Pengertian, Kelompok Dan Tahapan Metode Ilmiah

Pengertian, Kelompok Dan Tahapan Metode Ilmiah - Mario Bd

A. Pengertian Metode Ilmiah
Metode Ilmiah adalah langkah-langkah teratur dan sistematis yang di pakai dalam rangka untuk mencari kebenaran dari ilmu pengetahuan. Metode ilmiah ini juga dibutuhkan dalam melakukan sebuah penelitian. Lalu, apakah memang begitu penting penelitian dilakukan ? dan kenapa harus dilakukan?


Penelitian tersebut dilakukan untuk menjawab berbagai pertanyaan dan juga rasa ingin tahu manusia kepada suatu kejadian ataupun juga gejala tertentu. Ilmu pengetahuan juga akan selalu dan terus berkembang, karena para ilmuwan tidak pernah berhenti untuk mencari tahu serta meneliti mengenai segala gejala yang akan terjadi.

B. Kelompok Penelitian Metode Ilmiah
  • Penelitian Kuantitatif, Penelitian kuantitatif adalah sebuah penelitian yang dilakukan dengan menggunakan alat ukur dan juga mengacu pada satuan pengukuran baku. Hasil data yang didapat dari penelitian ini berupa jumlah/data.
  • Penelitian Kualitatif, Penelitian Kualitatif adalah sebuah penelitian yang dilakukan dengan menggunakan alat indera tanpa perlu mengacu pada satuan pengukuran baku. Hasil data yang didapat dari penelitian ini berupa penjelasan ataupun deskripsi mengenai suatu kejadian dan keadaan.

C. Langkah-Langkah Metode Ilmiah
1. Menyusun Rumusan Masalah
Ketika ingin melakukan penelitian ataupun mencari jawaban, maka langkah awal adalah menemukan masalah. Masalah yang dimaksud tersebut bisa ditemukan dari lingkungan sekitar, baik itu benda mati ataupun mahluk hidup. Dan ketika masalah tersebut ditemukan maka selanjutnya masalah itu akan dirumuskan.

Dan berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam merumuskan masalah:
  • Masalah tersebut dapat di uji dan bisa dipecahkan.
  • Masalah tersebut bisa disusun dengan pertanyaan yang singkat, padat, dan jelas.
  • Masalah tersebut menyatakan adanya keterkaitan dengan satu variabel atau lebih.

2.  Menyusun Kerangka Kategori
Apabila sudah menemukan dan merumuskan masalah, maka langkah selanjutnya adalah mengumpulkan semua keterangan dan juga informasi, baik itu secara teori ataupun data-data fakta di lapangan, yang dimana berhubungan dengan segala permasalahan yang terjadi.

Semua keterangan atau informasi tersebut bisa diambil dari buku yang berupa teori mengenai variabel-variabel yang jadi permasalahan, jurnal penelitian penelitian, ataupun juga internet. Dan dari keterangan-keterangan informasi tersebut penjelasan sementara terhadap permasalahan yang tengah terjadi.

3. Merumuskan Hipotesis
Saat merumuskan pertanyaan, maka sebenarnya sudah terlintas berbagai jawabannya di pikiran kita, akan tetapi jawaban yang terlintas tersebut masih meragukan karena belum bisa dibuktikan dengan melakukan percobaan. Jawaban sementara itu jugalah yang disebut dengan Hipotesis.

Dan bisa disimpulkan bahwa hipotesis masih perlu untuk dicari kebenaran jawabannya. Dan dalam merumuskan Hipotesis juga haruslah memperhatikan hal sebagai berikut:
  • Sederhana dan jelas, mengandung berbagai variabel yang menjadi perhatian.
  • Didasari berbagai keterangan dan informasi yang dikaji baik dari sumber bacaan ataupun fakta.
  • Ditulis dalam pernyataan.

Hipotesis juga terbagi menjadi dua, yaitu Hipotesis Nol dan Hipotesis Alternatif. Yang dimaksud dengan Hipotesis Nol adalah jawaban sementara yang tidak ada pengaruh antar variabel-nya, sedangkan Hipotesis Alternatif adalah Hubungan sementara yang menyatakan ada hubungan antar Variabel-nya.

4. Melakukan Eksperimen
Sesudah merumuskan Hipotesis, maka langkah selanjutnya adalah membuktikan kebenaran akan Hipotesis tersebut. Maka dari itu, untuk membuktikannya perlu untuk melakukan eksperimen. Eksperimen diperlukan supaya bisa membuktikan Hipotesis tersebut benar atau tidak, Hipotesis tersebut termasuk Nol atau Alternatif.

5. Mengolah Serta Menganalisis Data
Tahapan ini adalah untuk mengolah dan juga menganalisis data yang diambil pada saat penelitian. Data tersebut dibuat secara sederhana untuk untuk melihat keterkaitan antar variabel-nya. Data tersebut juga haruslah dikelompokkan dengan berdasarkan sifat dan jenisnya.

Data tersebut bisa diolah dan disajikan dalam bentuk tabel, diagram, ataupun grafik. Sesudah itu, data dibahas dan dianalisis serta juga disesuaikan dengan kerangka teori yang dibuat untuk bisa mencari kebenaran apakah hipotesis yang telah didapat tersebut sesuai dengan data eksperimen atau tidak.

6. Menarik Kesimpulan
Setelah mengolah dan menganalisis data, maka selanjutnya adalah menarik kesimpulan dari data hasil eksperimen. Setidaknya ada dua kemungkinan kesimpulan, yaitu Hipotesis Ditolak atau Hipotesis Diterima. Hipotesis ditolak apabila hasil eksperimen tidak sesuai dengan hipotesis dan juga tidak ada kaitan antar variabel. Hipotesis Diterima apabila hasil eksperimen tersebut sesuai dengan Hipotesis baik itu variabel ataupun keterkaitan-nya.

7. Mempublikasikan Hasil
Setelah semua proses telah selesai dan Hipotesis juga telah diterima, maka selanjutnya adalah mempublikasikan hasil. Mempublikasikan hasil adalah menginformasikan kepada orang lain hasil dari eksperimen yang telah dilakukan, agar orang tersebut mengetahuinya dan bisa menguji coba kembali. Mempublikasikan hasil bisa dilakukan dengan cara menyusun laporan dari hasil penelitian, koran sekolah, atau dalam jurnal penelitian.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian, Kelompok Dan Tahapan Metode Ilmiah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel