Apa Itu Pemangku Kepentingan Internal Dan Eksternal

pengertian, contoh dan penjelasan lengkap

Dengan kita sadari atau tidak, masyarakat dalam sehari-harinya sangatlah dekat dengan organisasi. Pada lingkungan rumah terdapat organisasi Rukun Tetangga (RT), Kelurahan, Rukun Warga (RW), dan masih banyak lagi. Dan contohnya pada sekolah ada Organisasi Siswa Intra sekolah (OSIS).


Pada perguruan tinggi juga terdapat organisasi yaitu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). dan pada prinsipnya, organisasi adalah dua atau lebih orang yang bekerja sama untuk bisa mencapai suatu tujuan tertentu. Terdapat beberapa jenis organisasi dengan berdasarkan tujuannya. Diantaranya adalah yayasan, partai politik, organisasi profesi, perusahaan, dan sebagainya.

Organisasi juga memerlukan sebuah pertimbangan dari lingkungan sekitarnya apabila ingin bisa bertahan dan juga berkembang.

Pemangku Kepentingan
Lingkungan organisasi sendiri terdiri dari beberapa elemen, diantaranya adalah konsumen, pesaing/kompetitor, pers, dan masih banyak lagi. Dan menurut pandangan Stoner J.A., R.E. Freeman dan D.R Gilbert Jr., pada tahun 1995, lingkungan eksternal dari organisasi adalah beberapa elemen di luar organisasi yang relevan dengan kegiatan operasional organisasi.

Pada prinsipnya juga lingkungan eksternal organisasi terdiri dari dua jenis, yaitu:

A. direct-action environment (lingkungan langsung)
Merupakan elemen dari lingkungan eksternal suatu organisasi yang mempunyai pengaruh secara langsung terhadap aktivitas dari organisasi.

Elemen ini juga sering sekali disebut sebagai stakeholders (pihak-pihak yang berkepentingan). stakeholder adalah individu atau sekelompok orang yang berpengaruh baik itu secara langsung ataupun tidak langsung pada pencapaian tujuan dari organisasi.

Tidak sampai disitu saja, stakeholder juga dibedakan menjadi dua, yaitu internal stakeholders dan external stakeholders. External stakeholders merupakan individu atau kelompok yang bukan menjadi anggota organisasi, akan tetapi memengaruhi aktivitas dari organisasi. Dan internal stakeholders merupakan kelompok ataupun individu yang tidak secara tegas menjadi bagian dari lingkungan suatu organisasi karena sebenarnya internal stakeholders adalah anggota dari organisasi itu sendiri, yang dimana para manajer mempunyai tanggung jawab atas kepentingan mereka.

Internal Stakeholders (pemangku kepentingan internal) diantaranya terdiri dari employees yaitu karyawan atau pekerja, shareholders yaitu pemegang saham, Boards Of Directors (BOD) ataupun dewan direksi serta dewan komisaris atau Board of Commisioners (BOC).

Para manajer haruslah bertanggung jawab kepada BOD, selanjutnya BOD akan bertanggung jawab kepada pemegang saham. Para manajer juga bertanggung jawab mengelola kinerja dari karyawan untuk kemajuan perusahaan itu sendiri, dan dimana selanjutnya kemajuan perusahaan akan memberikan dampak pada kesejahteraan karyawan.

External Stakeholders (pemangku kepentingan eksternal) diantaranya adalah costumers atau konsumen, competitors atau pesaing, suppliers atau penyuplai, special-interest group atau kelompok kepentingan, , labor unions atau serikat pekerja, government atau pemerintah, financial institutions atau institusi keuangan dan, media atau pers.

B. indirect-action environment (lingkungan tidak langsung)
Merupakan elemen dari lingkungan eksternal suatu organisasi yang memengaruhi iklim aktivitas dari organisasi, akan tetapi tidak memiliki pengaruh pada organisasi secara langsung, contohnya seperti politik.

Terlihat berbeda dengan klasifikasi yang dilakukan oleh Stoner J.A., R.E Freeman dan D.R Gilbert Jr., yang dimana Schermerhorn, J.R. pada tahun 1996 mengklasifikasikan sebuah lingkungan menjadi 2 kelompok, yaitu general environment (lingkungan general) dan juga specific environment (lingkungan spesifik).

Lingkungan general merupakan suatu kondisi lingkungan eksternal yang bisa memengaruhi operasi dari organisasi, misalnya: sosial-budaya, ekonomi, sumber daya alam, teknologi, dan hukum-politik. Lain halnya dengan lingkungan spesifik yang merupakan organisasi yang berinteraksi dengan organisasi tersebut dan mempunyai pengaruh terhadap kelangsungan hidup dan juga kemajuan dari organisasi, diantaranya adalah: kompetitor, penyuplai, regulator atau pemerintah, dan juga konsumen.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Itu Pemangku Kepentingan Internal Dan Eksternal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel