Definisi Kewirausahaan Dan Latar Belakang Wirausaha

Apa itu kewirausahaan, menurut mario bd

Pada saat sekarang kewirausahaan menjadi suatu topik pembahasan yang sangat hangat dalam pengembangan ilmu manajemen. Kewirausahaan atau yang biasa juga disebut dengan entrepreneurship adalah akar kata dari entrepreneur (wirausaha). berikut adalah penjelasan dari Wirausaha dan Latar belakang dari wirausaha.


A. Definisi Kewirausahaan
Secara umum terdapat 2 kelompok pandangan terhadap pengertian kewirausahaan, yaitu ada yang memandang kewirausahaan sebagai suatu proses, dan ada juga yang memandang kewirausahaan sebagai suatu kemampuan. Hisrich, R.D dan M.P Peters pada tahun 1998 mendefinisikan bahwa kewirausahaan sebagai proses penciptaan sesuatu yang baru melalui perhitungan akan resiko dan keuntungan.

Kewirausahaan merupakan sebuah proses dinamis yang mengkreasikan ataupun mengupayakan penambahan kesejahteraan atau kekayaan. Lain halnya dengan Drucker pada tahun 1959 dalam Suryana 2006 menyatakan bahwa inti dari kewirausahaan adalah sebuah kemampuan untuk bisa menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dengan melalui kemampuan dan permikiran kreatif serta tindakan inovatif demi terciptanya sebuah peluang.

Tentu dalam kehidupan sehari-hari, banyak yang menafsirkan bahwa kewirausahaan identik dengan apa yang telah dilakukan oleh pelaku bisnis atau wirausahawan. Pandangan tersebut juga tidaklah sepenuhnya tepat karena pola pikir kewirausahaan yang inovatif, kreatif dan berani dalam mengambil resiko juga dijumpai pada berbagai profesi lainnya seperti guru, pimpinan proyek, mahasiswa/i, petani, dan sebagainya.

Dan sudah pasti bahwa kewirausahaan perlu untuk dimiliki oleh sosok pemimpin agar bisa mengarahkan dan mengelola suatu dinamika tim menuju perbaikan. Orang yang melakukan suatu kegiatan kewirausahaan sering juga disebu sebagai entrepreneur atau wirausahawan.

Akan tetapi, perkembangan wirausaha sangat luas sehingga seorang wirausaha didefinisikan sebagai inovator yang mampu memanfaatkan dan juga mengubah kesempatan menjadi ide yang bisa dipasarkan atau dijual, memberikan nilai tambah dengan cara memanfaatkan waktu, upaya, biaya, ataupun kecakapan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan.

B. Latar belakang Wirausaha
Terdapat beberapa kajian mengenai latar belakang seorang wirausaha. Aspek yang dikaji antara lain meliputi pendidikan, lingkungan keluarga, nilai personal, latar belakang pekerjaan, dan umur.

1. Pendidikan
Walaupun sebagian wirausaha mengalami drop out dari sekolah, seperti halnya Bill Gates, Andrew Carnegie, dan Henry Ford, akan tetapi dalam beberapa kajian mampu membuktikan bahwa tingkat pendidikan tetap menjadi sebuah faktor yang penting yang memengaruhi bertumbuhnya manusia.

2. Lingkungan Keluarga
Walaupun hasil dari beberapa studi relatif bervariasi, tetapi terdapat kesamaan mengenai hubungan wirausaha dengan tipe dari orang tua pada masa kecil. Orang tua para wirausaha cenderung lebih mendukung dan mendorong sifat kemandirian, penanaman rasa tanggung jawab kepada anaknya, dan mengejar prestasi.

3. Nilai Personal
Dalam beberapa kajian yang dilakukan, nilai personal dari seorang wirausaha juga dipunyai oleh manajer maupun jenis pimpinan lainnya, seperti nilai perhatian pada kualitas produk (produk dan juga pelayanan kepada konsumen), kejujuran, etika, kreativitas, dan Fleksibilitas dalam berbisnis.

4. Latar Belakang Pekerjaan
Sebagian banyak wirausaha terjun kedalam dunia bisnis dikarenakan ketidakpuasan dalam bekerja, misalnya saja dikarenakan bosan, kurang tertantang dalam bekerja, atau karena ketidakpuasan dalam bekerja. Akan tetapi ada juga yang terjun kebisnis wirausaha dikarenakan karier dalam pekerjaan sebelumnya telah sukses.

Mereka memperhatikan bahwa peluang berdasarkan pengalaman dalam bekerja, baik itu dipabrik, agen distributor, lembaga keuangan ataupun sebagai tenaga pemasar.

5. Umur
Pada Hisrich, R.D dan Peters M.P pada tahun 1998 dikemukakan bahwa sebagian besar wirausaha memulai karier mereka dalam berbisnis sebagai seorang wirausaha saat usia mereka mulai memasuki antara 22 hingga 45 tahun.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Definisi Kewirausahaan Dan Latar Belakang Wirausaha"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel