Proses Pembentukan Dan Komponen Penyusun Tanah

Proses Pembentukan Dan Komponen Penyusun Tanah - Mario Bd

A. Pengertian Tanah
Tanah adalah sebuah lapisan paling atas pada permukaan daratan yang dibutuhkan tumbuhan untuk bisa mendapatkan air, nutrisi, dan juga sebagai tempat untuk tumbuh. bukan hanya tumbuhan saja, manusia dan juga hewan tentunya membutuhkan tanah sebagai tempat hidup. manusia membutuhkan tanah untuk perkebunan dan pertanian, dan juga untuk memperoleh air.

Tanah berasal dari proses pelapukan bebatuan dan juga penguraian senyawa organik yang berasal dari jasad mahluk hidup yang sebelumnya telah mati. dan mengapa karakteristik tanah dari satu daerah berbeda dengan daerah lainnya? hal ini disebabkan oleh banyak faktor yang memengaruhi pembentukan tanah. serta, perbedaan karakteristik tanah akan memengaruhi fungsi dan kualitas tanah.

B. Proses Pembentukan Tanah
Tahapan dalam pembentukan tanah merupakan akumulasi lapisan bahan induk yang telah terpisah dan terpecah, dan disebut dengan regolit. Regolit bisa berasal dari pelapukan bebatuan yang terdapat dibawah lapisan tersebut ataupun dari bahan-bahan yang terbawa dari tempat yang lain seperti debu vulkanik atau pecahan glasial.

Tahapan kedua dalam pembentukan lapisan tanah yang berada pada paling atas merupakan hasil dari penambahan udara, bahan organik hasil pembentukan jasad mahluk hidup yang telah mati (humus), udara, dan mahluk hidup (biota). berikut adalah beberapa faktor yang bisa memengaruhi pembentukan tanah, diantaranya adalah sebagai berikut.
  • biota, merupakan beberapa mahluk hidup yang memengaruhi struktur dan juga kandungan tanah. tumbuhan mengambil nutrien yang terdapat dalam tanah dan akan mengembalikannya kembali ke tanah apabila tumbuhan itu mati. berbagai macam mikroorganisme akan membusukkan jasad mahluk hidup yang telah mati dan kemudian melepaskan senyawa organik.
  • Waktu, seiring dengan berjalannya waktu, maka tanah akan memiliki berbagai macam karakteristik baru yang berasal dari penambahan senyawa organik, peluruhan oleh angin atau air, dan juga aktivitas mahluk hidup. dan juga, tanah yang dimana baru saja terbentuk maka akan cenderung memiliki banyak kesamaan karakteristik dengan bahan induknya.
  • Topografi, hal ini memengaruhi permeabilitas dan kedalaman tanah. contohnya, proses pembentukan permukaan yang curam akan meningkatkan pergerakan partikel tanah dan air sehingga lapisan tanah akan menjadi lebih tipis. tetapi sebaliknya, sebuah permukaan yang landai maka akan menyebabkan lapisan tanah yang lebih dalam serta jumlah air yang tertampung di dalam tanah bisa menjadi lebih banyak dikarenakan pergerakannya lebih lambat.
  • Bahan Induk, hal ini berperan dalam menentukan tekstur, permeabilitas terhadap air, kedalaman, dan juga kandungan nutrisi. jenis bahan induk yang tidak sama atau berbeda akan menghasilkan sebuah karakter tanah yang berbeda pula, serta bahan induk juga akan memengaruhi warna tanah.
  • Iklim, hal ini akan memengaruhi kecepatan pelapukan bahan induk. contohnya, bebatuan pada daerah yang beriklim panas dan lembap akan mengalami pelapukan yang sangat cepat apabila dibandingkan dengan daerah lain. serta, iklim juga akan memengaruhi jumlah humus yang terkandung dalam tanah, dikarenakan iklim memengaruhi jumlah vegetasi yang dimana merupakan sumber bahan organik di tanah.

C. Komponen Penyusun Tanah
tanah merupakan susunan dari beberapa komponen, yaitu udaraairbahan anorganik (mineral), dan juga bahan organik. Udara yang mengisi seluruh rongga partikel tanah bisa mengandung sejumlah gas seperti metan, oksigen, dan karbondioksida. Air meresap ke dalam tanah dan dapat mengandung berbagai senyawa terlarut seperti nutrien yang dibutuhkan tumbuhan. Mineral yang utama berasal dari bebatuan induk yang membentuk tanah. Bahan organik berasal dari berbagai jenis mahluk hidup seperti hewan, mikrooganisme, dan juga tumbuhan, baik itu yang hidup ataupun yang mati.

kemampuan tanah dalam menahan sejumlah udara dan air sangatlah dipengaruhi oleh struktur dan tekstur-nya. Tanah yang dianggap baik haruslah mengandung bahan anorganik, udara, bahan organik, dan juga air dalam rasio yang seimbang.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Proses Pembentukan Dan Komponen Penyusun Tanah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel