Beberapa Manfaat Keanekaragaman Hayati

Beberapa Manfaat Keanekaragaman Hayati - Mario Bd

A. Pengertian Keanekaragaman Hayati
Keanekaragaman hayati adalah suatu tingkat variasi kehidupan dalam, mengingat seluruh planet ataupun ekosistem bioma spesies. Keberagaman hayati juga merupakan ukuran dari dari kesehatan ekosistem, yang juga merupakan sebagian fungsi dari iklim.


Indonesia sendiri memiliki keanekaragaman yang memberikan sangat banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Apa saja manfaat tersebut?, berikut adalah beberapa manfaat keanekaragaman hayati.

1. Manfaat Ekologi
Keanekaragaman hayati merupakan salah satu komponen ekosistem yang sangat penting, contohnya saja hutan hujan tropis. Hutan hujan tropis mempunyai nilai lingkungan ataupun nilai ekologis yang sangat penting bagi bumi, diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Hutan hujan tropis bisa menjaga kestabilan iklim global, yaitu dengan mempertahankan kelembapan udara dan suhu.
  • Hutan Hujan tropis juga merupakan para-para bumi. Yang dimana kegiatan fotosintesis terjadi yang terjadi di hutan hujan tropis bisa menurunkan kadar karbondioksida yang ada di atmosfer, dengan begitu berarti bisa mencegah efek rumah kaca dan juga mengurangi pencemaran udara.

2. Manfaat Keilmuan
Di dunia ini masih terdapat banyak sekali rahasia alam yang sampai sekarang masih belum juga ditemukan. Dengan begitu, mahkluk hidup yang beraneka ragam di bumi ini merupakan salah satu sumber ilmu yang sampai sekarang masih bisa untuk terus digali.

3. Manfaat Keindahan
Kita sendiri tentu saja sering sekali menggunakan manfaat dari keanekaragaman mahluk hidup untuk keindahan, contohnya saja dengan membuat taman yang ditanami berbagai jenis tumbuhan yang indah. Hal itu dikarenakan, mahluk hidup yang beraneka ragam di dunia ini bisa menambahkan keindahan alam.

4. Sebagai Sumber Bahan Obat, Pangan, Dan Papan
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering sekali memanfaatkan berbagai macam jenis kayu seperti meranti, sonokeling, kamfer, dan juga jati untuk dijadikan sebagai bahan bangunan. Kita juga menambahkan mengkudu, kunyit, jahe, kencur dan tanaman obat lainnya sebagai sebuah bahan obat-obatan.

Tidak cukup sampai disitu saja, kita juga memanfaatkan berbagai jenis buah-buahan, biji-bijian, umbi-umbian, sayur-sayuran, dan juga daging dari berbagai jenis hewan seperti ikan, kambing, ayam dan sapi untuk dijadikan sebagai lauk makanan sehari-hari.

5. Sebagai Sumber Pendapatan
Keanekaragaman hayati di dunia ini tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk makan sehari-hari, menikmati keindahan, ataupun juga mendapatkan ilmu saja. Keanekaragaman hayati juga bisa digunakan untuk dijadikan sebuah sumber pendapatan/devisa.

Contohnya saja seperti teh dan kopi untuk industri minuman, karet untuk perindustrian ban kendaraan, kayu cendana dan juga gaharu untuk kosmetik. Rempah-rempah seperti cabai, lada, bumbu dapur dan vanili. Serta juga perkebunan seperti sawit, dan karet.

6. Sebagai Sumber Plasma Nutfah
Mungkin sebagian dari anda belum mengetahui apa itu plasma nutfah, plasma nutfah adalah berbagai sifat unggulan yang ada pada mahluk hidup. Dengan begitu berbagai mahluk hidup ada disekeliling kita merupakan sumber plasma nutfah sangat penting untuk kita jaga kelestariannya.

Bukan hanya itu saja, hutan juga merupakan plasma nutfah karena hutan merupakan tempat yang memiliki banyak tumbuhan serta hewan.

Dengan membaca artikel diatas tentu sangatlah penting untuk menjaga keanekaragaman hayati. Sekarang manusia merupakan ancaman terbesar atas kepunahan dan kehancuran keanekaragaman hayati ini. Yang dimana, terkait dengan pengrusakan hutan hujan tropis. Contoh beberapa hal yang bisa mengakibatkan hilangnya sebuah habitat adalah seperti:
  • pencemaran udara
  • pemanasan global
  • penggundulan hutan yang berlebihan
  • kelebihan penduduk
  • perubahan iklim.

Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Beberapa Manfaat Keanekaragaman Hayati"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel