Sejarah Singkat Seni Menjual, Pengertian Salesmanship serta Seluk Beluk Ilmu Menjual

Sejarah Singkat Seni Menjual, Pengertian Salesmanship serta Seluk Beluk Ilmu Menjual - Mario Bd

Sejarah singkat seni menjual (salesmanship)
Dunia perdagangan saat ini sangatlah ketat dengan persaingan. Dan kondisi itu juga lama kelamaan akan membuat konsumen bingung akan macam-macam produk yang ditawarkan, karena produk tersebut terkadang hampir sama, baik dari segi harga, kualitas dan juga kegunaannya.


Lain halnya degan penjual, hal tersebut malah menjadi sebuah tantangan untuk bisa bersaing dan menarik minat dari konsumen sebanyak-banyaknya dan akhirnya bisa memenangkan persaingan dalam penjualan. Untuk itu maka anda perlu untuk mempelajari seluk-beluk dari penjualan baik itu secara teori maupun secara praktik.

Seperti yang kita ketahui kegiatan jual beli sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu. Hanya saja, cara jual beli yang digunakan masihlah sangat sederhana yaitu biasa kita kenal dengan barter atau tukar menukar barang. Hal itu dikarenakan belum adanya mata uang.

Penukaran barang dengan uang tersebut akan terjadi apabila:
  • Kedua belah pihak saling menyetujui untuk melakukan barter
  • Kedua belah pihak saling mendapatkan keuntungan dalam melakukan barter
  • Kedua belah pihak saling membutuhkan barang yang ingin ditukar

Dan dikarenakan semakin berkembangnya peradaban manusia saat ini, perkembangan teknologi dan juga zaman, oleh sebab itu kegiatan penjualan juga haruslah dilakukan dengan suatu seni, yaitu dikenal juga dengan seni menjual atau sering disebut salesmanship.

Dengan menerapkan dan juga mempelajari seni menjual disetiap kegiatan penjualan maka akan memudahkan para penjual untuk melakukan tugas-tugasnya dengan cara yang sehat dan juga positif. Dan kunci dari kehidupan suatu perusahaan adalah keberhasilan dalam penjualan.

Tanpa memiliki penjual yang handal, perusahaan akan berhenti untuk berputar, karena tanpa adanya keahlian dari penjual barang akan susah/tidak akan sampai ketangan pembeli. Dan dengan seni menjual, maka segala kesulitan dan hambatan yang dialami oleh penjual akan bisa teratasi, dan itu juga akan membuat perusahaan memperluas pasar serta merebut hati konsumen sebanyak mungkin.

B. Pengertian Salesmanship
Ilmu menjual merupakan salah satu ilmu yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu seni untuk bisa mempengaruhi orang lain untuk membeli barang yang ditawarkan. Menurut pendapat Kho Hwat Yoe sendiri, ilmu menjual adalah salah satu ilmu dalam berdagang dan juga hidup untuk bisa mempengaruhi orang-orang agar berpikir, melakukan kehendak kitam dan juga merasakan, sehingga mereka bisa merasa mendapatkan keuntungan apabila membeli barang yang kita tawarkan.


C. Seluk-Beluk Menjual
1. Objek Ilmu Menjual
Secara umu terdapat 2 objek ataupun sasaran yang ingin dijangkau dari ilmu menjual, yaitu diantaranya:

A. Barang Atau Jasa Yang Dijual
Untuk bisa mempercepat terjadinya proses penjualan maka penjual haruslah terlebih dahulu mengetahui barang/jasa apa yang ingin dijual. Sehingga, apabila nanti suatu saat penjual mendapatkan berbagai macam pertanyaan, penjual bisa menjawab pertanyaan yang diberikan.

B. Penjual
Sebelum melakukan proses penjualan, ada baiknya penjual terlebih dahulu mengetahui keadaan dirinya sendiri, yaitu hal yang menyangkut keadaan fisik seperti gaya bicara, penampilan, penglihatan, pendengaran dan juga nada suara. Yang dimana hal tersebutlah yang akan memperlancar dan juga mempermudah penjual dalam menghadapi pelanggannya.

2. Manfaat Ilmu Menjual
Menjual adalah salah satu masalah perorangan yang dimana memiliki sifat kreatif. Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwa pekerjaan menjual tidak akan mungkin untuk bisa digantikan dengan mesin. Dengan memiliki ilmu pengetahuan menjual, maka penjual bisa dengan lebih baik lagi melakukan tugas kepada langganannya

Jadi dengan begitu manfaat dari ilmu menjual adalah:
  • Membantu penjual untuk mengatasi persaingan yang semakin hari semakin ketat, baik itu dari dalam maupun luar negeri
  • Meningkatkan omset penjualan
  • Memperlancar tugas penjual untuk melakukan kegiatan berdagang
  • Penjual bisa mengatasi segala macam rintangan dan hambatan yang terkadang muncul di tengah kegiatan jual beli
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sejarah Singkat Seni Menjual, Pengertian Salesmanship serta Seluk Beluk Ilmu Menjual"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel