Pengertian Sistem Bilangan Desimal, Biner, Oktal Dan Hexadesimal

Sistem Bilangan Desimal, Biner, Oktal Dan Hexadesimal - Mario Bd

A. Pengertian Sistem Bilangan
sistem bilangan adalah adalah suatu cara untuk mewakili besaran dari suatu item fisik. dan sistem bilang yang paling banyak digunakan adalah sistem bilangan desimal, yaitu suatu sistem bilangan yang dimana menggunakan 10 macam simbol untuk mewakili suatu besaran. sistem ini sendiri banyak dipergunakan karena manusia memiliki total 10 jari untuk bisa membantu perhitungan.


lain halnya lagi dengan komputer, logika pada komputer diwakili oleh bentuk elemen dalam dua keadaan, yaitu on yang artinya ada arus, dan juga off yang artinya tidak ada arus. dan juga konsep inilah yang dipakai dalam sistem bilangan Binary yang dimana memiliki dua jenis nilai untuk mewakili suatu besaran nilai.

selain desimal dan biner, komputer juga memiliki sistem bilangan lainnya yaitu octal dan juga hexadesimal. berikut adalah penjelasan dari sistem bilangan tersebut.

1. Bilangan Desimal
sistem bilangan desimal adalah bilangan basis 10 yang dimana ini paling sering digunakan oleh masyarakat umum dalam kehidupan sehari-hari. sistem bilangan desimal menggunakan 10 macam simbol bilangan diantaranya 0,1,2,3,4,5,6,7,8, dan juga 9. sistem bilangan desimal ini bisa berupa pecahan desimal dan juga integer desimal. berikut adalah contoh dari bilangan desimal.
www.mariobd.com


2.Bilangan Biner
bilangan biner adalah bilangan basis dua yang dimana hanya terdiri dari dua simbol yaitu 0 dan 1. bilangan biner ini dipopulerkan oleh Gottfried Wilhelm Leibniz tepatnya pada abad ke-17. bilangan biner juga merupakan dasar dari semua sistem bilangan berbasiskan digital. sistem bilangan ini juga sering disebut dengan sistem bit. dibawah ini adalah contoh dari bilangan biner.
www.mariobd.com


3. Bilangan Oktal
bilangan oktal adalah sitem bilangan yang dimana terdiri dari 8 simbol, yaitu diantaranya 0,1,2,3,4,5,6, dan 7. berikut adalah conoh dari bilangan oktal.
www.mariobd.com


4. Bilangan Hexadesimal
Bilangan Hexadesimal adalah bilangan yang berbasis 16, artinya hexa 6 dan juga desimal yang artinya 10 dan dengan bergitu hexadesimal terdiri dari 16 simbol yaitu 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9, A(10),B(11),C(12),D(13),E(14), dan F(15). sistem bilangan Hexadesimal sendiri memiliki 2 unsur yaitu huruf dan juga angka, yaitu A = 11 , B = 12 hingga F = 15. berikut adalah contoh dari bilangan Hexadesimal.
www.mariobd.com

Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Sistem Bilangan Desimal, Biner, Oktal Dan Hexadesimal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel