Teknik Menjual Dan Tahapan Teori AIDAS

Teknik Menjual Dan Tahapan Teori AIDAS - Mario Bd

Untuk bisa meyakinkan calon pelanggan atau juga pembeli agar mau membeli tidak bisa di lepaskan dengan cara menawarkan barang tersebut. Untuk bisa meyakinkan calon pembeli, maka penjual harus bisa sebisa mungkin memperkecil kekurangan yang ada pada barang dagangan tersebut.

Dan dengan memperkecil kekurangan yang ada pada barang dagangan, maka penjual harus menunjukkan seluruh kelebihan dari barang tersebut, tetapi jangan asal mengucap, seluruh kelebihan yang telah dikatakan haruslah bisa dipertanggung jawabkan sehingga tidak mengecewakan pembeli.

Dalam proses penjualan saat-saat klimaks adalah pada saat pembeli memutukan untuk membeli barang tersebut. Setelah pembeli sepakat dengan harga yang telah ditawarkan dan sudah menyetujui syarat-syarat penyerahan barang, maka dengan begitu pula berakhirlah proses penjualan.

Dalam penjualan ada berbagai macam teori yang berkaitan dengan teknik penjualan. Salah satu teori menjual yang telah banyak dikenal adalah Teori AIDAS, teori AIDAS ini menerangkan secara jelas tentang tahap-tahapan yang haruslah dilakukan oleh penjual saat melakukan kegiatan menjual.

A. Attention (perhatian)
Dalam tahap ini penjual haruslah berusaha agar pembeli ataupun calon pembeli memperhatian penawaran yang dilakukan oleh sipenjual. Untuk bisa mendapatkan perhatian dari calon pembeli, maka banyak hal yang harus diperhatikan oleh penjual yaitu bahasa, cara berbicara, cara berpakaian, sikap, dan juga tindak tanduk.

Apabila menimbulkan kesan baik atau positif maka akan besar kemungkinan terjadinya penjualan.

B. Interest (Minat)
Pada tahap interest ini penjual harusah bisa mengubah perhatian dari calon pembeli untuk menjadi minat yang semakin kuat. Hal ini bisa dilakukan dengan mencipatakn suasana yang menyenangkan, pendekatan kepada calon pembeli, menanamkan kepercayakan kepada calon pembeli, dan juga memberikan jalan kepada calon pembeli untuk bisa dengan mudah membuat keputusan.

C. Desire (Keinginan)
Perlu dikethui juga bahwa kebiasaan calon pembeli untuk mengambil keputusan berbeda-beda. Dan banyak hal yang mempengaruhinya, contoh faktor faktor pendapatan, pendidikan, status sosial, jenis kelamin, dan lain sebagainya. Dan oleh karena itu jugalah penjual harus dapat meyakinkan kepada pembeli ataupun juga calon pembeli keuntungan yang akan didapatkan sipembeli ketika membeli barang yang ditawarkan. Dan juga kerugian yang akan didapatkan sipembeli jika tidak membeli barang tersebut.

D. Action (Tindakan)
Pada tahapan ini, penjual haruslah bisa meyakinkan pembeli bahwa keputusannya untuk membeli produk tersebut adalah salah satu keputusan yang tepat.

E. Satisfication (Kepuasan)
Dan untuk tahapan yang terakhir adalah, penjual harus bisa memastikan bahwa produk yang telah ditawarkan sesuai dengan apa yang telah dijelaskan. Harga yang telah ditetapkan juga merupakan harga yang pantas, sehingga pembeli akan merasa puas dan menjadi pelanggan.

Maka dari itu, penjual yang baik adalah penjual yang mampu dan bisa mengarahkan, memberi sebuah petunjuk mengenai penggunaan barang dan juga efek samping yang akan ditimbulkan dari barang tersebut, serta juga mampu memberikan sebuah bimbingan.

Keterampilan penjual
Seperti yang kita ketahui, sekarang posisi penjual cukup diminati, penjual bukan lagi profesi yang biasanya dianggap rendah oleh masyarakat tradisional. Dan sekarang banyak sekali orang yang sukses karena mengambil profesi sebagai penjual.

Bukan hanya pekerjaan sampingan saja, tetapi profesi sebagai penjual merupakan karir yang bisa menjadi sangat menantang sekaligus juga menguntungkan. Dan bahkan, profesi penjual ini merupakan profesi keahlian yang bahkan tidak bisa digantikan oleh mesin.

Dikebanyakan negara maju, peran penjual menjadi sangatlah dominan untuk bisa menjaga perputaran roda industri dan itu membuat perusahaan tidak segan untuk memberikan penghargaan yang amat tinggi kepada pembeli ataupun pelanggannya dengan cara memberikan komisi, bonus, dan juga hadiah yang membuat kehidupan mereka menjadi lebih baik.

Seorang penjual yang profesional dan juga terampil dalam kegiatan menjual adalah sebagai berikut:
  • Tidak akan menyalahi janji ketika menjual
  • Memahami bahwa kegiatan menjual berarti juga kegiatan melayani
  • Menjaga keutuhan pribadi dan kemerdekaannya dalam menjual
  • Memiliki kemampuan menjual yang bisa memuaskan pelanggan/pembeli
  • Memiliki kebanggan tertentu kepada profesinya
  • Mau dan mampu belajar untuk menambah pengetahuan dalam menjual
  • Mempunyai standar ekstra yang tinggi dalam menjual

Dan berikut adalah beberapa sifat yang haruslah dimiliki oleh penjual yang baik:
  • Tidak mudah untuk putus asa
  • Mudah bergaul, selalu gembira, dan juga menarik
  • Lurus hati, disiplin, dan juga sopan santun
  • Ketajaman daya ingat
  • Bijaksana
  • Mampu berkomunikasi dengan baik
  • Berpikir kreatif
  • Penuh inisiatif
  • Penuh akan perhatian
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Teknik Menjual Dan Tahapan Teori AIDAS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel