Contoh-Contoh Peralatan Proses (CPU/Central Processing Unit)

Contoh-Contoh Peralatan Proses (CPU/Central Processing Unit) - Mario Bd

A. Pengertian Perlatan Proses/CPU
Peralatan proses atau yang dimaksud dengan CPU adalah unit proses utama yang memiliki peranan paling penting pada komputer karena mengendalikan seluruh proses pengolahan data yang dimana mulai dari membaca data dari peralatan input, mengolah dan juga memproses sampai mengeluarkan informasi pada peralatan output.

CPU (central processing unit) terbagi menjadi 3 bagian fungsional, yaitu sebagai berikut.

1. CU (Control Unit)
Control unit pada CPU memiliki fungsi untuk mengatur dan juga mengendalikan seluruh peralatan yang terdapat pada sistem komputer. Unit ini akan mengatur kapan saat yang tepat untuk alat input menerima data dan kapan juga diolah dan ditampilkan pada perangkat output. Berikut yang merupakan tugas dari Control Unit.
  • Mengambil data dari memori utama untuk diproses
  • Mengirim segala intruksi ke ALU apabila ada perhitungan artimatika ataupun perbandingan logika serta juga mengawasi kinerja dari ALU.
  • Menyimpan hasil proses ke memori utama.
  • Mengatur dan mengendalikan alat-alat output dan juga input.
  • Mengambil seluruh instruksi dari memori utama.

2. Register
Register Unit pada CPU memiliki fungsi sebagai alat penyimpanan kecil yang dimana memiliki kecepatan akses yang lumayan tinggi, juga digunakan untuk menyimpan data beserta instruksi yang sedang diproses, untuk sementara data dan juga instruksinya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan pada memori utama.

3. Alu
Alu atau lebih kepanjangan dari Aritmetic and Logical yaitu tugas utama dari alu adalah untuk melakukan perhitungan yang memiliki sifat aritmetik serta juga melakukan keputusan, yang berasal dari logika dan juga manipulasi bit sesuai dengan instruksi dari program.

Berikut adalah tiga macam memori yang digunakan pada sistem komputer.
1. Main
memori ini digunakan untuk menyimpan data dan juga instruksi yang akan diproses serta hasil pengolahan.

2. Secondary Storage
memori ini digunakan untuk menyimpan program serta data secara permanent.
Register, memori ini dipergunakan untuk menyimpan seluruh instruksi dan juga data yang tengah diproses.

B. Komponen-Komponen Pada CPU
CPU juga memiliki komponen penting yang terdapat didalamnya, komponen inilah yang akan membuat kinerja dari CPU bisa berjalan dengan baik tanpa adanya kendala. Dan berikut adalah komponen-komponen yang terdapat pada CPU.

1. CD/DVD Drive
Yang merupakan fungsi dari CD/DVD Drive ini sendiri adalah untuk membaca seluruh data dari sebuah Compact Disk. Sedangkan ROM yang merupakan singkatan dari Read Only memiliki arti penyimpanan data yang hanya bisa untuk dibaca. Jadi CD-Rom hanya bis digunakan untuk membaca data, tidak untuk menyimpan data. Dan untuk bisa menyimpan data bisa menggunakan CD-RW yang artinya Read Write, dengan begitu CD-RW bisa digunakan untuk membaca dan juga menyimpan data.

2. Floopy Disk Drive
Floopy Disk Drive adalah sebuah alat yang dimana berfungsi untuk membaca ataupun menulis pada alat yang berupa disket. Mungkin beberapa tahun yang lalu masih banyak kita jumpai orang yang masih memakai Floopy Disk berukuran 5 1/4 inch yang hanya bisa menyimpan data sebesar 700Kb saja dan disket kecil yang berukuran 3 1/2 inch yang bisa menyimpan data sebesar 1,4MB.

3. Power Supply
Power supply pada CPU memiliki fungsi untuk mengubah jenis daya listrik yang tersedia pada stopkontak. Dan biasa nya jenis komponen seperti motherboard, pada disk drive logika, dan kartu adapter menggunakan sebesar +5 Volt Power serta pada Fan dan motor disk drive menggunakan daya sebesar +12 Volt. Dan agar komputer bisa berjalan dengan baik, pasokan arus harus diberikan dengan baik.

4. Harddisk
Harddsik adalah sebuah piranti penyimpanan sekunder dimana data akan disimpan  sebagai sebuah pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar dan juga terintegrasi. Data tersebut disimpan pada sebuah lingkaran konsentris yang biasa disebut dengan track, dan pada setiap tracknya dibagi menjadi beberapa segment yang sebut dengan sector.

5. Sound Card
Fungsi kartu suara atau sound card pada CPU adalah untuk prosesor audio pada sebuah komputer. Kartu suara yang dipasang pada komputer akan berjalan dan dan mengontrol seluruh audio pada komputer.

6. VGA (Video Grapich Card)
VGA pada CPU berfungsi untuk menterjemahkan output dari komputer kepada monitor. Yang dimana untuk desain grafik/menggambar ataupun juga untuk bermain game maka diperlukan VGA yang tinggi spesifikasinya. VGA memiliki harga yang mahal untuk bisa mendapatkan spesifikasi yang bagus dan kepuasan untuk bermain game ataupun desain grafis.

7. Mainboard/Motherboard
Motherboard atau juga bisa disebut dengan papan induk memiliki fungsi sebagai tempat seluruh alat utama pada CPU. Motherboard memiliki bentuk seperti sebuah pada sirkuit elektronik. Motherboard ini jugalah yang berfungsi untuk menghubungkan seluruh komponen komputer tersebut agar bisa saling berinteraksi satu dengan yang lainnya.

8. Processor
Processor merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk memproses seluruh perhitungan yang harus dilakukan oleh komputer. Kekuatan dari prosesor dapat diukur dengan melihat frekuensi nya, contohnya seperti 550MHz hingga saat ini sudah ada yang bisa mencapai 4.3 GHz (Core i9). apabila komputer dinyalakan maka pada saat itu juga prosesor mulai bekerja.

9. RAM (Random Acces Memory)
Ram atau random acces memory berfungsi untuk sebuah penyimpanan data sementara sewaktu dipakai oleh prosesor. Dan apabila komputer dimatikan, maka data yang terdapat pada ram akan hilang. Ram membaca lebih cepat jika dibandingkan dengan Harddisk.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh-Contoh Peralatan Proses (CPU/Central Processing Unit)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel