Pengertian Modal, Modal Aktif Dan Modal Pasif

Pengertian Modal, Modal Aktif Dan Modal Pasif - Mario Bd

Perencanaan dan juga Pengendalian Keuangan merupakan salah satu kunci dari keberhasilan suatu usaha. Apabila seorang wirausahawan mampu mengelola dan juga mengendalikan keuangan dengan baik, maka suatu pencapaian tujuan dengan maksimal dapat terwujud dengan baik tanpa adanya kendala.

A. Pengertian Modal
Masalah penting yang tidak akan pernah berakhir dan juga mengandung sangat banyak aspek yaitu masalah modal dalam perusahaan. Dengan memiliki banyak modal, tentunya perusahaan akan bisa beroperasi dengan baik dan juga perusahaan tersebut tidak akan mendapatkan kesulitan serta bisa menghadapi suatu bahaya yang mungkin akan muncul karena adanya krisis pada biaya.

Berikut adalah pengertian modal menurut beberapa ahli.
1. Prof. Bakker
Menurut pendapat dari Prof. Bakker, yang dimaksud dengan modal adalah sesuatu dimana baik itu berupa barang konkret yang dimana masih ada di dalam rumah tangga perusahaan dan juga terdapat tepat di neraca sebelah debet ataupun juga berupa daya beli maupun nilai tukar dari barang-barang itu yang dimana tercatat di sebelah kredit itu sendiri.

Dan maksud dari di sebelah debet yaitu “modal konkret” dan yang dicatat di sebelah kredit yaitu disebut juga dengan modal “abstrak

2. Prof. Polak
Menurut Pendapat dari Prof. Polak, modal ialah sebagai salah satu kekuasaan dimana untuk bisa menggunakan barang modal, dan dengan begitu juga modal terdapat tepat pada neraca kredit. Dan yang diartikan dengan barang modal sendiri merupakan barang yang ada di dalam perusahaan yang di mana masih belum juga digunakan perusahaan tersebut, jadi dengan begitu modal terdapat di neraca sebelah kredit.

Selain dengan menggambarkan modal abstrak dan juga konkret, neraca jugalah bisa menggambarkan modal dengan menurut kepada bentuknya (sebelah debet) atau yang disebut juga dengan “modal aktif”, dan model dengan menurut kepada sumbernya (sebelah Kredit) atau yang disebut juga dengan modal pasif. Modal pasif termasuk kedalam modal abstrak sedangkan modal aktif termasuk kedalam pengertian modal konkret.

B. Modal Aktif
Dengan berdasarkan pada lama dan juga berdasarkan cara perputarannya, modal aktif serta kekayaan dari suatu perusahaan bisa kita bedakan antara “Aktiva tetap” dan juga “Aktiva Lancar”. pertimbangan kedua aktiva inilah yang dimana akan menentukan struktur kekayaan.

Aktiva tetap adalah aktiva yang tahan lama atau juga yang tidak habis secara berangsur-angsur selama proses produksi berlangsung. Contoh aktiva tetap yang tidak akan habis meskipun proses produksi berlangsung adalah tanah tempat lokasi produksi berlangsung. Yang dimana aktiva tersebut tidak akan mengalami penyusutan.

Sedangkan yang dimaksud dengan aktiva lancar adalah aktiva yang akan habis dalam satu kali putaran proses produksi dan biasanya proses perputarannya tesebut dalam jangka waktu yang pendek, atau juga dapat dikatakan bahwa aktiva lancar adalah aktiva yang bisa diuangkan dalam jangka waktu yang singkat/pendek. Yang merupakan unsur aktiva lancar adalah surat berharga, piutang, persediaan barang dagangan, dan juga kas.

C. Modal Pasif
Jika dilihat darimana asalnya, Modal pasif ini sendiri bisa dibedakan menjadi dua yaitu modal asing dan juga modal sendiri. Dan yang dimaksud dengan modal sendiri adalah suatu modal yang dimana berasal dari perusahaan itu sendiri (Laba/Cadangan) atau berasal dari pemilik modal/peserta (modal saham) dan juga yang lainnya. Dan yang dimaksud dengan modal asing adalah modal yang dimana berasal dari kreditor, yang juga merupakan utang bagi perusahaan. Modal asing sering juga disebut dengan modal kreditor.

Dan dengan menurut jangka waktu penggunaannya, modal pasif ini juga bisa dibedakan menjadi dua yaitu jangka pendek serta jangka panjang.

Dan untuk jangka panjang sendiri terbagi menjadi dua yaitu jangka panjang tidak tertentu waktunya dan juga tertentu pada waktunya. Contoh dari modal pasif jangka panjang tertentu waktunya adalah hipotik dan obligasi yang terdapat pada perusahaan dalam jangka waktu yang lama, dan tentunya memiliki batas waktu sampai dimana hari jatuhnya. Sedangkan modal pasif jangka panjang tidak tertentu pada waktunya adalah modal milik perusahaan induk dan juga saham.

Modal pasif jangka pendek juga terbagi menjadi dua yaitu tertentu waktunya dan juga tidak tertentu waktunya  Contoh dari modal pasif jangka pendek tertentu waktunya adalah kredit dari penjual, kredit dari pembeli, kredit wesel, dan juga sebagainya. Sedangkan yang tidak tertentu waktunya adalah kredit rekening koran.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Modal, Modal Aktif Dan Modal Pasif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel