Fungsi Dasar, Tugas Dan Layanan Sistem Operasi

Fungsi Dasar, Tugas Dan Layanan Sistem Operasi - Mario Bd

Sistem operasi merupakan sebuah perangkat lunak yang dimana berfungsi untuk bisa melakukan operasi yang mengurusi tentang seluruh aktifitas dari komputer seperti mendukung operasi sistem aplikasi dan juga mengendalikan seluruh perangkat dari komputer agar bisa berjalan dengan fungsinya.

1. Fungsi Dasar Sistem Operasi
Berikut adalah tiga fungsi utama dari sistem operasi.

A. Manajemen Sumber Daya
Manajemen sumber daya berkaitan dengan pengendalian terhadap pemakaian sumber daya pada komputer yang dimana dilakukan oleh perangkat lunak aplikasi yang tengah dijalankan pada komputer tersebut. Contohnya adalah CPU, peralatan masukan/keluaran, dan juga memory utama.

B. Manajemen Data
Manajemen data merupakan pengendalian terhadap data keluaran/masukan, yang dimana termasuk dalam melakukan alokasi dalam peralatan penyimpanan memori utama maupun penyimpanan sekunder.

C. Manajemen Proses
Manajemen proses mencakup penjadwalan, pemantauan proses pada komputer, dan juga penyiapan. Dan yang dimaksud dengan proses adalah program yang sedang dijalankan.

2. Tugas Sistem Operasi
Berikut adalah beberapa tugas dari sistem operasi komputer.

A. Menyediakan berbagai informasi yang dimana saling berkaitan dengan hardware, yaitu bisa berupa mengendalikan perangkat I/O dan perangkat yang aktif dan juga pasif.

B. Melakukan berbagai tugas pengolahan dan juga pengendalian pada sumber daya dalam sebuah proses sebagai berikut.
  • Multiprocessing yaitu pemrosesan ataupun penggunaan sebuah program dengan cara serentak dari beberapa CPU.
  • TimeSharing yaitu memakai sistem komputer yang sama untuk banyak pengguna.
  • Multithreading yaitu memproses aktivitas pada bentuk yang sama dengan sebuah multitasking akan tetapi pada sebuah aplikasi tunggal.
  • Scalability dan Network yaitu sebuah upaya komputer dalam mengendalikan dan juga meningkatkan kewaspadaan serta keamanan jumlah pengguna serta juga memperluas layanan.
  • Mutitasking yaitu melakukan banyak tugas secara bersama-sama pada aplikasi yang sama maupun juga berbeda.

C. Pengelolaan file dan juga direktori data, yaitu untuk memastikan seluruh file yang ada pada penyimpanan sekunder tersedia apabila diperlukan, dan juga mengamankannya dari pengguna yang tidak memiliki izin.

Menyediakan berbagai antarmuka atau user interface yang berupa:
  • Antarmuka unit grafik atau lebih dikenal GUI (Graphical User Interface)
  • Kombinasi ikon dan juga menu untuk melaksanankan serta juga menerima perintah.
  • Melakukan perintah (command-base user interfaces) yang dimana berupa bentuk teks.
  • Bisa mengarahkan menu (menu driven).

3. Layanan Sistem Operasi
Semua sistem operasi yang baik haruslah memiliki sebuah layanan berupa operasi I/O, memanipulasi system file, deteksi kesalahan, eksekusi program, dan juga komunikasi. Dan dalam pemakaian secara multiuser system bisa dapat lebih menguntungkan yang dimana bisa lebih efisien karena pemakaian seumber daya yang sama antar pengguna satu dengan yang lainnya.

Selain fungsi layanan bersama yang sudah dijelaskan diatas, sistem operasi juga memberikan efisiensi kepada pengguna sistem berupa:
  • Proteksi yaitu menjamin segala akses kesistem sumber daya yang dikendalikan yang artinya akses pengguna tersebut ke system bisa menjadi lebih terkendali.
  • Accounting yaitu merekam seluruh kegiatan sipengguna, dan juga jatah dalam pemakaian sumber daya.
  • Resource Allocator yaitu melakukan alokasi sumber daya kepada beberapa user atau pekerjaan yang tengah berjalan pada saat bersamaan.
Dan pada sebuah sistem operasi yang baik, haruslah memiliki layanan seperti berikut ini.

1. Komunikasi
Yang dimaksud dengan komunikasi disini adalah pertukaran data ataupun informasi diantara dua ataupun lebih proses yang berada pada satu komputer ataupun lebih.

2. Deteksi kesalahan
Untuk bisa memberikan layanan yang baik maka sistem operasi haruslah bisa mendeteksi kesalahan untuk tetap bisa menjaga kestabilan sistem dengan cara mendeteksi error ataupun operasi.

3. Mampu Memanipulasi Data
Sistem operasi haruslah mampu untuk melakukan berbagai macam operasi pada file diantaranya membuat, menulis, menghapus file dan juga membaca.

4. Eksekusi Program
Eksekusi program adalah sebuah kemampuan dari sistem untuk memuat program kepada memori dan juga menjalankan program tersebut.

5. Operasi I/O
Yang dimaksud dengan operasi I/O adalah Input dan juga Output yang dimana pengguna tidak bisa melakukan secara langsung untuk mengakses dan sumber daya dari hardwar, maka dari itu sistem operasi menyediakan sebuah mekanisme untuk melakukan operasi I/O atas nama pengguna itu sendiri.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fungsi Dasar, Tugas Dan Layanan Sistem Operasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel