Prinsip Kepuasan Pelanggan Serta Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan

Prinsip Kepuasan Pelanggan Serta Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan - Mario Bd

Pada setiap kegiatan usaha sudah pasti memiliki tanggung jawab yang sangat besar terhadap kepuasan pelanggan. Yang dimana kepuasan pelanggan merupakan salah satu hal yang sangat penting. Karena, apabila pelanggan puas, pasti akan ada baik yang akan terjadi dimasa mendatang.

Dan sebenarnya sudah tidak bisa dipungkiri lagi, bila pelanggan merasakan puas terhadap suatu produk ataupun juga pelayanan yang diberikan, maka pelanggan tersebut akan berbagi cerita dengan orang lain. Dan juga sebaliknya, apabila pelanggan merasa tidak puas dengan pelayanan yang telah diberikan, maka pelanggan tidak akan segan-segan menceritakan kejelekan produk atau pelayanan tersebut kepada orang lain.

lalu pernahkah anda berfikir, harapan apa yang diinginkan oleh pelanggan? Dan harapan itu adalah pelayanan, harga, produk yang disediakan, dan banyak aspek lain yang diharapkan oleh pelanggan.

Karena pelanggan begitu penting bagi suatu perusahaan atau kegiatan usaha, oleh sebab itu maka sangat pernting dan perlu kiranya untuk mendidik karyawan untuk bisa lebih mengutamakan kepuasan pelanggan. Dan ada banyak cara yang sebenarnya bisa dilakukan untuk bisa membentuk dan juga menanamkan sikap yang positif kepada pelanggan, contohnya seperti selalu berkomunikasi kepada karyawan dan membicarakan tentang sangat berharganya pelanggan kepada perusahaan atau kegiatan usaha.

Dan oleh sebab itu apabila ada kesalahan yang membuat pelanggan pindah ke pesaing lain, maka sekecil apapun masalah itu, itu merupakan sebuah kesalahan yang besar dan juga tidak bisa ditoleransi.

Tetapi perusahaan tidak harus selalu memikirkan masalah pelanggan, perusahaan juga harus menjaga kepuasan terhadap karyawan. Karena apabila karyawan merasa puas, maka dengan itu karyawan juga akan membagikan kepuasannya tersebut kepda pelanggan.

A. Prinsip Kepuasan Pelanggan
  • Memberikan jaminan kepada pelanggan
  • Mendengarkan suara pelanggan
  • Memahami arti penting karyawan dalam memuaskan pelanggan
  • Pemimpin adalah seorang teladan dalam kepuasan pelanggan
  • Kepuasan pelanggan merupakan hal yang amat penting
  • Memahami harapan pelanggan
  • Memilih pelanggan yang tepat dengan melakukan strategi segmentasi, lalu kemudian membangun kepuasan pelanggan
  • Mempelajari faktor apa saja yang bisa untuk memenuhi kepuasan pelanggan
  • Ketahui Pelanggan yang loyal adalah pelanggan yang mau komplain terhadap produk

B. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan
Tentu saja pelanggan akan merasakan puasa apabila pelanggan menjumpai harapannya telah terlampaui ataupun juga terpenuhi. Dan dengan begitu, apa saja sebenarnya yang membuat pelanggan merasakan kepuasan? Berikut ada lima faktor yang bisa memnuhi kepuasan pelanggan.

1. Faktor Emosional
Simbol sukses, rasa percaya diri, dan juga rasa bangga merupakan contoh dari emotional value yang dimana mendasari kepuasana pelanggan. Faktor ini lebih ditujukan kepada pelanggan yang memakai produk yang dimana berhubungan dengan kebutuhan gaya hidup, contohnya busana, kosmetik, mobil mewah, aksesoris, dan juga hal lainnya.

2. Faktor Kemudahan
Dengan memberikan pelayanan yang nyaman, efisien, mudah, dan juga terbebas dari antrian yang panjang, maka pelanggan akan merasa semakin puas dalam mencari serta mendapatan produk yang mereka cari.

3. Kualitas Produk
Dengan memberikan kualitas yang baik maka pelanggan akan merasakan kepuasannya. Contohnya pelanggan yang membeli tas dan tas tersebut nyaman dipakai, tidak cepat putus/rusak, tidak ketinggalan jaman, dan juga desain yang tentunya menawan.

4. Harga
Harga merupakan hal yang sangat penting untuk bisa memberikan kepuasan terhadap pelanggan. Apalagi, jika produk tersebut memiliki kulitas yang bagus serta didukung dengan harga yang murah maka pelanggan akan merasakan kepuasannya sendiri.

5. Kualitas Pelayanan
Ditengah-tengah persaingan yang sangat ketat, biasanya perusahaan akan meningkatkan kualitas pelayanan. Kepuasan pelanggan terhadap pelanggan biasanya sangat sulit untuk ditiru dan hal tersebut bisa menjadi suatu keunggulan perusahaan.

Dari kelima faktor yang sudah dijelaskan diatas, setiap faktor memiliki bobot tersendiri untuk bisa menciptakan kepuasan terhadap pelanggan dan tentunya sesuai dengan bidang apa yang tengah digeluti. Dan apabila perusahaan menganggap bahwa kepuasan pelanggan adalah hal yang sangat penting, maka sebaiknya perusahaan tersebut membuat program yang dimana bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan.

Pengukuran kepuasan terhadap pelanggan ini bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, contohnya saja dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan kecil secara langsung kepada pelanggan mengenai harga, kualitas, dan tentunya pelayanan yang telah diberikan perusahaan.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Prinsip Kepuasan Pelanggan Serta Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel