang sama.

Penggolongan Biaya
Data Biaya merupakan alat dasar bagi suatu manajemen perusahaan yang dimana untuk kepentingan perencanaan, pengambilan keputusan, dan juga untuk pengawasan. Dan untuk bisa memenuhi kepentingan tersebut, biaya digolongkan dan diklasifikasikan menjadi secara rinci seperti berikut ini.

A. Penggolongan biaya atas dasar hubungannya dengan sesuatu yang dibayai
1. Biaya Tidak Langsung
Biaya tidak langsung biasa juga disebut dengan overhea pabrik, yaitu biaya-biaya yang dimana diperlukan untuk pembuatan suatu produk selain biaya tenaga kerja langsung dan juga biaya lain.

2. Biaya Langsung
Biaya langsung adalah biaya yang terjadi karena ada sesuatu yang dibiayai, contihnya adalah biaya produksi.

B. Penggolongan Biaya atas dasar hubungannya dengan volume kegiatan
1. Biaya Variabel
Yang dimaksud dengan biaya variabel adalah biaya yang dimana jumlahnya berubah sebanding dengan perubahan volume suatu kegiatan. Contohnya seperti biaya bahan bakar, biaya tenaga kerja langsung, biaya bahan baku, dan juga yang lainnya.

2. Biaya Semivariabel (mixed cost) atau juga biaya campuran
Yang dimaksud dengan biaya semivariabel adalah biaya yang dimana mempunyai unsur tetap dan juga variabel, contohnya seperti biaya pengawasan.

3. Biaya Tetap
Yang dimaksud dengan biaya tetap adalah biaya yang dimana tidak diperngaruhi oleh perubahan volume kegiatan, contohnya adalah seperti biaya sewa, PBB, asuransi, dan juga biaya penyusutan aktiva tetap.

C. Penggolongan biaya berdasarkan kepada objek penggunaannya
  • Biaya lembur
  • Biaya tenaga kerja
  • Biaya advertensi
  • Biaya bahan baku

D. Penggolongan biaya berdasarkan kepada fungsi pokok dalam perusahaan
1. Biaya Administrasi Umum
Biaya administrasi umum adalah biaya yang terjadi karena ada yang namanya pengaturan, tata usaha organisasi perusahaan yang bersangkutan dan juga pengawasan contohnya gaji pegawai bagian akunta, biaya telepon, gaji direksi, gaji pegawai bagian administrasi.

2. Biaya Produksi
Biaya produksi adalah biaya yang terjadi karena adanya suatu proses produksi. Biaya produksi ini sendiri dikelompokkan menjadi biaya tenaga kerja, biaya overhead pabrik, dan juga biaya bahan baku.

3. Biaya Pemasaran
Yang dimaksud dengan biaya pemasaran adalah biaya yang terjadi karena adanya usaha untuk memperoleh pesanan dan juga memenuhi pesanan. Contohnya seperti gaji karyawan pada bagian penjualan, biaya angkut barang, biayap promosi dan sebagainya.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pembiayaan Usaha Serta Penjelasan Rencana Anggaran Biaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel