Jaringan Komputer Berdasarkan Area Dan Fungsinya

Jaringan Komputer Berdasarkan Area Dan Fungsinya - Mario BD

Pada postingan sebelumnya kita telah membahas tentang apa itu pengertian dari jaringan komputer. Nah, buat yang belum baca bisa baca postingan sebelumnya untuk memahami apa itu jaringan komputer beserta komponen-komponennya sebelum lanjut untuk mempelajari tentang Jaringan Komputer Berdasarkan Area Dan Fungsinya.

Secara umum jaringan komputer dengan berdasarkan areanya terbagi menjadi 4, yaitu Lan, Man, Wan, dan juga PAN. Yang tentunya tiap jaringan tersebut memiliki area tertentu untuk dijangkau. Dan jaringan komputer berdasarkan jenisnya terbagi menjadi 2 yaitu, Client to server dan juga jaringan Peer To Peer. Langsung saja berikut penjelasannya.

A. Jaringan Komputer Berdasarkan Area Jaringan
1. Local Area Network (LAN)
www.mariobd.com

LAN adalah sebuah jaringan milik pribadi yang memiliki jarak jangkau pendek dan biasanya ada dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. Lan ini juga seringkali dipakai untuk menyambungkan beberapa komputer milik pribadi berserta workstation dalam kantor suatu perusahaan ataupun juga pabrik-pabrik untuk pemakaian sumberdaya bersama (seperti printer).

2. Metropolitan Area Network (MAN)
www.mariobd.com

MAN adalah sebuah jaringan komputer yang dimana merupakan versi LAN yang memiliki ukuran lebih besar dan pada umumnya memakai teknologi yang serupa seperti LAN. MAN biasanya mencakup banyak kantor perusahaan yang letaknya berdekatan ataupun juga sebuah kota serta bisa dimanfaatkan untuk keperluan pribadi ataupun umum.

Man juga bisa menunjang suara dan data, bahkan MAN juga bisa berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

3. Wide Area Network (WAN)
www.mariobd.com

WAN adalah sebuah jaringan yang jangkauannya mencakup daerah geografis yang sangat luas, biasanya sampai mencakup sebuah negara ataupun benua. Wan juga terdiri dari beberapa kumpulan mesin yang miliki tujuan untuk menjalankan banyak program pemakai.

4. Personal Area Network (PAN)
www.mariobd.com

PAN adalah sebuah jaringan komputer yang dimana digunakan untuk pemakaian pribadi seperti contohnya tablet, smartphone, konsol game, komputer, dan masih banyak lainnya. Jarak dari jangkauan jaringan ini terbilang cukup dekat sehingga tidak bisa digunakan untuk jarak yang jauh.

B. Jaringan Komputer Berdasarkan Fungsinya
1. Jaringan Client To Server
www.mariobd.com

Jaringan Client To Server adalah jaringan yang dimana memiliki dua komponen utama, yaitu server dan juga client. Pada jaringan ini, salah satu komputer berfungsi sebagai sebuah server (pusat) dan komputer yang lainnya berfungsi sebagai client (pelayan). sesuai dengan nama yang dimilikinya, maka Client Sever memiliki arti adanya pembagian kerja untuk pengelolaan data antara client dan juga server.

Sekarang hampir sebagian besar jaringan menggunakan metode Client-Server. Karena, pada dasarnya jaringan komputer ada yang memiliki fungsi sebagai client, dan ada juga yang memiliki fungsi sebagai server.

Server adalah sebuah komputer yang dimana menyediakan fasilitas untuk banyak komputer lain didalam jaringan. sedangkanClient adalah komputer yang memakai ataupun menerima fasilitas yang telah disediakan oleh server. Pada tipe Client-Server, Server sering juga disebut dengan Dedicated Server.

Kelebihan Jaringan Client-Server:
  • Kecepatan akses yang lebih tinggi, karena menyediakan fasilitas jaringan dan juga pengelolaannya secara khusus dilakukan oleh satu komputer server yang tidak dibebani dengan tugas lain sebagai Workstation.
  • Sistem Backup data yang lebih baik, dikarenakan pada jaringan Client-Server ini backup dilakukan langsung terpusat pada server, yang dimana akan membackup keseluruhan data yang dipakai dalam jaringan.
  • Sistem administrasi dan keamanan jaringan yang lebih baik, dikarenakan ada salah seorang yang dimana bertugas sebagai administrator jaringan, yang mengelola sistem keamanan dan jug administrasi jaringan.

Kelemahan Jaringan Client-Server:
  • Biaya yang dibutuhkan lebih banyak dibandingkan dengan peer-to-peer.
  • Diperlukan seorang pengguna yang memiliki keahlian khusus untuk bisa mengelola server.
  • Dibutuhkan komputer khusus yang memiliki kinerja baik untuk ditugaskan mengelola server.
  • Apabila server mengalami gangguan atau kerusakan, maka akan berakibat jaringan tidak dapat digunakan.
2. Jaringan Peer To Peer (P2P)
www.mariobd.com

Jaringan Peer To Peer adalah sebuah jaringan komputer yang dimana hanya menghubungkan dua komputer dan keduanya bisa digunakan sebagai client ataupun server, jadi dengan begitu tidak ada perbedaan antara client dan juga server. Pemasangan jaringan ini juga tidak membutuhkan Hub, karena dua komputer tesebut bisa langsung dihubungkan dengan satu kabel UTP.

Pada tipe jaringan P2P ini juga, setiap komputer yang terhubung pada jaringan bisa saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya tanpa membutuhkan perantara. Tidak hanya komunikasi langsung saja, tetapi sumber daya komputer lain juga bisa digunakan tanpa adanya pengendalian dan juga pembagian hak akses.

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa, tipe jaringan ini cocok untuk digunakan pada rumah, ruangan kerja, dan juga lab komputer sekolah yang memiliki cakupan skala yang kecil. Pada umumnya jaringan peer to peer ini dipakai untuk membangun jaringan dengan basis workgroup yang dimana menerapkan fungsi sharing ataupun berbagi pakai penggunaan software dan juga hardware, dikarenakan pada tipe jaringan P2P ini tidak membutuhkan pengaturan keamanan dan juga kendali antar komputer satu dengan yang lainnya.

Kelebihan Jaringan Peer To Peer:
  • Berlangsungnya kerja jaringan tidak bergantung pada server, dengan begitu apabila salah satu komputer mati ataupun rusak, jaringan secara keseluruhan tidak akan mengalami gangguan.
  • Biaya operasional yang terbilang cukup murah apabila dibandingkan dengan jaringan Client-Server, hal itu dikarenakan tidak dibutuhkannya server yang memiliki kemampuan khusus untuk memberikan fasilitas jaringan.
  • Komputer yang terhubung dalam jaringan bisa saling berbagi fasilitas yang dipunya, seperti drive, modem, printer, harddisk, dsb.

Kelemahan Jaringan Peer To Peer:
  • Backup data harus dilakukan oleh masing-masing komputer, karena data jaringan tersebar pada masing-masing komputer dalam jaringan.
  • Sistem keamanan jaringan ditentukan oleh masing-masing pengguna komputer.
  • Troubleshooting jaringan yang terbilang cukup sulit.
  • Unjuk kerja yang dimana lebih rendah apabila dibandingkan dengan jaringan tipe Client-Server.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jaringan Komputer Berdasarkan Area Dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel