Karakteristik Dan Penyebab Kegagalan Kewirausahaan

Penjelasan dan pengertian versi mario bd

A. Karakteristik Wirausaha
Karakteristik kewirausahaan mempunyai perbedaan yang mendasar dibandingkan dengan karakteristik orang pada umumnya. Seorang wirausaha harus mempunyai keberanian untuk mengambil resiko yang telah diperhitungkan. Seorang wirausaha juga tidak boleh gampang menyerah, melainkan harus selalu membuat inovasi untuk meraih kesuksesan dalam persaingan yang ketat.


Kegiatan bisnis harus juga mempertimbangkan lingkungan sekitar. Perkembangan lingkungan bisnis berlangsung dengan sangat dinamis. Terdapat ketidakpastian yang sama sekali tidak bisa untuk dihilangkan dalam suatu bisnis meskipun para ilmuwan telah mengembangkan berbagai metode peramalan bisnis, akan tetapi apa yang akan terjadi esok tetaplah menjadi sebuah misteri.

Dalam dunia usaha, seorang wirausaha diminta untuk bisa mengantisipasi perkembangan lingkungan makro yang bisa memengaruhi bisnisnya, baik ekonomi, hukum, politik, teknologi, maupun sosial budaya. Bukan hanya itu saja, seorang wirausaha juga penting untuk mengantisipasi perkembangan lingkungan makro, yang diantaranya meliputi:

  • Konsumen
  • Penyuplai
  • Kompetitor

Akan tetapi bagi seorang wirausaha perkembangan lingkungan yang dinamis dipandang sebagai suatu tantangan yang alamiah.

Seorang wirausaha juga biasanya mempunyai kepercayaan diri yang mandiri, kuat, tekun, pekerja keras, kebutuhan untuk berprestasi relatif tinggi, proaktif serta pekerja keras. Seorang wirausaha juga diketahui sebagai seorang yang kreatif, mempunyai fleksibilitas yang tinggi, dan inovatif.

Berikut adalah delapan karakteristik kewirausahaan menurut Scarborough dan Zimmerer:

  • High level of energy, memiliki semangat yang tinggi dan tipe pekerja keras.
  • Future orientation, berorientasi pada masa depan yang akan datang.
  • Skill at organizing, memiliki kemampuan dalam mengorganisasikan sumber daya.
  • Value of achievement over money,dimana lebih menghargai prestasi daripada yang bernilai uang.
  • Desire of responsibility, memiliki rasa tanggung jawab.
  • Preference for moderate risk, lebih memilih sebuah resiko yang bersifat moderat.
  • Confidence in their ability to success, memiliki kepercayaan diri untuk bisa meraih kesuksesan.
  • Desire for immediate feedback, bersedia dan juga memiliki kemauan untuk mendapatkan umpan balik.

B. Penyebab Kegagalan Wirausaha
Tentu banyak orang yang berhasil dalam berwirausaha, akan tetapi banyak juga yang mengalami kegagalan. Untuk salah satu acuan, berikut adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadi kegagalan dalam berwirausaha menurut pendapat dari Machfoedz, M dan M. Macfoedz.

  • Perencanaan keuangan. Dalam perencanaan keuangan seorang wirausaha menganggap bahwa modal bukan merupakan salah satu faktor penting dalam usaha. Itu tidak sepenuhnya salah, modal memang bukan segala-galanya, akan tetapi sumber daya kapital merupakan “darah” dalam suatu bisnis sehingga modal penting untuk bisa dikelola dengan baik.
  • Pengendalian Usaha. Dalam hal ini pelaku wirausaha yang gagal kurang mampu untuk bisa melakukan pengendalian usaha dengan lebih optimal.
  • Manajemen Piutang. Merupakan pemakaian aliran kas secara tidak tepat dikarenakan kurangnya perhatian terhadap piutang sehingga modal wirausahawan tersebut habis dikarenakan banyak pembeli yang berutang, dan lebih parahnya lagi apabila utang tersebut tidak tertagih.
  • Pengalaman Manajemen. Dalam hal ini seorang wirausaha tidak mempunyai cukup pengalaman dan juga pemahaman tentang prinsip dari manajemen.
  • Lokasi. Dalam hal ini lokasi yang digunakan bukanlah lokasi yang tepat. Lokasi tersebut perlu untuk dipilih dengan cara mempertimbangkan berbagai faktor, diantaranya: keamanan, akses suplai bahan baku, kedekatan dengan target pasar, ketersediaan tenaga kerja yang dibutuhkan, dan sebagainya.
  • Boros. Seorang wirausaha terlalu boros dalam membuka usaha dengan mengeluarkan dan yang seharusnya bisa ditangguhkan, dikendalikan, dan ditunda.
  • Pengembangan yang berlebihan. Dalam melakukan pengembangan terhadap usaha yang dijalani, sebaik melakukan pertimbangan dan juga persiapan yang sudah matang. Pertumbuhan usaha tersebut sebaiknya sama dengan pertumbuhan pasar dan prospek pasar.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Karakteristik Dan Penyebab Kegagalan Kewirausahaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel