Organisasi, Tantangan Manajemen, Serta Proses Manajemen

Organisasi, Tantangan Manajemen, Serta Proses Manajemen

A. Organisasi
Organisasi adalah sekumpulan orang yang yang bekerja sama secara terstruktur untuk mencapai sebuah tujuan. Pekerjaan terstruktur yang dimaksud antara lain seperti struktur organisasi, pembagian tugas kerja, maupun anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART).


Tujuan merupakan sebuah aspek fundamental dalam organisasi, baik itu organisasi non-formal maupun formal. Organisasi bisa dilihat seperti klub olahraga, perkumpulan teater, unit kegiatan mahasiswa, perkumpulan lingkungan rumah tangga, lembaga swadaya masyarakat, serta organisasi militer dan politik bisnis.

B. Tantangan Manajemen
Seperti yang kita lihat dan alami pada saat ini, peradaban semakin maju dan semakin ketat persaingan nya, tantangan yang dihadapi oleh para pengelola organisasi akan menjadi semakin kompleks. Hal itu disebabkan oleh perkembangan teknologi informasi yang pada saat ini menjadi semakin cepat.

Komunikasi antar belahan dunia bisa dilakukan hanya dalam hitungan detik saja, dan tentunya akan semakin menghemat. Penggunaan telepon genggam, satelit, dan juga internet sangat banyak mengubah gaya hidup, karakteristik bisnis, dan juga transfer informasi.

Pada saat ini bisnis virtual juga sudah sangat berkembang dengan pesat . perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat inilah yang perlu untuk mendapatkan perhatian dari para pelaku usaha, tentunya yang utama yaitu pelaku bisnis dalam skala internasional.

Kompetisi dan juga globalisasi ekonomi juga harus bisa diantisipasi oleh para pelaku bisnis. Para pelaku bisnis cenderung semakin bertambah jumlahnya dan inovasipun terus berkembang sehingga tingkat kompetisi menjadi semakin ketat. Serta lajunya globalisasi juga sulit untuk bisa dibendung, salah satunya globalisasi ekonomi.

Dampak dari globalisasi ekonomi adalah semakin tingginya volume perdagangan internasional, dan dengan begitu masing-masing pelaku bisnis dituntut untuk bisa memiliki daya saing yang tinggi apabila mereka menginginkan bisnis mereka bisa bertahan dan tumbuh.

Pada era globalisasi, dunia seperti mengecil dan mengerut dikarenakan perkembangan dari teknologi komunikasi. Serta batas antara negara satu dengan yang lainnya seperti sudah memudar (borderless) yang membuat tingkat persaingan bisnis antar negara menjadi semakin tinggi.

Tuntutan atas pencabutan hambatan perdagangan nasional, larangan dumping, penghapusan proteksi, standarisasi mutu, dan yang lainnya semakin menuntut para pelaku bisnis untuk bisa memperbaiki kinerja apabila ingin bertahan dan memenangkan persaingan. Dan dengan begitu diperlukanlah sebuah visi.

Visi adalah sebuah pandangan jauh kedepan mengenai akan dibawah kemanakan atau akan dikembangkan menjadi apa bisnis yang tengah dikelola tersebut. Tanpa adanya sebuah visi yang baik, maka pebisnis dalam skala global akan kehilangan orientasi bisnis dan terlindas oleh para pesaing.

Bukan hanya itu juga, setiap pelaku bisnis jugalah harus menyadari bahwa sebuah organisasi bisnis yang sedang dipimpinnya merupakan sebuah bagian dari suatu ekosistem sosial, sehingga organisasi tersebut perlu memiliki tanggung jawab sosial. Dan juga pola pikir masyarakat juga menjadi semakin berkembang dengan meningkatnya taraf pendidikan dan mudahnya dalam mengakses informasi.

Berbagai macam masalah etika bisnis diantaranya adalah yang menyangkut masalah tata kelola perusahaan dalam menangani limbah, ketenagakerjaan, maupun hubungan industri dengan stakeholder. Perlu untuk diketahui bahwa budaya barat dan budaya timur sehingga para pelaku bisnis pada tingkat global harus bisa menempatkan dirinya dengan baik.

C. Proses Manajemen
Yang dimaksud dengan proses manajemen adalah sebuah metode atau cara sistematis dalam melakukan atau dalam menangani suatu kegiatan. Terdapat beberapa versi dalam proses manajemen, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Louis A Allen: Leading, Planning, Organizing, Controlling.
  • John Robert Beishline: Planning, Organizing, Commanding, Controlling.
  • Luther Gullich: Planning, Organizing, Staffing, Directing, Planning, Coordinating, Reporting, Budgeting.
  • Koontz Dan O’Donnel: Organizing, Staffing, Directing, Planning, Controlling.
  • William H. Newman: Planning, Organizing, Assembling Resources, Directing, Controlling.
  • George R Terry: Planning, Organizing, Actuating, Controlling.
  • Henry Fayol: Planning, Organizing, Commanding, Coordinating, Controlling.
  • Samuel C Certo: Planning, Influencing, Organizing, Controlling.
  • Rikcy W Griffin: Planning And Decision Making, Organizing, Leading, Controlling.

Berbagai proses dalam manajemen memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lainnya. Dan bahkan, merupakan sebuah siklus. Dengan sederhananya, proses manajemen bisa dibagi menjadi 3 tahap, yaitu perencanaan, implementasi, dan juga evaluasi.

Perencanaan merupakan sebuah proses penetapan sasaran organisasi beserta cara untuk bisa mencapai sasaran tersebut. Sedangkan dalam tahap implementasi semua hal yang telah direncanakan sebelumnya akan dilaksanakan. Dan tidak menutup kemungkinan juga akan terjadinya revisi ataupun perubahan rencana sesuai dengan kebutuhan dilapangan. Dan yang terakhir adalah evaluasi, evaluasi merupakan sebuah proses membandingkan antara kinerja yang telah dilakukan dengan harapan ataupun sasaran yang ingin diraih. Dan apabila hasilnya ternyata tidak sesuai dengan harapan maka diperlukannya untuk melakukan korektif agar hasilnya bisa memuaskan.

Apabila siklus proses manajemen berjalan dengan optimal, maka proses perbaikan yang berkesinambungan diharapkan bisa terjadi. Bukan hanya itu saja, ada juga istilah yang dikenal dengan PDCA yang dimana populer untuk menggambarkan proses manajemen, yaitu Plan, Do, Check, Action.

Sesuai dengan PDCA maka pertama dibuat dahulu perencanaan, lalu perencanaan tersebut diimplementasikan pada fase Do, selanjutnya implementasi tersebut akan dimonitor dan juga dievaluasi pada fase Check, dan dilakukannya tindakan perbaikan atau korektif apabila diperlukan pada fase Action, lalu kembali lagi pada fase Plan, dan begitu seterusnya.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Organisasi, Tantangan Manajemen, Serta Proses Manajemen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel