Pengaruh Manusia Terhadap Keanekaragaman Mahluk Hidup

Pengaruh Manusia Terhadap Keanekaragaman Mahluk Hidup - Mario Bd

Pada kehidupan sehari-hari hubungan manusia tidak akan bisa lepas dengan mahluk hidup lainnya yang beraneka ragam. Bahkan ada beberapa dari kegiatan manusia tersebut yang bisa memengaruhi keanekaragaman mahluk hidup. Baik itu yang memperbaiki, menjaga, dan adapula yang merusak keanekaragaman mahluk hidup.

Lalu apa sajakah pengaruh dari manusia terhadap keanekaragaman mahluk hidup? Berikut penjelasannya.

A. Kegiatan Manusia Yang Merusak Keanekaragaman Mahluk Hidup
Tanpa kita sadari banyak sekali kegiatan manusia di dunia ini yang merusak keanekaragaman mahluk hidup atau disebut juga dengan keanekaragaman hayati. Contoh dampak yang telah terlihat adalah dengan punah-nya beberapa jenis hewan dan juga tumbuhan.

Salah satu hewan yang telah punah dan tidak akan bisa ditemukan lagi adalah harimau bali, harimau ini adalah salah satu dari tiga sub-spesies harimau yang ada di indonesia, yaitu harimau Sumatera dan harimau jawa (sudah punah). dan harimau bali merupakan salah satu yang terkecil dari ke-tiga sub-spesies tersebut. Contoh beberapa kegiatan manusia yang merusak keanekaragaman hayati adalah sebagai berikut.

1. Pencemaran limbah dan sampah
www.mariobd.com
Sampah dan juga limbah yang berasal dari pabrik dan juga dari rumah tangga bisa merusak habitat dari mahluk hidup dan juga bisa membunuh berbagai jenis mahluk hidup.

2. Perubahan tipe tumbuhan
www.mariobd.com
Tumbuhan merupakan salah satu produsen yang ada di dalam ekosistem. Apabila terjadi perubahan tumbuhan seperti dari hutan hujan tropis menjadi hutan produksi, maka akan mengakibatkan hilangnya berbagai tumbuhan-tumbuhan liar yang penting. Dengan hilangnya tumbuh-tumbuhan jenis tertentu tersebut makan juga akan membuat mahluk lainnya yang bergantung pada tumbuhan tersebut bisa hilang.

3. Masuknya Jenis Tumbuhan Serta Hewan Liar
www.mariobd.com
Hewan liar ataupun tumbuhan yang memasuki suatu ekosistem akibat dari ulah manusia, bisa membuat suatu kompetisi bahkan juga membuat tumbuhan atau hewan asli dari ekosistem tersebut terbunuh.

4. Seleksi
www.mariobd.com
Dengan secara tidak sengaja, manusia telah melakukan yang namanya seleksi. Misalnya, anda hanya menanam tanaman yang memiliki mutu baik mangga arumanis dan juga jambu air unggulan. Dan dengan sebaliknya, anda menghilangkan tanaman yang dimana menurut anda kurang memiliki mutu yang baik. Dengan begitu, anda sudah mengakibatkan berkurangnya sebuah keanekaragaman hayati dan bisa berpengaruh kepada ekosistem.

5. Perusak habitat
www.mariobd.com
Habitat adalah sebuah tempat bagi mahluk hidup. Dengan merusak tempat tinggal mahluk hidup tersebut, maka bisa mengakibatkan kepunahan. Kerusakan habitat tersebut diakibatkan ekosistem telah diubah fungsinya oleh manusia, contohnya seperti pembakaran hutan untuk pembukaan pemukiman atau pertanian, dan juga pembakaran hutan.

Selain diakibatkan oleh ulah manusia, kerusakan habitat juga bisa diakibatkan oleh berbagai bencana alam seperti banjir serta gunung meletus.

6. Penggunaan Pestisida
www.mariobd.com
Pestisida terdiri dari beberapa jenis, contohnya adalah seperti fungisida, insektisida, dan juga herbisida. Sebenarnya, pestisida memang ditujukan untuk membunuh mahluk hidup pengganggu. Akan tetapi, secara tidak langsung pestisida tersebut juga akan menyebar ke lingkungan dan meracuni makroba, tumbuhan, hewan, dan juga jamur.

B. Kegiatan Manusia Yang Memperbaiki Dan Menjaga Keanekaragaman Mahluk Hidup
Bukan hanya ada yang merusak saja, manusia juga masih memiliki keinginan serta kesadaran untuk bisa menjaga dan memperbaiki keanekaragaman mahluk hidup. Berikut adalah beberapa kegiatan manusia yang menjaga dan juga memperbaiki keanekaragaman hayati.

1. Pemuliaan
www.mariobd.com
sumber:  ilmuhewan.com
Pemuliaan adalah sebuah untuk membuat varietas unggul dengan cara melakukan sebuah perkawinan silang. Dengan usaha dari permuliaan ini, maka akan bisa muncul sebuah varian baru. Oleh karena itu, pemuliaan hewan dan juga tumbuhan ini bisa meningkatkan keanekaragaman hayati.

2. Penghijauan
www.mariobd.com
Kegiatan dari penghijauan hutan kembali ini bisa meningkatkan keanekaragaman hayati. Sesudah melakukan kegiatan penghijauan, langkah penting selanjutnya adalah untuk melakukan perawatan hutan.

3. Pelestarian Ex Situ
www.mariobd.com
Pelestarian ex situ adalah sebuah pelestarian yang dilakukan di luar dari habitat aslinya, contoh dari pelestarian in situ seperti penangkaran hewan yang ada di kebun binatang.

4. Pelestarian In Situ
www.mariobd.com

Pelestarian in situ adalah sebuah pelestarian yang dilakukan di dalam habitat aslinya, contoh dari pelestarian in situ adalah taman nasional komodo dan juga cagar alam ujung kulon.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengaruh Manusia Terhadap Keanekaragaman Mahluk Hidup"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel