Apa Itu Total Quality Management Dan Pengontrolan Kualitas

Penjelasan singkat versi mario bd

1. Total Quality Management (TQM)
Total Quality Management atau juga lebih dikenal dengan Quality Assurance (QA) merupakan sekumpulan kegiatan untuk bisa mencapai kualitas suatu produk. TQM juga merupakan upaya untuk memenuhi kualitas dengan pendekatan totalitas, yaitu dari beberapa aspek dari awal sampai dengan akhir.

Sama seperti pendekatan manajemen pada umumnya, TQM juga melingkupi sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan serta pengontrolan. Perencanaan kualitas dilakukan saat sebelum produk tersebut didesain atau juga di redesain. Melibatkan konsumen dengan tahap awal perencanaan kualitas dibutuhkan untuk bisa mengetahui harapan dari konsumen.

Kualitas diantaranya meliputi performance quality, yaitu karakteristik performa atau merupakan sebuah kinerja dari produk yang ditawarkan kepada konsumen ataupun juga quality reliability, yaitu sebuah konsistensi kualitas produk dari sebuah unit ke unit lainnya.

Dalam sebuah pengorganisasian kualitas sangat diperlukan dukungan yang berasal dari berbagai bidang fungsional yang terkait. Kualitas bukan menjadi salah satu tugas dari departemen atau bagian quality control, akan tetapi semua bagian, yaitu mulai dari pembelian bahan baku, penyimpanan bahan baku, laboratorium, produksi, pengemasan, penyimpanan produk yang sudah jadi, teknisi hingga pemasaran.

Sedangkan pada pengarahan kualitas, terkait dengan hal upaya manajemen dan komitmen dalam pencapaian sebuah kualitas. Para pimpinan perusahaan juga perlu untuk senantiasa untuk memotivasi para karyawan untuk mencapai sebuah pencapaian akan kualitas.

Perusahaan juga bisa melakukan sistem reward ang punishment untuk bisa mendorong budaya kualitas baik dari perusahaan dan karyawan. Bukan hanya itu saja, pengontrolan dari kualitas merupakan sebuah bagian penting dari TQM. Melalui sebuah pengontrolan, manajemen bisa mendeteksi sebuah penyimpangan atau kesalahan dan juga mengambil tindakan korektif secepat mungkin.

Value-Added Analysis merupakan sebuah alat manajemen yang dipakai untuk penerapan TQM. Pada Value-Added Analysis, seluruh pekerjaan, aliran material, dan juga paperwork dievaluasi untuk melihat bagaimana kontribusi nilai tambahnya untuk konsumen. Dengan memakai pendekatan Value-Added Analysis maka berbagai macam aktivitas yang tidak memberikan sebuah nilai tambah pada konsumen akan ditiadakan.

2. Pengontrolan Kualitas
Kualitas suatu produk sangatlah penting untuk dikontrol untuk bisa memastikan proses dari produksi dan hasilnya tersebut berada pada suatu standar yang diharapkan. Pada pengontrolan kualitas sangatlah sering sekali ditetapkan batas toleransi kesalahan, walaupun pada filosofi TQM lebih mengarah kepada Zero Defect.

Pada kontrol kualitas, penting untuk menentukan Centre Line (CL), Upper control limit (UCL), dan juga Lower control limit (LCL). garis tengah atau Centre Line merupakan rata-rata dari kualitas. Upper Control Limit atau batas kontrol atas merupakan batas atas maksimal variasi dari kualitas yang masih bisa diterima, yang artinya apabila sampel yang tengah dicek ternyata lewat dari batas UCL, proses produk tersebut haruslah diberhentikan dan dicari penyebab terjadinya penyimpangan. Sedangkan lower control limit merupakan sebuah batas variasi bawah yang masih bisa diterima. Artinya, apabila sebuah sampel yang diperiksa melewati batas LCL, maka produksi tersebut juga perlu untuk dihentikan dan mulai mencari apa penyebab permasalahan dan kemudian memperbaiki masalah tersebut.

Untuk bisa mengukur kualitas secara kuantitatif, penting untuk ditetapkan persentase kegagalan (percent defective), contohnya dengan memberikan notasi p. hal tersebut bisa dilakukan dengan cara pengambilan sampel. Misalnya n untuk bisa menentukan CL, UCL, dan juga LCL. Dan berikut adalah rumus yang bisa digunakan:

Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Itu Total Quality Management Dan Pengontrolan Kualitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel