Macam-Macam Cybercrime Berdasarkan Aktivitas

Macam-Macam Cybercrime Berdasarkan Aktivitas - Mario Bd

Cybercrime adalah kejahatan yang dilakukan dengan melalui jaringan internet dan komputer dijadikan alat, sasaran, ataupun tempat terjadinya kejahatan. Seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat, maka muncullah kejahatan yang disebut dengan Cybercrime tersebut.

Di indonesia sendiri, Cybercrime memiliki perkembangan yang sangat tinggi meskipun telah ada undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Kegiatan ini telah banyak dikeluhkan oleh sejumlah negara termasuk indonesia, yang dimana para pelaku kejahatan ini menggunakan internet untuk bisa memperkaya diri.

Contoh beberapa kasus Cybercrime yang ada diindonesia adalah seperti Hacking Situs, Carding, menyadap transmisi data milik orang lain seperti Gmail, dan juga manipulasi data dengan cara memberikan perintah yang tidak diinginkan kedalam program komputer. Karena perkembangan yang cukup signifikan ini jugalah yang membuat pemerintah sulit untuk bisa mengimbangi teknik kejahatan yang dilakukan dengan teknologi komputer, khususnya jaringan intranet dan internet.

Berikut adalah Macam-Macam Cybercrime Berdasarkan Aktivitas Yang Dilakukan.

1. Cracking
Cracking adalah kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan teknologi komputer dengan tujuan untuk merusak sistem keamanan suatu system komputer. Biasanya cracking melakukan tindakan anarkis, mencuri, dan berbuat sesuka hati ketika berhasil mendapatkan akses.

Dan kebanyakan dari kita masih berfikir bahwa hacker adalah yang melakukan tindakan kejahatan. Padahal sesungguhnya Hacker adalah orang ataupun suatu kelompok yang senang memprogram dan percaya bahwa informasi adalah suatu hal yang sangat berharga yang memiliki sifat untuk dipublikasikan ataupun rahasia.

2. Carding
Carding adalah kejahatan yang diakukan dengan teknologi komputer untuk melakukan berbagai transaksi dengan menggunakan kartu kredit milik orang lain, yang tentunya akan merugikan orang yang menjadi target baik itu secara materil maupun non materil.

3. Spamming
Spamming adalah kegiatan dengan melakukan pemberian berita ataupun iklan lewat surat elektronik (g-mail) yang tidak diinginkan. Spam juga sering disebut dengan junk e-mail atau bulk e-mail atau dengan arti lain “sampah”.

4. Cyber Sabotage and Extortion
Kejahatan jenis ini adalah kejahatan yang dilakukan dengan melakukan gangguan, penghancuran, ataupun kerusakan pada data, program ataupun sistem jaringan komputer target yang terhubung dengan internet. Biasanya kejahatan ini dilakukan dengan menyisipkan suatu program tertentu, virus komputer, dan juga logic bomb yang akan membuat data, sistem jaringan, ataupun program komputer yang terkena tidak bisa digunakan, tidak bisa berjalan semestinya, ataupun berjalan sesuai dengan keinginan sipelaku.

5. Offense against intellectual property
Kejahatan jenis ini ditujukan terhadap hak atas kekayaan intelektual yang dimiliki oleh pihak lain diinternet. Contohnya adalah seperti penyiaran suatu informasi diinternet yang ternyata adalah rahasia hasil dagang miliki orang lain, meniru tampilan website pihak lain secara ilegal, dan lain sebagainya.

6. Infringements of Privacy
Kejahatan ini dilakukan dan ditujukan terhadap informasi seseorang yang dimana merupakan yang yang sangat pribadi dan juga rahasia. Kejahatan ini biasanya ditujukan kepada keterangan pribadi seseorang yang tersimpan pada formulir data pribadi yang dimana tersimpan secara computerized, yang artinya apabila diketahui oleh pihak lain, maka bisa merugikan korban baik secara immateril dan juga materil. Contohnya seperti cacat atau penyakit yang tersembunyi, kartu kredit, nomor ATM, dan juga lain sebagainya.

7. Unauthorized Access to Computer System Service
Kejahatan jenis ini adalah kejahatan yang dilakukan dengan menyusup/memasuki kedalam suatu sistem jaringan dengan cara tidak sah, tanpa sepengetahuan pemilik, dan juga tanpa izin dari sipemilik jaringan komputer yang dimasukinya. Biasanya pelaku melakukan kejahatan dengan maksud untuk mencuri data ataupun informasi penting lainnya.

8. Cyber Espionage
Cyber Espionage merupakan kejahatan dengan memanfaatkan jaringan internet untuk melakukan kegiatan mata-mata terhadap pihak lain, dengan memasuki sistem jaringan komputer pihak tersebut. Kejahatan ini biasanya dilakukan kepada saingan bisnis yang data atau dokumen pentingnya disimpan dalam suatu sistem computerized.

9. Illegal Contents
Illegal Contents merupakan kejahatan yang dilakukan dengan memasukkan data ataupun informasi lainnya ke internet, yang dimana informasi tersebut melanggar hukum, tidak etis, tidak benar, dan mengganggu ketertiban. Contohnya seperti berita Hoax, artikel pemfitnahan, informasi rahasia negara, dan juga hal-hal yang menyangkut pornografi.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Macam-Macam Cybercrime Berdasarkan Aktivitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel