Pengertian Dan Jenis-Jenis Sistem Informasi

Pengertian Dan Jenis-Jenis Sistem Informasi - Mario Bd

A. Pengertian Sistem Informasi
Sistem Informasi adalah suatu kombinasi dari teknologi informasi dan juga aktivitas orang yang memakai teknologi tersebut untuk bisa mendukung manajemen dan juga operasi. Dikarenakan pengartian-nya yang sangatlah luas, istilah sistem informasi ini sendiri sering sekali dirujukkan kepada proses algoritmik, data, teknologi, dan interaksi antar orang.

Sistem informasi merupakan suatu fokus yang utama dari studi untuk organisasi informatika dan juga disiplin sistem informasi. Sistem informasi ini juga sering dianggap sebagai bahasa semi formal, yang dimana bisa mendukung manusia untuk pengambilan tindakan dan juga keputusan.


Sistem informasi bisa dikelompokkan menjadi beberapa bagian seperti berikut ini.

1. Area Fungsional
Sistem informasi ini dimaksudkan untuk memberikan informasi pada kelompok orang pada bagian khusus di perusahaan, antara lain:

A. Sistem informasi keuangan
Sistem informasi yang dimana sering digunakan untuk bisa mendukung manajer keuangan untuk mengambil keputusan yang menyangkut masalah keuangan perusahaan tersebut serta pengalokasian dan pengendalian sumber daya keuangan dalam perusahaan.

B. Sistem Informasi SDM
Sistem informasi SDM adalah sistem informasi yang memiliki kaitan dengan pengelolaan sumber daya manusia pada perusahaan.

C. Sistem Informasi Pemasaran
Sistem informasi pemasaran adalah sistem yang mendukung keputusan yang dimana berkaitan dengan bauran pemasaran, sistem ini juga menyediakan informasi yang digunakan oleh fungsi perusahaan.

D. Sistem Informasi Manufaktur
Sistem informasi manufaktur adalah sistem yang dipakai untuk mendukung fungsi produksi, yang dimana mencakup semua kegiatan yang berkaitan dengan pengendalian dan perencanaan proses untuk memproduksi barang ataupun jasa.

E. Sistem Informasi Akuntansi
Sistem informasi ini berfungsi untuk mengubah data transaksi bisnis menjadi sebuah informasi keuangan.

2. Aktivitas Manajemen
Yang dimaksud dengan aktivitas manajemen adalah sistem informasi yang dalam bentuk suatu hirarki dari perencanaan manajemen serta aktivitas pengendalian. Berdasarkan kepada aktivitas yang didukungnya, sistem informasi ini terdiri dari berikut ini:

A. Sistem Informasi Operasional
Sistem ini berurusan dengan operasi sehari-hari, seperti halnya pencatatan jumlah kerja pegawai dan penempatan pesanan.

B. Sistem Informasi Strategis
Sistem informasi dengan tipe ini bisa mempengaruhi aktivitas bisnis pada perusahaan secara menyeluruh dan dengan begitu bisa membantu perusahaan untuk bersaing bisnis dengan perusahaan lainnya.

C. Sistem Informasi Pengetahuan
Sistem informasi pengetahuan ini didapatkan dari sebuah istilah Knowledge based expert system. Yang dimana sistem ini merupakan sistem yang memakai pengetahuan milik manusia yang telah disisipkan pada komputer untuk bisa menyelesaikan permasalahan yang membutuhkan kepakaran seorang ahli.

3. Arsitektur Sistem
Sistem informasi yang berdasarkan kepada arsitektur sistemnya terdiri dari berikut:

A. Sistem berbasis komputer pribadi
Sistem ini bisa dipakai pada komputer pribadi (PC)

B. Sistem tersebar atau sistem komputasi jaringan
Sistem ini terdiri dari beberapa kumpulan komputer otonom yang dihubungkan oleh jaringan dengan software yang dimana dirancang untuk fasilitas komputasi terintegrasi yang membuatnya tampak oleh user sebagai sistem komputer. Contohnya adalah seperti Cloud Computing.

C. Sistem berbasis mainframe
Sistem ini merupakan sistem yang menggunakan Mainframe, yang dimana pada umumnya dipakai oleh perusahaan yang tergolong besar. Seperti bank dan juga pemerintahan yang dimana bisa digunakan untuk melayani ratusan hingga ribuan user secara bersamaan.

4. Level Organisasi
Sistem informasi menurut level organisasi ini berguna untuk menjawab segala pertanyaan yang rutin untuk kepentingan mengontrol arus transaksi yang telah terjadi pada organisasi, diantaranya adalah:

A. Sistem informasi perusahaan
Sistem ini adalah sistem informasi yang terpadu dan digunakan oleh beberapa departemen dengan cara bersama-sama. Contohnya seperti sistem informasi pada perguruan tinggi.

B. Sistem informasi antar organisasi
Sistem informasi antar organisasi adalah sistem informasi yang dimana menghubungkan dua perusahaan ataupun lebih.

C. Sistem Informasi Departemen
Sistem informasi departemen adalah sistem informasi yang dimana dipakai pada sebuah departemen. Contohnya aplikasi untuk menangani para pelamar.

5. Dukungan yang tersedia
Sistem informasi jenis ini digunakan pada seluruh area fungsional dalam suatu organisasi berdasarkan kepada dukungan yang diberikan kepada pemakai diantaranya:

A. Sistem Informasi Eksekutif (Executive Information System/EIS)
Sistem informasi ini dikhususkan kepada manajer eksekutif untuk bisa mendukung perencanaan bisnis dan juga menilai perencanaan performa tersebut. Sistem ini juga sering disebut dengan sistem pendukung eksekutif yang dimana sistem ini memberikan fasilitas yang fleksibel bagi eksekutif dan juga manajer untuk mengakses informasi internal dan juga eksternal yang berguna untuk bisa mengidentifikasi ataupun mengenali peluang.

B. Sistem Pakar
Sistem informasi ini berisikan pengetahuan dari pakar sehingga bisa digunakan untuk konsultasi. Sistem informasi ini juga meng-capture dan juga menghasilkan kembali pengetahuan ahli pemecah masalah ataupun para pengambil keputusan serta juga mensimulasikan kembali pemikiran ahli tersebut.

C. Sistem Komunikasi Dan Kolaborasi Ataupun Sistem Pengendali Kelompok
Sistem ini adalah sistem yang memungkinkan komunikasi untuk bisa lebih efektif antara pekerja, pelanggan, mitra, dan juga pemasok untuk bisa meningkatkan kemampuan mereka dalam berkolaborasi.

D. Sistem Informasi Otomatisasi Kantor
Sistem ini adalah suatu sistem yang dimana memberikan fasilitas ataupun tugas-tugas pemrosesan berbagai macam informasi sehari-hari dalam organisasi bisnis ataupun perusahaan. Sistem ini juga sering disebut-sebut bisa mendukung kantor tanpa kertas. Yang artinya kertas bisa digantikan dengan cara yang serba elektronik.

E. Sistem Pemrosesan Transaksi
Sistem ini adalah sistem yang memiliki fokus utama untuk data transaksi. Sistem informasi ini sering dipakai untuk menyimpan, memproses data transaksi, menghimpun, dan juga mengendalikan keputusan yang dimana merupakan bagian dari transaksi. Contohnya seperti penjualan, pemesanan hotri, KRS, dan juga kartu absensi.

F. Sistem Informasi Manajemen
Sistem informasi ini adalah sistem yang menyediakan sebuah pelaporan yang berorientasi-kan kepada manajemen berdasarkan pemrosesan transaksi dan juga operasi organisasi. SIM juga sering disebut sebagai suatu sistem peringatan manajemen dikarenakan sistem ini sering memberikan peringatan kepada pemakai terhadap segala masalah ataupun peluang. Contohnya seperti laporan ikhtisar, laporan perbandingan, dan laporan perkecualian.

G. Sistem Pendukung Keputusan
Sistem pendukung keputusan adalah sistem yang menyediakan Pemodelan, pemanipulasian data dan juga menyediakan informasi yang dimana digunakan untuk membantu pengambilan keputusan pada suatu situasi yang semi terstruktur dan juga situasi yang tidak terstruktur yang artinya tak seorangpun tau secara pasti keputusan apa yang harus dibuat. Contohnya seperti pemilihan supplier, pemilihan siswa, dan juga pemilihan hotel.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Dan Jenis-Jenis Sistem Informasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel