Pimpinan Serta Kompetensi Level Manajerial

Penjelasan beserta pengertian menurut para ahli

Pelaku dalam manajemen adalah seorang “Manajer” yang dalam arti luasnya, Manajer adalah setiap pimpinan dalam suatu organisasi, antara lain supervisor, mandor, direktur, maupun manajer. Manajer adalah pihak yang memiliki tanggung jawab untuk mengarahkan berbagai upaya untuk dapat membantu organisasi mencapai tujuannya.


Sedangkan kompetensi adalah keterampilan, pengetahuan, dan juga perilaku konsisten yang ditunjukkan seseorang dengan hasil kinerja yang sangat memuaskan. Kompetensi ini digolongkan ke dalam dua jenis, yaitu technical competencies (kompetensi teknis) serta generic competencies (kompetensi umum atau generik).

1. Technical Competencies
Kompetensi teknik atau technical competencies adalah kemampuan teknis yang spesifik sesuai dengan pekerjaan (hard competencies) contohnya seperti keterampilan dalam mendesain gambar, mengetik, dan sebagainya.

2. Generic Competencies
Sedangkan yang dimaksud dengan kompetensi umum atau generic competencies adalah kemampuan secara umum yang diperlukan oleh berbagai macam jenis pekerjaan (soft competencies), contohnya seperti kemampuan dalam analitis, kemampuan kepemimpinan, kemampuan antarpribadi, dan juga fleksibilitas.

Kemampuan manajerial merupakan sebuah kemampuan pengelolaan organisasi, diantaranya manajemen operasi, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, manajemen strategis, manajemen pemasaran, dan sebagainya. Dalam dunia pekerjaan sudah pasti akan terjadi sebuah persaingan diantara pekerjanya.

Dan apabila jabatan yang dimiliki semakin tinggi, maka akan semakin tinggi pula tingkat dalam persaingan-nya. Semakin tinggi jabatan juga cenderung akan semakin tinggi tuntutannya yang terkait dengan kemampuan kepemimpinan (leadership skill) dan juga kemampuan manajerial (managerial skill), serta pekerjaan yang bersifat teknis akan semakin berkurang.

Begitu juga berlaku dengan jabatan yang berada pada level bawah, karyawan akan semakin banyak dituntut dalam kemampuan teknis nya dibandingkan dengan kemampuan manajerial dan kemampuan kepemimpinan.

Berikut adalah 3 jenis keterampilan yang diperlukan dan juga harus dimiliki oleh seorang manajer menurut schermerhorn, J.R. (1996) :

  • Human Skill (kemampuan antarpribadi) merupakan kemampuan yang dibutuhkan untuk bekerja sama, memotivasi, dan juga memahami orang lain, baik itu secara kelompok maupun individu.
  • Technical Skill (kemampuan teknik) merupakan sebuah kemampuan yang dibutuhkan untuk mengaplikasikan pengetahuan serta pengalaman yang memiliki sifat spesialis ataupun teknis.
  • Conceptual Skill (Kemampuan Konseptual) merupakan sebuah kemampuan untuk menganalisis dan juga mendiagnosis permasalahan yang bersifat kompleks. Hal ini meliputi diantaranya proses identifikasi masalah mengevaluasi, mengembangkan alternatif solusi, dan juga memilih solusi terbaik.

Berdasarkan kepada prinsipnya, ketiga jenis skill tersebut sangatlah dibutuhkan oleh setiap manajer, akan tetapi proporsi antar-level manajer, biasanya berbeda . apabila semakin tinggi level manajer maka akan semakin dibutuhkan sebuah conceptual skill (kemampuan konseptual).

Dengan berdasarkan tingkatannya, manajer ataupun pimpinan dalam organisasi bisa diklasifikasikan ke dalam tiga jenis manajer, yaitu diantaranya:

1. Top Manager (manajer level atas)
Top manajer adalah manajer yang memiliki tanggung jawab terhadap kinerja manajemen secara keseluruhannya. Dan Top Manajer ini juga sering disebut dengan eksekutif.

2. Middle Manajer (manajer level menengah)
Middle Manajer adalah para manajer yang level nya berada pada posisi tengah dalam hierarki suatu perusahaan/organisasi. Middle Manajer memiliki tanggung jawab untuk mensupervisi manajer pada level di bawahnya dan juga bertanggung jawab kepada manajer yang lebih senior. Contoh dari posisi middle manajer adalah manajer pabrik, manajer pemasaran, manajer keuangan, dan manajer SDM.

3. First Line Managers (para manajer pada level bawah)
Lower manajer atau first line managers adalah beberapa manajer yang bertanggung jawab terhadap operasional kegiatan karyawan dan tidak mensupervisi manajer lainnya. First Line Managers adalah level manajerial pada posisi terendah. Contoh dari first line manager ini adalah seperti supervisor, mandor, dan sebagainya.
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pimpinan Serta Kompetensi Level Manajerial"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel