Pengertian Distribusi, Saluran Serta Jaringan Distribusi

Pengertian Distribusi, Saluran Serta Jaringan Distribusi - Mario Bd

A. Pengertin Distribusi
Setelah perusahaan berhasil menyelesaikan suatu produk, maka hal penting yang harus dilakukan adalah menyebarkan produk tersebut hingga sampai kepada tangan konsumen. Dan proses penyebaran barang atau jasa hingga sampai ketangan konsumen inilah yang disebut dengan distribusi.

Distribusi merupakan hal yang penting dalam kegiatan pemasaran, yang dimana meliputi pengangkutan, pengiklanan, penjualan, pembungkusan, dan juga pengepakan. Dengan adanya pendistribusian maka suatu transaksi pada bisnis dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala.

Proses distribusi yang baik dan juga lancar akan mempengaruhi kelancaran dalam proses produksi. Begitu juga akan terjadi hal sebaliknya, apabila kegiatan pendistribusian tidak berjalan dengan baik, maka proses dari produksi itu sendiri juga bisa menjadi terhambat.

B. Pokok-Pokok Saluran Distribusi
Pada umumnya Perusahaan memiliki hak untuk untuk menetapkan dan memilih penyaluran terhadap produk yang dibuat melalui distributor (Pedagang Besar) yang dimana bisa menyalurkannya kepada subdistibutor (pedagang menegah) dan juga akan kembali diteruskan kepada retailer (pengecer) dan retailer akan menjualnya kembali kepada konsumen akhir.

Berikut adalah pokok-pokok dari distribusi yang biasa dijalankan oleh perusahaan.
1. Secara Langsung
Produk yang dihasilkan oleh produsen langsung diberikan kepada konsumen tanpa adanya perantara.

2. Secara Semi Langsung
Produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan akan disalurkan terlebih dahulu kesaluran milik produsen itu sendiri sebelum sampai kekonsumen.

3. Secara Tidak Langsung
Produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan tidak akan langsung diberikan ketangan konsumen, melainkan terlebih dahulu akan melalui banyak lembaga penyalur.

C. Alasan-Alasan Menggunakan Saluran Distribusi
Berikut adalah beberapa alasan mengapa perusahaan tidak langsung mendistiribusikan produknya secara langsung kepada konsumen.
1. Untuk Pemenuhan Kebutuhan Konsumen
Saluran Distribusi ini dilakukan supaya bisa memenuhi kebutuhan konsumen yang muncul setiap saat

2. Konsumen bisa Berkonsentrasi dalam Berproduksi
Dengan memberikan wewenang pendistribusian, maka produsen juga akan bisa lebih berkonsentrasi untuk memproduksi barang-barang, dan dengan begitu kedua hal tersebut bisa berjalan dengan lancar dan baik.

3. Jarak yang terbilang cukup jauh antara produsen dan juga konsumen
Karena jarak yang cukup jauh antara produsen dan juga konsumen, maka supaya bisa memenuhi kebutuhan konsumen terhadap jasa/barang sangat diperlukannya saluran dari distribusi yang akan membuat barang sampai secara terus menerus tanpa perlu membuat konsumen menunggu dengan waktu yang lama.

4. Penghematan dalam waktu dan juga biaya
Dengan memanfaatkan saluran distribusi, produsen bisa lebih menghemat waktu dan juga biaya untuk menyebarkan barang kepada konsumennya.

D. Macam-Macam Saluran Distribusi
1. Distribusi Eksklusif
Distribusi Eksklusif adalah distribusi sebuah produk yang dimana hanya akan diberikan kepada lembaga penyalur yang telah menjadi sales representative dari produsen. Penyalur Eksklusif juga haruslah berwibawa dan juga memiliki kepribadian yang baik karena akan diandalkan untuk menjadi wakil dari produsen. Dan supaya bisa menjadi penyalur eksklusif, pertama kali haruslah meminta izin ataupun hak dari yang berwajib. Dan pada umumnya, yang termasuk distribusi eksklusif adalah penjualan produk mewah seperti kacamata, kamera, komputer dan yang lainnya.

2. Distribusi Intensif
Distribusi Intensif biasanya diusahakan untuk sebanyak mungkin agar bisa menjual produk yang dimaksud dengan jumlah yang besar dan juga lebih dekat kepada konsumen agar konsumen tidak kesulitan dalam mendapatkan barang yang diinginkan. Contohnya seperti sabun mandi, minyak, gula, beras dan lainnya

3. Distribusi Selektif
Jumlah dari distribusi selektif ditentukan dengan terbatas, hal ini juga dimaksudkan supaya bisa menekankan biaya dari penjualan. Barang yang dijual juga tentunya bukanlah barang yang sembarang, tetapi barang yang memiliki harga cukup mahal seperti motor, mobil, dan barang-barang mewah lainnya.

Dikarenakan saluran distributif sangatlah penting bagi suatu perusahaan, maka dalam proses pemilih saluran distribusi juga haruslah dilakukan dengan sangat berhati-hati dan menggunakan pertimbangan yang sangat mantap.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Distribusi, Saluran Serta Jaringan Distribusi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel