Pengertian Dan Karakteristik E-Commerce

 Pengertian Dan Karakteristik E-Commerce - Mario Bd

A. Pengertian E-Commerce
E-Commerce adalah segala kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen manufaktur, pedagang perantara, dan juga service providers dengan menggunakan jaringan internet komputer. E-Commerce juga bisa didefinisikan sebagai suatu cara untuk seorang konsumen untuk bisa membeli barang secara Online.



1. Electronic Data Interchange (EDI)
Electronic Data Interchange atau biasa disebut dengan EDI adalah suatu sarana untuk mengefisienkan pertukaran data segala transaksi regular yang berulang dalam jumlah yang besar antara organisasi-organisasi tersebut.

EDI juga didefinisikan oleh International Data Exchange Association (IDEA) sebagai transfer data terstruktur dengan format standar yang dimana telah disetujui yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer lainnya melalui media elektronik. Penggunaan EDI juga terbilang sangatlah luas, pada umumnya EDI digunakan oleh suatu kelompok retail yang besar apabila melakukan bisnis dagang dengan para supplier mereka.

Keuntungan apabila menggunakan EDI adalah mengurangi biaya, mengurangi kesalahan, pengiriman faktur yang cepat, pembayaran dapat dilakukan secara elektronik, akurat, bisa mendapatkan respon dengan cepat dan juga waktu pemesanan yang singkat.

2. Internet E-Commerce
Internet E-Commerce adalah pemakaian internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk tujuan perdagangan. Kegiatan internet E-Commerce ini misalnya seperti iklan dalam penjualan jasa dan juga produk. Penggunaan internet sebagai salah satu media pemasaran dan saluran penjualan sudah terbukti mempunyai keuntungan diantaranya untuk beberapa produk tertentu lebih cocok ditawarkan dengan melalui internet.

3. Electronic Markets (EMs)
EMs adalah suatu sarana yang memakai teknologi komunikasi dan informasi untuk menyajikan atau melakukan penawaran pada sebuah segmen pasar, dengan begitu pembeli bisa membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan.

Dalam pengertian yang lainnya, Electronic Markets atau EMs adalah sebuah sistem informasi antara organisasi yang menyediakan banyak fasilitas bagi para penjual dan juga pembeli untuk saling bertukar informasi tentang produk dan juga harga yang ditawarkan. Dan keuntungan EMs bagi pelanggan adalah bisa terlihat lebih efisien dan juga nyata dalam segi waktu.


B. Karakteristik E-Commerce
Beda halnya dengan transaksi biasa lainnya, transaksi E-Commerce mempunyai beberapa karakteristik yang sangat khusus, yaitu sebagai berikut.

1. Transaksi Anonim
Pembeli dan juga penjual dalam transaksi melalui internet tidak harus bertemu satu dengan yang lainnya. Penjual juga tidak membutuhkan nama dari si pembeli tersebut sepanjang mengenai pembayarannya telah diotorisasi oleh penyedia sistem pembayaran yang ditentukan, dan biasanya menggunakan kartu kredit.

2. Produk Barang Tak Berwujud
Sebenarnya banyak perusahaan yang bergerak pada bidang E-Commerce dengan cara menawarkan barang tak berwujud seperti software, ide-ide yang dijual melalui internet, dan juga data.

3. Transaksi Tanpa Batas
Sebelum adanya internet, batas geografi menjadi sebuah penghalang suatu perusahaan ataupun individu yang ingin go-international. Dengan begitu, hanya individu atau perusahaan dengan modal besar sajalah yang bisa memasarkan produknya secara internasional yaitu dengan cara membuat website dan mengiklankan produknya secara Online 24 jam.

4. Produk Digital Dan Non Digital
Banyak produk digital seperti musik, software komputer, dan juga produk lainnya yang memiliki sifat digital bisa dipasarkan dengan melalui internet yaitu dengan cara mendownload secara elektronik. Seiring dengan perkembangannya, objek yang ditawarkan melalui internet tersebut juga meliputi banyak barang kebutuhan hidup lainnya.

Implementasi E-Commerce pada dunia industri yang dimana penerapan-nya semakin luas dan tidak hanya mengganti suasana kompetisi menjadi semakin global dan dinamis saja, namun dengan begitu membentuk suatu himpunan masyarakat tertentu yang dinamakan dengan Komunitas Bisnis Elektronik (Electronic Business Community).
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to " Pengertian Dan Karakteristik E-Commerce"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel