Modal, Pendidikan, Dan Multidisiplin Ilmu Kewirausahaan

Penjelasan sederhana, padat, dan jelas

A. Modal Kewirausahaan
Modal untuk kewirausahaan tidaklah harus selalu berupa uang, maupun sebuah barang, tetapi juga bisa berupa yang tidak berwujud, diantaranya adalah modal sosial, modal moral, modal mental, dan juga modal intelektual. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing modal yang tidak berwujud tersebut.


1. Modal Mental

  • Pantang menyerah
  • Berani mengambil resiko dengan pertimbangan yang matang
  • Menyukai tantangan
  • Dan sebagainya..

2. Modal Material

  • Uang
  • Barang

3. Modal Intelektual

  • Kemampuan
  • Keterampilan
  • Pengetahuan

4. Modal Sosial dan Moral

  • Menghormati orang lain
  • Kejujuran
  • Bertanggung jawab
  • Integritas
  • Menepati janji
  • Citra diri yang baik

B. Pendidikan Kewirausahaan
Pada sebuah paradigma lama, kemampuan dalam kewirausahaan dianggap hanya bisa dilakukan dengan melalui pengalaman langsung dilapangan dan juga merupakan bakat yang telah dibawah mulai sejak lahir. Dengan begitu, muncullah pandangan yang mengatakan bahwa kewirausahaan tidak bisa dipelajari dan diajarkan.

Akan tetapi, dengan perkembangan pada saat ini, kewirausahaan dinilai bisa untuk di ajarkan dan juga di pelajari. Mempelajari ilmu kewirausahaan sebaiknya dilakukan dengan cara mengkombinasikan proses belajar praktik dan keilmuan. Sebaiknya juga menanamkan jiwa kewirausahaan yang sudah dimulai sejak kecil.

Dan pada saat ini, sudah muncul berbagai lembaga pendidikan yang memakai pendekatan kombinasi antara simulasi, diskusi, dan pemberian motivasi.

Kewirausahaan sebenarnya sudah diperkenalkan dibeberapa bagian negara pada awal abad ke-20, contohnya saja di Belanda yang dikenal juga dengan istilah Ondernemef. Dan di Jerman dikenal dengan istilah unternehmer. Pendidikan kewirausahaan juga sudah mulai dirintis di Eropa, Kanada, dan Amerika sekiranya pada tahun 1950-an.

Dan pada tahun 1970-an, sudah banyak universitas di Eropa, Kanada, dan Amerika yang mulai mengajarkan ilmu kewirausahaan, manajemen kecil, atau manajemen usaha kecil. Setelah semakin banyak perkembangan, pada tahun 1980-an hampir sebanyak 500 sekolah yang ada di Amerika memberikan pendidikan kewirausahaan.

C. Multidisiplin Ilmu Kewirausahaan
Kewirausahaan yang biasanya dikaitkan dengan bisnis akan berhubungan dengan berbagai macam bidang keilmuan. Sebagai contohnya saja, kewirausahaan pada bagian bidang properti akan terkait langsung dengan ilmu teknik sipil, manajemen, desain interior, teknik arsitek, ekonomi, dan sebagainya.

Bukan hanya itu saja, pandangan bidang keilmuan terhadap kewirausahaan juga tentunya bervariasi. Jika dipandang dari sisi ekonomi , wirausaha adalah orang yang mengkombinasikan berbagai macam faktor produksi seperti sumber daya manusia (tenaga kerja), sumber daya alam (SDA), peralatan, dan material lainnya yang berguna untuk meningkatkan nlai yang lebih tinggi daripada sebelumnya, baik itu untuk memproduksi barang ataupun jasa.

Dari sisi manajemen, wirausaha adalah seseorang yang mempunyai kemampuan untuk mengombinasikan dan menggunakan sumber daya seperti bahan baku, keuangan, keterampilan, dan SDM untuk bisa menghasilkan proses, produksi, organisasi usaha baru dan bisnis. Dengan begitu, wirausaha merupakan orang yang memiliki kombinasi dari unsur-unsur internal dan juga memberdayakan unsur eksternal untuk bisa mencapai tujuannya.

Yang dimaksud dengan unsur internal adalah komunikasi, visi, semangat, kemampuan memanfaatkan peluang usaha, motivasi, dan optimisme. Sedangkan yang dimaksud dengan unsur eksternal adalah sumber daya alam, sumber daya manusia, teknologi, dan juga kapital.

Dan yang terakhir adalah dari sisi psikologi, Wirausaha adalah orang yang memiliki sebuah dorongan kekuatan dari dalam dirinya untuk bisa memperoleh suatu tujuan serta suka bereksperimen untuk bisa menampilkan kebebasan darinya di luar kekuasaan orang lain. Dengan begitu, seorang wirausaha akan cenderung bersifat independen dan juga bertipe locus of internal, yaitu berfokus kepada dirinya sendiri.

Dan yang merupakan kebalikan dari locus of internal adalah locus of external, dimana seseorang yang memiliki tipe ini akan cenderung melihat kegagalan dan juga keberhasilan bersumber dari pihak eksternal.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Modal, Pendidikan, Dan Multidisiplin Ilmu Kewirausahaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel