Struktur Dan Komposisi Atmosfer

Struktur Dan Komposisi Atmosfer - Mario Bd

A. Pengertian Atmosfer
Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelubungi bumi. Udara yang menyusun atmosfer terdiri dari berbagai macam gas dan juga memiliki ketebalan yang lebih dari 560Km (Kilometer) dari permukaan bumi. Atmosfer juga bisa dibedakan menjadi beberapa lapisan berdasarkan dari perbedaan karakteristik seperti komposisi suhu, gas, dan juga tekanan.


B. Lapisan-Lapisan Atmosfer
1. Troposfer
Troposfer adalah lapisan yang paling bawah, dimulai dari permukaan bumi hingga ketinggian yang mencapai kira-kira 8-14Km. Suhu udara pada lapisan Troposfer juga menurun sebesar 6,4°C pada setiap kali ketinggian naik 1.000m dikarenakan panas matahari yang diterima oleh bumi lebih banyak terkumpul pada permukaan bumi.

Lapisan Troposfer juga termasuk lapisan yang tidak stabil dan paling padat. Pada lapisan ini terdapat kandungan sebagian besar awan, polusi, uap air dan debu yang dimana akan mempengaruhi perubahan cuaca. Pada lapisan Troposfer ini juga terdapat lapisan tropopause yang bertugas untuk membatasi lapisan troposfer dari lapisan yang ada diatas-nya. Suhu yang ada pada Troposfer bersifat tetap, yang artinya tidak akan berubah seiring dengan peningkatan ketinggian.

2. Stratosfer
Stratosfer adalah lapisan yang terletak tepat diatas troposfer, hingga dengan ketinggian kurang lebih 50Km. Tepat pada lapisan ini juga, terjadi peningkatan suhu secara konstan yang disebabkan oleh lapisan Ozon yang berfungsi untuk radiasi ultraviolet (UV) dari matahari.

Lapisan ini jugalah yang melindungi seluruh manusia serta seluruh dari isi bumi dari bahayanya radiasi sinar ultraviolet. Udara pada lapisan Stratosfer ini juga terbilang kering apabila dibandingkan dengan lapisan troposfer. Sama seperti Troposfer, Stratosfer juga memiliki lapisan yang dengan suhu yang konstan/tetap yang disebut dengan stratopause. Fungsi dari stratopause adalah untuk membatasi lapisan stratosfer dari lapisan yang ada diatas-nya.

3. Mesosfer
Mesosfer adalah lapisan yang terletak tepat diatas lapisan stratosfer. Hingga dengan ketinggian kurang lebih 85Km. Pada lapisan ini tidak terdapat sama sekali debu, uap air, awa, ataupun juga ozon yang bisa menyerap radiasi dari sinar matahari sehingga suhu udara menurun drastis.

Suhu yang terdapat pada lapisan ini juga adalah suhu atmosfer yang paling rendah, bisa mencapai hingga -90°C. Serta hembusan angin pada lapisan ini bisa mencapai 3.000Km/Jam. Pada Mesosfer juga terdapat lapisan mesopause yang berfungsi untuk bisa membatasi mesosfer dengan lapisan yang ada diatas-nya.

4. Termosfer
Termosfer adalah lapisan yang terletak tepat diatas mesosfer, hingga dengan ketinggian kurang lebih 500Km. Suhu pada lapisan ini bisa meningkat dengan cepat mengikuti dengan pertambahan ketinggian, yang dimana bisa mencapai hingga 1.500°C. hal itu dikarenakan jumlah oksigen atomik yang meningkat pada lapisan ini dan menyerap radiasi ultraviolet dari matahari.

C. Komposisi Atmosfer
Seluruh gas yang terdapat pada atmosfer utama tersusun dari nitrogen (78,09%) dan juga oksigen (20,95%). serta sebagian besar oksigen yang terdapat pada atmosfer dihasilkan dari tumbuhan. Oleh karena itu, penebangan/deforestasi hutan bisa menyebabkan kada oksigen yang terdapat pada Atmosfer bisa menjadi berkurang.


Pada atmosfer juga terdapat gas lain dengan jumlah yang tidak banyak, gas tersebut diantaranya karbon dioksida 0,03%, argon 0,93%, uap air 0,20-4,0%, dan juga ozon 0,00006%. bukan hanya itu saja, pada atmosfer juga terdapat artikel debu yang terbawa oleh gas-gas polutan dan udara yang dihasilkan dari asap kendaraan dan juga industri seperti nitrogen dioksida dan sulfur dioksida.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Struktur Dan Komposisi Atmosfer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel