Pengertian Dan Contoh Peralatan Komunikasi

Pengertian Dan Contoh Peralatan Komunikasi - Mario Bd

Peralatan komunikasi (Communication Device) adalah sebuah perangkat keras yang dimana mampu mentranmisikan data, instruksi dan juga informasi diantara peralatan pengiriman dan peralatan juga penerima. Berikut adalah beberapa peralatan komunikasi yang tentunya sering dijumpai.

1. HUB
www.mariobd.com

Hub merupakan sebuah alat penghubung antar komputer, hub juga digunakan untuk sebuah bentuk jaringan yang bersifat sederhana contohnya seperti menghubungakan beberapa komputer pada satu group IP lokal. Saat satu paket yang masuk pada satu port di Hub, maka akan segera tersalin keport lainnya pada hub yang sama dan juga semua komputer yang terhubung di hub yang sama akan bisa membaca paket tersebut.

Dan sekarang Hub sudah semakin jarang digunakan dan digantikan dengan Switch. Hal ini dikarenakan Switch memiliki kecepatan transfer lebih tinggi apabila dibandingkan dengan Hub.

2. Wireless Access Point
www.mariobd.com

Wireless access point adalah sebuah peralatan komunikasi sentral sehingga komputer dan juga peralatan lainnya bisa mentransmisikan data dengan cara wireless antara suatu komputer dengan peralatan lainnya, dan juga bisa untuk mentransfer data dengan cara wireless kepada wired network.

Secara umum wireless terbagi menjadi dua yaitu wireless cable/DSL router dan juga wireless access point/AP. Tetapi kedua perangkat tersebut sudah lama tidak digunakan secara optimal.

3. Router
www.mariobd.com

Router adalah sebuah perangkat jaringan yang dimana memiliki fungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan, baik itu yang merupakan jaringan yang sama ataupun jaringan yang berbeda jika dilihat dari segi teknologinya misanya seperti menghubungkan jaringan yang menggunakan topologi star, ring, dan juga bus.

Untuk skala kecilnya seperti yang terdapat pada rumah ataupun kantor, router bisa menyambungkan banyal komputer untuk berbagi satu koneksi internet yang memiliki kecepatan tinggi menggunkan modem DSL atau juga model kabel, dan bisa menyambungkan sebanyak 2 hingga 250 komputer sekaligus.

4. Wireless Lan
www.mariobd.com

Wireless lan menggunakan standart protocol yang sama, akan tetapi wireless lan ini tidak membutuhkan kabel untuk bisa menghubungkan beberapa komputer . Wireless Lan merupakan jaringan komputer yang memakai sinyal radio dua arah untuk bisa berinteraksi antara dua komputer atau lebih.

Kelebihan dari wireless lan adalah sebagai berikut:
  • Dapat mengakses jaringan berpindah-pindah dari manapun selama berada dalam area access point.
  • Instalasi dan juga konfigurasi bisa dilakukan dengan cepat.
  • Bisa dengan mudah menambahkan atau juga memindahkan komputer dalam jaringan, sehinggan tidak perlu repot-repot memikirkan masalah kabel.

Kekurangan dan Wireless Lan adalah sebagai berikut:
  • Keamanan data sangat rendah, dikarenakan jaringan bisa diakses dari beberapa tempat.
  • Bisa terganggu oleh cuaca, misalnya seperti hujan dan juga petir ketika berada diluar ruangan.
  • Apabila jumlah pengguna jaringan bertambah maka kecepatan jaringan bisa berkurang secara drastis.
  • Memiliki bandwith yang terbilang rendah sehingga sangat tidak direkomendasikan untuk yang menggunakan video streaming.
  • Apabila terjadi beberapa perubahan standar, maka kartu jaringan pada tiap komputer haruslah diganti.

5. Network Interface Card
www.mariobd.com

Network interface card atau juga lebih dikenal dengan nama NIC adalah penghubung komputer dengan jaringan, sehingga memungkinkan komputer untuk bisa terhubung dengan jaringan. NIC juga memungkinkan komputer untuk mengambil dan juga memberi informasi dari komputer lainnya yang berada pada jaringan yang sama dari internet ataupun LAN.

6. Modem
www.mariobd.com

Modem adalah hardware tambahan untuk bisa membuat komputer terhubung dengan jaringan internet dengan melalui jaringan telepon. Modem memiliki fungsi untuk mengubah sinyal digital yang berasal dari komputer menjadi sebuah sinyal analog yang bisa dikirimkan lewat jaringan telepon, dan bisa juga sebaliknya.

Modem terbagi menjadi dua, yaitu:
A. Modem Eksternal
www.mariobd.com

Modem eksternal adalah modem yang terletak pada bagian luar komputer. Modem jenis ini dapat dihubungkan melalui port com atau juga sering disebut dengan serial port.

B. Modem Internal

www.mariobd.com
Modem internal adalah modem dengan bentuk card yang langsung dipasangkan pada motherboard melalui slot PCI. Dan modem ini terletak pada bagian dalam CPU.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Dan Contoh Peralatan Komunikasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel