Pengertian Laba Rugi Serta Bentuk Laporan Laba Rugi

Pengertian Laba Rugi Serta Bentuk Laporan Laba Rugi - Mario Bd

1. Pengertian Laba Rugi
Laporan Laba/rugi, yang dimaksud dengan laporan laba rugi sendiri adalah sebuah laporan yang dimana disusun dengan cara yang sistematis tentang penghasilan yang telah diperoleh dari beban-beban yang telah terjadi dalam kegiatan produksi perusahaan pada masa periode tertentu.

Laporan Laba Rugi perusahaan itu sendiri berisikan informasi mengenai dari mana asal sumber penghasilan yang telah diperoleh serta juga beban apakah yang telah menjadi tanggung jawab suatu perusahaan tersebut dalam periode yang bersangkutan.

A. Beban Tanggung Jawab Perusahaan
Beban serta tanggung jawab perusahaan sendiri dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut.

1. Beban Diluar Usaha
Yang dimaksud dengan beban diluar usaha adalah beban yang dimana tidak memiliki sangkut paut sama sekali dengan kegiatan pokok. Contohnya saja beban kerugian dan juga beban bunga yang berasal dari penjualan perusahaan kantor yang dimana sudah tidak dapat digunakan kembali.

2. Beban Usaha
Yang dimaksud dengan beban usaha adalah beban yang dimana berkaitan langsung dengan kegiatan usaha pokok atau yang dimana terjadi sehubungan dengan usaha dalam memperoleh penghasilan yang pokok. Dalam perusahaan sendiri, beban usaha terdiri dari beban usaha penjualan, beban administrasi, harga pokok penjualan, dan sebagainya.

B. Penggolongan penghasilan perusahaan
1. Golongan Dari Kegiatan Di Luar Usaha Pokok
Yang dimaksud dengan golongan dari kegiatan di luar usaha pokok adalah suatu penghasilan yang dimana berasal dari kegiatan yang bersifat sampingan atau juga terjadi sewaktu-waktu. Contohnya seperti usaha salon yang membuka usaha sewa busana untuk perkawinan.

2. Golongan Usaha Pokok
Yang dimaksud dengan golongan dari usaha pokok adalah suatu penghasilan yang dimana didapatkan dari kegiatan utama yang dilakukan oleh perusahaan itu sendiri. Contohnya seperti perusahaan perdagangan, maka kegiatan utamanya adalah untuk menjual dan juga membeli, dan dengan begitu penghasilan datang dari hasil penjualan yang telah dilakukan.

C. Bentuk Laporan Laba Rugi
Berikut adalah bentuk-bentuk bagaimana laba/rugi dapat disajikan.
1. Multistep
Dalam bentuk multistep sendiri, baik itu penghasilan ataupun beban dipisah dengan terinci, antara penghasilan dan juga beban usaha dengan penghasilan serta beban yang berasal dari luar usaha tersebut.

Contoh bentuk multistep:
Pengertian Laba Rugi Serta Bentuk Laporan Laba Rugi - www.mariobd.com

2. Single Step
Dalam bentuk singlestep sendiri, penghasilan yang berasal dari usaha dan juga yang berasal dari luar usaha disusun menjadi satu kelompok. Begitu juga dengan beban-beban yang berasal dari usaha dan dari luar usaha. Laba rugi tersebut dihitung dengan cara mengurangi total penghasilan dengan total beban.

Contoh bentuk singlestep:
Pengertian Laba Rugi Serta Bentuk Laporan Laba Rugi - www.mariobd.com

Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Laba Rugi Serta Bentuk Laporan Laba Rugi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel