Ciri Ilmu Pengetahuan Alam Dan Juga IPA Sebagai Disiplin Ilmu

Ciri Ilmu Pengetahuan Alam Dan Juga IPA Sebagai Disiplin Ilmu - Mario Bd

Telah lama sejak abad ke-18, Ilmu Pengetahuan melaju secara pesat perkembangannya, dan banyak melahirkan teknologi canggih yang memiliki berbagai peranan penting pada kehidupan manusia. Perkembangan ilmu pengetahuan tersebut juga telah mengubah manusia menjadi lebih modern.


Dibalik keuntungan yang diberikan, tanpa disadari sebagian umat manusia telah mengeksploitasi alam secara berlebihan dan mengabaikan kebutuhan alam. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, ketersediaan sumber daya alam tanpa disadari juga telah banyak menurun. Dan hal tersebut juga yang mengakibatkan pemanasan global dikarenakan perubahan iklim.

1. Ilmu Pengetahuan Alam Sebagai Disiplin Ilmu
IPA sebagai disiplin ilmu yang bisa dipelajari oleh manusia pada umumnya terbagi menjadi tiga, yaitu:
  • Ilmu Social (Social Science), ilmu yang mempelajari Sosiologi, manajemen dan juga ekonomi.
  • Humanitas (Ilmu Budaya), Ilmu yang mempelajari agama, bahasa dan juga kewarganegaraan.
  • Ilmu Alam (Natural Sciences), ilmu yang mempelajari kimia, biologi, dan juga fisika.

Tiga pengelompokan IPA sebagai disiplin ilmu tersebut berasal dari rasa keingintahuan yang merupakan sudah menjadi ciri khas dari manusia. Manusia sendiri memiliki rasa ingin tahu yang besar akan gejala alam dan benda-benda yang ada disekelilingnya, serta juga dirinya sendiri.

Dan dengan adanya rasa ingin tahu tersebut, manusia mulai terus menggunakan akal pemikirannya untuk mencari tahu serta mempelajari berbagai gejala alam agar bisa bermanfaat pada kehidupannya ataupun orang lain. Dengan begitu dapat diartikan bahwa Ilmu Pengetahuan Alam (Sains) adalah sebuah ilmu yang mempelajari gejala-gejala alam apa adanya.

2. Ciri-Ciri Ilmu Pengetahuan Alam
A. Empiris
Empiris adalah ilmu pengetahuan alam yang dikembangkan dengan berdasarkan pengalaman empiris, yaitu sebuah pengalaman konkret yang dirasakan oleh semua orang dan juga bisa dibuktikan secara ilmiah.

B. Sistematis
Sistematis adalah hasil dari kajian Ilmu Pengetahuan Alam, baik itu dari hasil penelitian ataupun juga kajian ilmiah, dengan didasarkan kepada langkah-langkah yang berurutan dan sistematis. Berbagai urutan tersebut jugalah yang membuat orang lain ingin melakukan hal yang serupa, dan mendapatkan hasil yang serupa pula.

C. Segala Teorinya Berlaku Umum
Telah banyak macam teori sains yang diciptakan oleh ilmuwan yang mengkaji berbagai macam gejala alam. Teori tersebut telah berlaku secara umum yang artinya bisa diketahui oleh orang umum atau orang lain tanpa adanya batas. Apabila seorang ilmuwan mengeluarkan teori yang terbaru, maka orang lain berhak untuk mengkaji ulang atau mengkoreksi teori tersebut.

D. Konkret
IPA memiliki ciri konkret yang artinya memiliki objek kajian berupa gejala-gejal ataupun benda-benda alam yang nyata dan juga bisa ditangkap oleh indera. Conothnya seperti hujan, tumbuhan, dan benda langit.

E. Logis
IPA memiliki ciri logis yang artinya dikembangkan berdasarkan cara pikir yang logis. Dan yang dimaksud dengan cara pikir logis adalah sebuah cara berpikir yang memakai ajek dan logika. Yang dimana segala kesimpulan yang didapatkan berdasarkan kepada logika tertentu, baik itu secara deduktif ataupun induktif.

F. Objektif

Ilmu pengetahuan alam memiliki ciri objektif yang artinya, merupakan suatu produk yang terhindar dari berbagai maksud tertentu pelaku (subjektif), baik itu kepentingan golongan ataupun kepentingan perseorangan. Dan hasil daru kajian ilmu pengetahuan alam ini haruslah sesuai dengan fakta serta bukti kebenaran ilmiah secara apa adanya, tanpa adanya yang ditambah-tambahi ataupun juga ditutupi dengan kebohongan dan juga perasaan.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ciri Ilmu Pengetahuan Alam Dan Juga IPA Sebagai Disiplin Ilmu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel