Macam-Macam Benda Langit Beserta Penjelasannya

Macam-Macam Benda Langit Beserta Penjelasannya - Mario Bd

A. Pengertian Benda Langit
Benda langit merupakan suatu sebutan dari berbagai macam benda yang ada dilangit atau luar angkasa. Benda langit terdiri dari berbagai macam, contohnya adalah seperti matahari, bulan, planet & planet kerdil, serta komet, asteroid, dan juga meteor. Berikut adalah penjelasan dari benda-benda langit tersebut.


1. Matahari
Matahari merupakan salah satu bintang diseluruh jagat raya, dan bintang ini jugalah yang menjadi pusat dari tata surya kita. Bumi dan bersamaan dengan planet lainnya yang ada di tata surya bergerak mengelilingi matahari dengan berdasarkan kepada garis orbit (garis edar) masing-masing planet.

www.mariobd.com
Matahari adalah sebuah bola gas raksasa yang terbentuk dari susunan utamanya yaitu hidrogen sebanyak 92% dan helium 7,8%. dan juga, mataharilah yang memberikan energi bagi seluruh mahluk hidup yang ada di bumi dalam bentuk cahaya dan panas. Lalu apakah anda tau bagaimana energi tersebut dihasilkan?

Energi yang dihasilkan oleh matahari terletak tepat pada bagian inti matahari tersebut, yang dimana memiliki suhu yang bisa mencapai hingga 15.000.000°C. dan pada bagian inti ini jugalah gas hidrogen diubah menjadi sebuah helium. Dan seiring dengan proses perubahan tersebutlah, dihasilkannya sebuah energi yang berupa cahaya dan panas yang dipancarkan ke seluruh tata surya.

Energi yang dipancarkan tersebut juga sampai ke bumi dan menjadi sebuah sumber energi utama yang bagi seluruh kehidupan yang ada di bumi. Dan jika anda melihat matahari dari bumi dengan bentuk yang sangatlah kecil, sesungguhnya matahari memiliki ukuran dengan diameter sekitar 109 kali diameter bumi dan juga volume yang dimiliki matahari sebesar 1,3 juta kali dari volume bumi.

2. Bulan
Bulan merupakan satelit dari bumi. Istilah dari satelit dimaksudkan pada benda langit yang dimana merupakan pengikut planet. Satelit berarti juga pengikut. Satelit tersebut terbentuk secara alami bersama dengan proses pembentukan planet. Dan dikarenakan satelit tersebut memiliki massa yang lebih kecil dan juga berlokasi dalam lingkungan gravitasi tertentu, maka dengan begitu satelit tersebut beredar mengelilingi planet.

www.mariobd.com
Dan pada saat ini istilah dari satelit juga digunakan untuk sebuah benda buatan manusia yang diorbitkan mengelilingi bumi. Satelit tersebut disebut juga dengan satelit buatan.

A. Gerakan Bulan
Bulan selalu bergerak mengelilingi bumi atau disebut juga dengan berevolusi serta berputar tepat pada porosnya dengan kecepatan tertentu. Hal ini bisa dibuktikan dengan mengamati bahwa hanya bagian bulan yang sama saja yang bisa tampak dari bumi.

www.mariobd.com
sumber:www.gurupendidikan.co.id
Salah satu akibat dari revolusi bulan adalah dengan munculnya fase bulan, yaitu bentuk bulan yang terus berubah apabila dilihat dari bumi dikarenakan bagian bulan tersebut dikenai cahaya dari matahari dan berubah dengan teratur. Perubahan fase bulan secara periodik juga bisa digunakan untuk melakukan perhitungan penanggalan ataupun kalender, contohnya pada penanggalan Hijriyah.

B. Gerhana Bulan
Lintasan bulan adalah sebuah faktor yang menyebabkan gerhana. Bulan bergerak mengelilingi bumi dengan berdasarkan lintasan-nya yang berbentuk elips. Dan bumi juga terletak tepat pada salah satu titik elips tersebut. dengan begitu, pada bulan ada bagian terdekat dan juga terjauh dari bumi. Bagian yang terdekat dinamakan perigea dan terjauh dinamakan apogea.

www.mariobd.com
Perlu untuk diketahui bahwa bulan sebenarnya tidak memancarkan cahaya, melainkan tampak dikarenakan cahaya matahari dipantulkan oleh bulan dan pantulan tersebut ditangkap oleh mata kita. Dan gerhana bulan tersebut bisa terjadi tepat pada saat bulan purnama, yaitu pada saat bulan berada pada satu garis lurus bumi dan juga matahari.

3. Planet Dan Planet Kerdil Lainnya (Dwarf Planet)
Planet adalah sebuah anggota tata surya yang memiliki ukuran relatif bear dan juga tidak memancarkan cahayanya sendiri. Melainkan, memantulkan cahaya dari matahari dan juga berputar mengelilingi matahari. Pada saat ini terdapat setidaknya 8 planet pada sistem tata surya kita yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, , Uranus, dan Neptunus.

Dan planet tersebut dibagi menjadi planet luar dan juga planet dalam. Yang termasuk dalam planet luar adalah Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Planet luar mempunyai struktur seperti bola gas dan juga memiliki cincin. Yang termasuk sebagai planet dalam adalah Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Planet dalam mempunyai struktur seperti bola padat yang tersusun dari bebatuan.

www.mariobd.com
Dan untuk Pluto, mungkin anda pernah mendengar bahwa pluto termasuk bagian dari planet. tetapi pluto tidak lagi bisa dikatakan sebagai sebuah planet dikarenakan, pluto tidak memiliki sebuah orbit yang bersih. Dengan begitu, pluto dikelompokkan menjadi planet kerdil diikuti planet kerdil lainnya seperti Eris dan Ceres.

4. Komet, Asteroid, Dan Meteor
Tentunya anda pernah melihat sebuah ilustrasi atau melihat langsung serpihan-serpihan benda langit yang melayang di angkasa, dan benda itulah disebut dengan Komet, Asteroid, dan Meteor. Ketiganya tersebut berbeda terutama pada hal komponen penyusun dan juga orbitnya.

A. Meteor
Meteor merupakan sebuah serpihan benda angkasa yang berupa bebatuan yang memasuki bumi dan sering juga disebut dengan bintang jatuh. Dikarenakan terjadinya gesekan dengan Atmosfer Bumi, meteor akan mengeluarkan cahaya saat memasuki bumi.

www.mariobd.com
Gesekan tersebut akan menghasilkan panas dan memancarkan sebuah cahaya. Dan meteor juga akan hancur menjadi debu akibat dari gesekan yang terjadi dengan atmosfer. Akan tetapi, apabila ukuran meteor tersebut cukup besar, maka akan ada sedikit bagian meteor yang melewati atmosfer dan jatuh ke bumi, hal itu dikatakan dengan meteorit.

B. Asteroid
www.mariobd.com
Asteroid adalah sebuah serpihan benda langit yang berupa bebatuan yang padat. Dengan bentuk ukuran yang bervariasi, rata-rata asteroid terletak pada daerah yang disebut dengan sabuk asteroid. Yang dimana letaknya berada diantara orbit mars dan juga Yupiter.

C. Komet
Komet adalah sebuah serpihan benda langit yang berbentuk debu dan bola es. Komet juga hanya bisa terlihat saat sedang melintas dekat dengan matahari dan bisa dikenali dengan mudah dari ekornya yang bisa memanjang hingga ratusan kilometer. Ekor komet tersebut juga akan selalu menuju ke arah yang menjauhi matahari.

www.mariobd.com
Ekor tersebut terbentuk dikarenakan energi yang dipancarkan oleh matahari meniup sebagian debu dan juga partikel gas yang ada pada permukaan komet sehingga terlihat seperti sebuah ekor. Contoh dari komet yang sudah sering dilihat oleh manusia adalah komet Halle-Bopp dan Halley.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Macam-Macam Benda Langit Beserta Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel